Keutamaan Bersedekah Harta, Hidup Jadi Tenang dan Rezeki Melimpah

Keutamaan Bersedekah harta
Ilustrasi keutamaan bersedekah harta. Foto: Muhafid/HR

Keutamaan bersedekah harta begitu besar bagi orang Islam. Bersedekah merupakan tindakan sangat mulia karena masuk dalam sunnah yang Rosululloh SAW anjurkan.

Pada saat melihat orang lain butuh, setiap orang baiknya menyisihkan sebagian hartanya guna meringankan beban mereka.

Hal ini tentu saja sebagai sikap tenggang rasa terhadap sesama manusia dan juga muslim.

Meski banyak cara untuk bersedekah, namun salah satu yang paling umum adalah dengan memberikan sebagian harta yang kita miliki untuk orang lain.

baca juga: Sedekah di Hari Jumat Bekal Akhirat Memberi Syafaat pada Hari Kiamat

Beberapa Keutamaan Bersedekah Harta

Selain bertujuan untuk membantu sesama, sedekah bisa membersihkan segala sesuatu yang ada pada kita, termasuk dosa. Berikut adalah beberapa keutamaannya:

Menghapus Dosa

Berbagai kesalahan yang telah kita buat karena melanggar aturan agama menjadi sebuah dosa. Salah satu untuk menebusnya adalah dengan melakukan kebaikan.

Selain dengan meniatkan untuk tidak mengulanginya, juga perlu adanya langkah nyata supaya tidak mengulangi kesalahan tersebut.

Salah satunya dengan berbagai terhadap sesama yang butuh. Melalui berbagi atau sedekah, secara perlahan dosa menurut agama akan dihapuskan sesuai dengan kadarnya.

baca juga: Kisah Teladan Tentang Sedekah yang Nyata dan Menginspirasi

Pahala Berlipat Ganda

Keutamaan bersedekah sebagian harta selanjutnya adalah Alloh SWT akan melipatgandakan pahala bagi umat-Nya.

Ini sebagai bentuk penghargaan Sang Pencipta kepada kepada makhluk-Nya yang berbuat kebaikan.

Namun, sebagai catatan dalam melakukan tindakan ini perlu adanya hati yang ikhlas tanpa ada unsur riya atau pamer supaya terlihat baik di hadapan orang lain.

Justru dengan memberi terhadap sesama dengan pamrih, malah menjadi sia-sia di hadapan Tuhan, meski mendapat pujian dari orang lain.

baca juga: Hikmah Infaq dan Sedekah Membuat Kita Semakin Kaya Raya

Rezeki Berlipat Ganda

Sebagaimana banyak orang mempercayainya, dengan memberi pasti akan mendapatkan gantinya, bahkan lebih banyak.

Hal ini pun sesuai dengan janji Alloh SWT yang akan membalas kebaikan setiap orang dengan rezeki yang banyak.

Perlu kita ketahui, rezeki tersebut tidak mesti berupa harta, namun bisa kesehatan, ketenangan, kebaikan, maupun hal-hal baik lainnya.

Namun tidak sedikit pula bila melihat secara materi, orang yang suka bersedekah hartanya semakin melimpah. Begitulah keutamaan bersedekah harta.

Terhindar dari Bahaya

Banyak kejadian yang sering mengancam kita, baik nyawa, harta maupun yang berhubungan dengan segala aktivitas seseorang.

Nah, keselamatan atau terhindar dari marabahaya merupakan suatu rezeki yang sangat luar biasa bagi seseorang, apalagi hal ini tidak bisa dihitung secara materi oleh manusia.

Bahkan, Rosululloh pernah menyampaikan dalam hadist bahwa sedekah itu mampu menutup 70 pintu kejahatan, bencana maupun musibah lainnya.

Ketenangan Hati

Setiap orang pasti menginginkan agar dalam menjalani hidup tetap tenang, meski banyak cobaan yang dihadapi.

Terlebih bagi orang-orang yang memiliki pekerjaan begitu banyak maupun memiliki hubungan sosial tinggi, pasti akan menemukan di mana kondisi jiwa maupun pikiran gundah.

Nah, keutamaan bersedekah sebagian harta adalah obatnya untuk kondisi seperti ini. Selain secara otomatis akan timbul rasa senang, juga akan mendapatkan suasana hati yang tenang.

Jaminan Hari Akhir

Tak hanya dapat merasakan berbagai manfaat saat di dunia, berbagi terhadap sesama juga akan mendapatkan kebaikan di hari akhir nanti.

Mereka akan mendapatkan naungan dari Alloh SWT dari panasnya matahari yang begitu dekat. Tentu saja ini merupakan amal perbuatan selama hidup di dunia.

Apalagi ketika perbuatannya ikhlas dan tanpa mengharapkan imbalan apa-apa dari orang lain.

Menambah Umur

Panjang umur menjadi salah satu hal yang sangat didambakan banyak orang, apalagi ketika selama hidupnya untuk berbuat baik terhadap sesama.

Manfaat sedekah tidak hanya bisa memberikan hal baik seperti di atas, namun juga dapat menambah umur.

Sehingga, kualitas selama hidup menjadi lebih baik lagi dengan banyak imbalan yang diberikan oleh Alloh SWT selain berupa materi.

Demikian beberapa keutamaan bersedekah harta yang dapat kita ambil hikmahnya, agar selama mengarungi kehidupan ini senantiasa saling membantu antar sesama. (Muhafid/R6/HR-Online)