Kucing Ras Berwajah Datar yang Menggemaskan, Apa Saja?

Kucing ras
Kucing ras berwajah datar yang menggemaskan. Foto: Net/Ist.

Kucing ras berwajah datar selalu menjadi perhatian para pecinta kucing. Wajahnya yang lucu dan menggemaskan itu sering menjadi alasan seseorang untuk memeliharanya.

Kucing dengan ekspresi wajahnya yang nyaris terlihat datar dipicu oleh faktor genetik. Hal inilah yang menyebabkan bagian tengkoraknya berbentuk lebar dan pendek.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini 5 ras kucing yang menggemaskan, walaupun ekspresi wajahnya selalu terlihat datar.

5 Kucing Ras Berwajah Datar yang Menggemaskan

Ras Munchkin

Kucing ras Munchkin tidak hanya terkenal dengan ekspresi wajahnya yang datar, tapi kucing yang satu ini juga lebih populer karena memiliki kaki yang pendek.

Meski begitu, kucing Munchkin sangat aktif karena memang punya energi yang tinggi. Sehingga tak heran jika hewan bulu yang menggemaskan ini suka berlari kesana kemari, menerkam mainan, dan melompat walaupun tidak begitu tinggi.

Baca Juga : Kucing Ras Maine Coon dengan 5 Fakta Unik yang Dimilikinya

Jadi, Munchkin tidak terlalu suka rebahan. Selain itu, anabul ini juga cukup cerdas jika dilatih menguasai berbagai trik baru. Makanya hewan lucu ini sangat cocok menjadi hewan peliharaan dalam rumah minimalis.

Ras Himalaya

Kucing ras berwajah datar ini mewarisi sifat keunggulan dari Persia dan Siam. Kucing Ras Himalaya juga memiliki muka datar namun super imut dengan corak warna bulu dan matanya yang biru khas kucing Siam.

Ras Himalaya memiliki kepribadian sabar dan santai. Kucing ras yang disebut sebagai ras Himmy atau Himalaya ini lebih memilih memanfaatkan mata bulatnya supaya mendapatkan apa yang ia inginkan dari pemiliknya.

Ras Himalaya selalu aktif dan punya rasa ingin tahu, sehingga membutuhkan usaha lebih ekstra lagi jika kamu ingin merawatnya.

Scottish Fold

Selain wajahnya yang imut, kucing ras berwajah datar ini juga punya ciri khas telinganya yang bulat dan terlihat selalu terlipat.

Scottish Fold berbeda dengan kucing bermuka datar lainnya. Kucing ini hanya butuh disisir satu minggu sekali. Sedangkan, untuk menghilangkan kotoran cukup menyeka atau membersihkan sudut matanya yang bulat memakai kain lembab.

Baca Juga : Rahasia Memelihara Kucing dari Sudut Pandang Spiritual

Kucing ras Scottish Fold termasuk aktif dan senang bermain, mudah bergaul sama hewan peliharaan lainnya. Anabul ini tidak mau sendirian terlalu lama.

Selkirk Rex

Kucing ras berwajah datar selanjutnya yaitu Selkirk Rex. Anabul yang satu ini sangat menggemaskan bagi siapa saja yang melihatnya.

Bulu yang keriting menyelimuti badannya dan kita hanya perlu menyisirnya 2-3 kali dalam seminggu. Kumisnya yang ikal membuat penampilan kucing ras ini paling menonjol ketimbang kucing lainnya.

Selain itu, matanya bulat besar serta ekspresinya selalu terlihat bahagia. Kucing ras Selkirk Rex juga sangat senang ketika dipeluk.

Baca Juga : Kucing Mendatangi Kita saat Makan Membawa 3 Pesan Kebaikan

Persia

Kucing ini tergolong sebagai ras peliharaan yang paling populer di dunia. Persia termasuk kucing ras berwajah datar yang unik dengan bulunya yang lebat dan panjang.

Anabul ini sangat jinak dan lebih suka berbaring dalam pangkuan. Kucing Persia memang selalu ingin mendapatkan perhatian yang lebih dari pemiliknya.

Jika kamu tertarik ingin memiliki salah satu kucing ras tersebut, maka harus siap merawatnya dan memberikan banyak perhatian terhadap kesehatannya.

Karena, dengan ciri-ciri fisiknya seperti itu akan membuat anabul-anabul ini sangat rentan mengalami beberapa masalah kesehatan. Seperti masalah pada penglihatannya, pernafasannya, serta kesehatan giginya.

Selain harus rutin memeriksakan kesehatannya ke dokter hewan, kamu juga jangan sampai lupa untuk selalu memberikan makanan yang sehat. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah