KUD Minasari Pangandaran Bangkit Ditangan Jeje Wiradinata

KUD Minasari Pangandaran Bangkit Ditangan Jeje Wiradinata
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, saat membuka rapat anggota tahunan (RAT) KUD Minasari, Kamis (18/3/2021). Foto:Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Koperasi Unit Desa atau KUD Minasari, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, merupakan koperasi yang beranggotakan para nelayan.

Sempat terpuruk beberapa tahun lalu, kini KUD Minasari menjadi salah satu koperasi paling sehat.

Saat ini, KUD Minasari diketuai oleh Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata.

Sejak tahun 2012 silam, Jeje ditunjuk menjadi ketua KUD Minasari.

Awalnya KUD Minasari ini sudah mau bangkrut. Namun saat itu Jeje menyuntikan modal dari beberapa koleganya di DPRD Ciamis dan Provinsi Jawa Barat untuk membangkitkan lagi koperasi Minasari.

KUD Minasari Pangandaran lalu berangsur bangkit dari keterpurukan. Jeje pun membenahi manajemen koperasi dan menggiring para nelayan agar menjual kembali ikan di tempat pelelangan.

Selain menjadi wadah jual beli ikan hasil tangkapan nelayan di Pangandaran, KUD Minasari juga kita sudah melebarkan sayap bisnisnya.

Tak hanya punya restoran dan toko oleh-oleh, KUD Minasari kini juga punya minimarket.

Jeje mengatakan, saat ini harga ikan laut di Pangandaran memiliki standar harga.

Hal tersebut lantaran penjualan ikan saat ini terfokus di KUD Minasari (TPI Minasari).

“Dulu itu harga ikan tidak stabil, malahan anjlok. Banyak nelayan yang mengeluh,” ujar Jeje Wiradinata, saat membuka rapat anggota tahunan (RAT) KUD Minasari, Kamis (18/3/2021).

Melihat kondisi itu, Jeje pun menggiring agar nelayan kembali menjual hasil tangkapannya di tempat pelelangan ikan (TPI).

“Alhamdulillah saat ini semua nelayan jual ikan di TPI Minasari, bahkan transaksi di TPI selama satu tahun bisa mencapai Rp 32,4 miliar,” jelasnya.

Jeje mengaku bangga bisa ikut memajukan KUD Minasari yang saat ini beranggotakan kurang lebih 700 orang nelayan.

Pantauan HR Online, RAT KUD Minasari Pangandaran berjalan lancar dengan menerapkan standar protokol kesehatan. (Entang/R8/HR Online)

Editor: Jujang