Kue Ali Agrem Khas Sunda, Kue Jadoel yang Menjadi Simbol Keabadian

Kue Ali Agrem Khas Sunda
Ilustrasi Kue Ali Agrem Khas Sunda. Foto: Ist/Net

Kue Ali Agrem khas Sunda adalah salah satu makanan tradisional yang berasal dari Kota Karawang.

Bentuknya sepintas hampir sama dengan kue donat karena bulat serta berlubang pada bagian tengahnya.

Dapat terbilang pula, kue tradisional ini memiliki bentuk seperti cincin. Dalam bahasa Sunda namanya “Ali”.

Makanan tradisional ini terbuat dari bahan baku beras yang bercampur dengan gula merah, kemudian digoreng.

Konon, Ali Agrem selalu hadir dalam berbagai acara yang berhubungan dengan tradisi dalam masyarakat Sunda.

Baca Juga: Kue Balok Bandung, Jajanan Khas Pasundan yang Semakin Viral

Seperti pernikahan, khitanan, atau perayaan hari besar keagamaan misalnya Idul Fitri atau Idul Adha.

Jajanan tradisional yang hadir dengan warna coklat cerah dan balutan gula merah ini mempunyai cita rasa yang gurih, manis, serta terasa legit saat anda nikmati.

Kelezatan Kue Ali Agrem Khas Sunda

Mungkin sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung masih banyak yang tidak mengetahui jajanan tradisional Sunda ini.

Ali Agrem atau yang lebih populer dengan sebutan kue cincin, merupakan jenis kue tradisional khas Parahyangan yang hanya dapat anda temui pada beberapa daerah tertentu saja.

Makanan ini hampir mirip dengan donat, akan tetapi memiliki bentuk yang lebih kecil. Dengan warna yang cokelat pekat serta rasanya manis.

Baca Juga: Makanan Ringan Khas Sunda Unik, Masih Eksis Hingga Kini

Meskipun dapat terbilang sebagai kue jadoel yang keberadaannya semakin jarang, akan tetapi penggemarnya pun masih banyak.

Konon, Ali Agrem adalah nenek moyangnya kue donat, maka mendapat julukan sebagai donat khas nusantara.

Meskipun memiliki bentuk yang hampir mirip dengan kue donat, akan tetapi jika anda amati dengan seksama, keduanya tetap berbeda. Hal yang membedakan adalah dalam hal rasa dan proses pembuatannya.

Pada kue Ali Agrem menggunakan campuran gula merah, tepung beras, dan juga tepung ketan.

Sedangkan untuk kue donat hanya menggunakan telur serta tepung terigu, sehingga mempunyai cita rasa yang gurih dan manis.

Keistimewaan Kue Ali Agrem Khas Sunda

Kue Ali Agrem merupakan jajanan pasar khas Sunda yang saat ini mulai jarang keberadaannya.

Baca Juga: Kue Gapit Khas Cirebon, Camilan Unik yang Tak Lekang Oleh Zaman

Dulu jajanan ini menjadi pilihan para wanita Sunda untuk hidangan pada acara Maulid Nabi di wilayah masing-masing.

Selain acara Maulid Nabi, kue tradisional ini juga sering menjadi hidangan dalam berbagai acara besar lainnya, seperti hari raya atau Isra’ Mi’raj.

Kue Ali Agrem khas Sunda ini hadir dalam acara pernikahan sebagai simbol keabadian karena berbentuk cincin. Kue tradisional ini memiliki harapan pernikahan yang berlangsung dapat abadi selamanya.

Menariknya lagi, pada tahun 2018 silam, Ali Agrem khas Sunda menjadi salah satu kue yang masuk jajaran Original Rekor Indonesia.

Tepatnya pada 19 Agustus 2018, kurang lebih seribu orang mencicipi kue cincin ini di Area Gedung Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung.

Hal ini berlangsung dalam acara Festival Gelar Budaya Sabilulungan. Selain bertujuan untuk memecahkan rekor, festival tersebut terselenggara untuk melestarikan makanan tradisional tersebut.

Acara diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Bandung. Untuk melestarikan kue tradisional ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung pun menggandeng UMKM yang memproduksi kue tersebut untuk melakukan adanya inovasi.

Resep Kue Ali Agrem Khas Sunda

Resep kue Ali Agrem cukup mudah adalah hal pembuatan serta bahan bakunya. Proses membuatnya pun sebentar.

Bahan utama dari kue tradisional ini adalah tepung beras, tepung ketan, gula merah, gula putih, garam, serta parutan kelapa.

Langkah pertama, campurkan serta larutkan gula merah dan gula pasir dengan air, kemudian sisihkan. Langkah berikutnya, masukkan semua bahan seperti tepung beras, tepung ketan, garam, serta parutan kelapa ke dalam satu wadah.

Kemudian tuangkan larutan gula yang telah anda buat sebelumnya. Campurkan semua bahan secara perlahan dan aduk hingga merata.

Uleni hingga adonan kalis dan mudah untuk dibentuk. Bentuk adonan menjadi bulat pipih dan lubangi bagian tengahnya. Proses terakhir, goreng adonan ke dalam minyak panas, bolak-balik hingga matang.

Kue Ali Agrem khas Sunda ini sangat pas anda nikmati dengan secangkir teh hangat kapanpun dan dalam suasana apapun. Selain itu, kue tradisional ini sangat cocok anda sajikan untuk berbagai acara keluarga anda. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang