Layar HP Gerak Sendiri, Begini Cara Mengatasinya dengan Tepat

Layar HP Gerak Sendiri
Ilustrasi layar HP gerak sendiri. Foto : Ist/Net

Layar HP gerak sendiri bisa terjadi pada smartphone siapa saja. Bagi orang awam tentu kejadian layar ponsel yang bergerak sendiri akan membuat bingung.

Meski dinamakan ponsel pintar, namun perangkat elektronik ini tetaplah sebuah benda yang bisa saja mengalami masalah.

Seperti kita ketahui, bahwa berbagai vendor smartphone terus menghadirkan inovasi pada produk terbarunya.

Walaupun perusahaan ponsel pintar terus mengembangkan dengan menghadirkan teknologi yang canggih, namun tidak menutup kemungkinan ada bagian komponen yang nantinya akan mengalami masalah.

Salah satunya adalah pada bagian layar HP dengan masalah seperti bergerak sendiri. Masalah tersebut biasanya terjadi dengan tanda-tanda yang tiba-tiba layarnya bergeser ke atas, bawah, kiri atau kanan sendiri. Padahal Anda tidak menyentuh layar tersebut sama sekali.

Sehingga dengan kejadian seperti itu, bisa menjadi sebuah permasalahan yang sangat serius, dan tentunya bisa merugikan si pengguna.

Terlebih ketika anda tengah mempersiapkan sebuah hal yang penting untuk pekerjaan. Bagaimana jadinya apabila semua tombol pada HP terpencet. Tentu akan merepotkan dan bikin kacau segalanya.

Tips Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri

Penyebab masalah seperti itu, biasanya karena adanya kerusakan pada bagian komponen baterai. Bisa juga smartphone yang terlalu panas, rusaknya LCD, screen protector kotor dan berdebu, hingga bug pada firmware.

Sebagian besar dari Anda tentu pernah merasakan masalah yang tidak mengenakkan ini, dan tentunya akan sangat menjengkelkan.

Berikut ini tips atau cara mengatasi layar smartphone yang bergerak sendiri.

Mengganti Baterai

Sebagaimana disebutkan di atas, bahwa salah satu penyebab layar HP bergerak sendiri adalah bisa terjadi karena komponen baterai.

Kasus tersebut biasanya karena baterai yang sudah kembung atau bengkak, juga bisa mengakibatkan LCD smartphone tertekan, hingga bisa menjadikan layar ponsel bergerak sendiri. Bahkan, karena baterai yang ‘hamil’ tersebut, malah bisa membuat layar tidak berfungsi sama sekali.

Jadi, cara yang paling tepat adalah lekas mengganti baterai tersebut dengan yang baru. Sehingga, dengan mengganti baterai tersebut, tentu performa ponsel menjadi lebih baik dan dapat berfungsi normal.

Mematikan Ponsel Sejenak

Penyebab lainnya dari layar HP bergerak sendiri yaitu bisa karena terlalu panas, terlalu lelah, atau biasa orang menyebutnya overheating.

Hal ini bisa saja karena kamu membuka aplikasi yang sangat banyak. Sehingga, aktivitas multitasking tersebut malah justru memberikan masalah untuk smartphone Anda.

Sementara jika memang karena faktor HP yang tengah kelelahan, cobalah untuk menginstirahatkannya sejenak, yakni dengan mematikannya sejenak saja.

Biarkan ponsel menjadi dingin dahulu. Jika sudah beberapa menit atau sudah dingin, hidupkan kembali. Cara ini terbilang sangat ampuh untuk mengatasi masalah pada smartphone Anda.

Bersihkan Screen Protector

Screen protector adalah pelindung layar. Meski sebagai pelindung layar, tapi malah bisa menjadi masalah yaitu layar HP bergerak sendiri.

Hal tersebut bisa terjadi jika ketika proses pemasangan screen ini asal-asalan. Maka, dengan cara yang asal-asalan, akan ada celah atau ruang yang bisa membuat debu ataupun kotoran masuk.

Berbeda halnya jika pemasangannya dengan benar, tentu tidak akan ada celah bagi kotoran. Karena, screennya melekat dengan sempurna ke layar.

Baca Juga : Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian, Penyebab dan Cara Mengatasi

Oleh karena itu, untuk menanganinya yaitu dengan melepaskan terlebih dahulu screen protector-nya, kemudian membersihkannya.

Bahkan, apabila memang memungkinkan, gantilah dengan yang baru. Tapi ingat, jika kamu menggantinya pastikan bahwa screennya terpasang dengan sempurna.

Bawa ke Tempat Servis

Membawa ke tempat reparasi atau servis handphone merupakan langkah terakhir, jika solusi layar HP bergerak sendiri yang ada di atas tidak mujarab.

Langkah terakhir ini Anda lakukan, jika semua cara memang sudah kamu tempuh namun tak juga berhasil.

Anda bisa membawa ponsel tersebut ke tempat servis manapun, apakah yang resmi atau biasa.

Hanya saja, tentu akan lebih baik jika kamu ke tempat service yang resmi. Karena jika kebetulan masih ada garansi, tentu bisa kamu gunakan. Terutama apabila ada kerusakan yang parah, tentu dapat menekan biaya pengeluaran.

Jadi, apabila memungkinkan sebaiknya atasi sendiri layar HP yang bergerak sendiri tersebut. Siapa tahu tips di atas benar-benar bisa mengatasi permasalah tersebut dengan tepat. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto