Lenovo ThinkPad X1 Nano Rilis di Indonesia, Ini Dia Spesifikasinya

Lenovo ThinkPad X1 Nano
Lenovo ThinkPad X1 Nano. Foto: Ist/Net

Lenovo ThinkPad X1 Nano resmi masuk Indonesia. Laptop tersebut hadir bersama seri lainnya yaitu Thinkpad X1 Fold dan Thinkpad X1 Titanium Yoga. 

Pihak Lenovo menyampaikan bahwa ketiga laptop tersebut sebagai komitmen inovasi laptop untuk mendukung aktivitas kerja hybrid terbaru. Selain itu, menjadi inovasi yang paling membanggakan dengan keunggulan daya tahan serta kualitas terbaik. 

ThinkPad X1 Nano dan ThinkPad X1 Titanium Yoga memiliki bobot yang lebih ringan. Berkat serat karbon yang tersemat padanya sehingga beratnya hanya 907 gram. 

Laptop tersebut memiliki dimensi yang lebih tipis dari laptop lain sekelasnya. Simak penjelasan terlengkap selanjutnya

Spesifikasi Lenovo ThinkPad X1 Nano terbaru

ThinkPad merupakan inovasi paling terdepan yang menghadirkan teknologi perwujudan versatile demi mobilitas, produktivitas pekerja, dan konektivitas. Laptop tersebut berbekal prosesor Intel Evo generasi paling baru dengan performa terbaik.

Layar dan Dimensi ThinkPad X1 Nano

Laptop memiliki layar yang lebih kecil yakni 13 inch. Laptop ini memiliki kemampuan buka hingga 180 derajat dengan resolusi layar 2 K berasio 16:10. 

Baca Juga: Acer Nitro 5 2021 Berbekal Prosesor Intel Core Generasi 11

Sedangkan dimensi laptop tersebut yakni 11 mm dengan rasio 3:2 sehingga membuatnya terlihat lebih tipis. Selain itu, berbekal dua varian layar yakni touchscreen dan non touchscreen. Ukuran laptop ThinkPad X1 Nano yakni 12,7 x 8,5 x 0,6 inci. 

Laptop ini memiliki audio visual dengan empat speaker 360 derajat dalam dukungan Dolby Vision dan Dolby Atmos. Audio tersebut memberikan suara lebih keras sehingga dapat mengisi ruangan berukuran luas. 

Lenovo ThinkPad X1 Nano semakin lengkap dengan tambahan headphone jack, 2 port Thunderbolt 4, Dock Thunderbolt 3, dan 1 port USB-C. 

Pada sisi webcam X1 Nano memiliki kamera IR sebagai pengenalan wajah Windows Hello. Selain itu, memiliki slide Think Shutter yang menutup lensa untuk keamanan. 

Performa Mesin

Selanjutnya dapur pacu laptop menggunakan Intel Core i7 vPro yang merupakan generasi ke-11 dan GPU Intel Iris Xe yang tersemat padanya. Performanya semakin meningkat didukung ruang penyimpanan dengan RAM 16GB serta SSD 1TB. 

Kinerja prosesor Lenovo ThinkPad X1 Nano dengan nilai solid 1.473 single core dan 5155 multi core. Tentu saja lebih tinggi dari laptop sekelasnya.

Selain itu, laptop membutuhkan waktu 16 menit untuk mentranskode video kualitas 4K menjadi 1080p pada Handbrake. Tentu lebih cepat dari laptop lainnya. 

M.2 PCIe SSD 1 pada ThinkPad X1 Nano dapat menyalin 25 GB dengan kecepatan 424,8 Mbps. Pengujian pada laptop tersebut dengan Cinebench R23 20 kali.

Sehingga mendapatkan hasil rata-rata 3791 dengan kecepatan jam CPU 2,35 GHz dan tinggi 4,43 GHz. Suhu pada CPU tersebut mencapai 66 derajat dengan tinggi 89 derajat Celcius. 

Kapasitas Baterai

Meskipun dimensi Lenovo ThinkPad X1 Nano lebih tipis, namun laptop berbekal kapasitas baterai 48 WHr yang lebih lama untuk penggunaan jangka panjang.

Laptop tersebut dapat menyala hingga 12 jam. Selain itu, pengujiannya juga berkelanjutan hingga streaming video, tes OpenGL, dan sebagainya. 

Lenovo mendukung X1 Nano dengan memberikan garansi satu tahun dengan suku cadang serta tenaga. Salah satu kelemahan laptop seri ini yakni pemilihan port terbatas. Namun masih memberikan performa yang terbaik. 

Sedangkan pada Thinkpad X1 Fold juga berbekal chipset prosesor Intel Core generasi 11. Bahkan engsel laptop tersebut dapat bertahan hingga 30 ribu kali atau 5 tahun penggunaan. 

Hampir sama dengan Lenovo ThinkPad X1 Nano, Thinkpad X1 Fold berbekal RAM LPDDR4x *GB dan SSD 1 TB dengan kapasitas baterai yang unggul pula yakni 11 jam dalam pengisian daya cepat hingga 65W. 

Laptop memiliki berat kurang dari 1 kg. Sedangkan Thinkpad X1 Titanium Yoga memiliki dimensi ketebalan 11 mm dengan rasio 3:2 dan layar 13,5 inci.

Baca Juga: MSI Prestige 15, Laptop Terbaik Untuk Content Creator

Laptop Yoga tersemat prosesor Intel Core generasi 11 dengan grafis Intel Iris Xe. Tidak hanya itu, seri Yoga tersebut memiliki teknologi Dolby Vision serta speaker Dolby Atmos sama dengan Thinkpad X1 Nano. 

Harga X1 Nano

Laptop dapat dipesan mulai hari ini serta tersedia retail pada bulan April 2021. Selain itu, laptop seri lainnya yakni Thinkpad X1 Fold dan Thinkpad X1 Titanium Yoga juga dapat dipesan bersamaan dengan seri X1 Nano. 

Harga banderol Lenovo ThinkPad X1 Nano tersebut kisaran 27,3 juta. Sedangkan Thinkpad X1 Fold hadir dengan harga 59,9 juta. Lalu Thinkpad X1 Titanium Yoga dengan harga 33,5 juta. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang