Makan Malam untuk Diet, Ini Menu Pilihan yang Enak dan Terbaik

makan malam untuk diet
Memilih menu makan malam untuk diet. Foto: Ist/Net

Banyak orang khususnya wanita yang bingung memilih menu makan malam untuk diet. Selain takut, tak sedikit yang memilih menghindari makan malam. Padahal ada banyak pilihan menu diet yang enak yang bisa Anda pilih.

Makan malam termasuk salah satu waktu makan yang penting dan sebaiknya tidak kita lewatkan. Terlebih untuk Anda yang sibuk dan bekerja seharian sehingga perlu mengembalikan tenaga dengan makan pada malam hari.

Namun ada sebagian orang yang menjalankan program diet menurunkan berat badan justru meninggalkan makan malam. Selain tidak baik untuk tubuh, langkah semacam ini tentunya karena kurangnya informasi cara diet sehat yang memadai.

Daftar Menu Makan Malam Untuk Diet Terbaik

Menjalankan program diet idealnya merumuskan dengan terencana menu-menu untuk makan selama seharian. Selain untuk menurunkan berat badan, diet yang benar tentunya harus tetap menjaga kesehatan tubuh.

Nah, berikut ini beberapa alternatif menu makan malam untuk diet yang bisa ada pilih. Menu diet terbaik adalah yang rendah lemak dan minyak. Variasi menu juga penting untuk tetap terpenuhinya kebutuhan gizi tubuh.

Sayuran dengan Salmon Panggang

Prinsip menu diet yang baik adalah makanan yang rendah karbohidrat dan tinggi protein. Tak sedikit orang yang menjalankan konsep diet tinggi protein rendah karbo atau populer dengan sebutan protein hight low carb diet.

Baca Juga: Ingin Mengecilkan Paha dengan Cepat? Ikuti Cara Ini!

Membatasi konsumsi karbohidrat akan merangsang peningkatan produksi glukagon yang berguna dalam membakar lemak tubuh. Makanan sumber protein bisa memilih daging merah, ayam, ikan, telur, atau tahu.

Menu ini bisa Anda kombinasikan dengan sayuran, seperti asparagus, kacang hijau, seledri, brokoli, dan sayuran hijau lainnya. Anda juga bisa menambahkan tomat, mentimun, kacang-kacangan, paprika, dan jamur, alpukat, minyak zaitun, atau mentega.

Untuk contoh menu makan malam untuk diet Anda bisa memilih ikan salmon dengan sayuran kangkung dan buncis yang Anda masak dengan minyak zaitun. Tambahkan buttermilk, mayones, bawang putih, dan lada agar terasa lebih enak.

Menu Makanan Salad Telur

Salah satu program menurunkan berat badan yang cukup populer adalah diet ketogenik. Ini juga merupakan program diet rendah karbohidrat namun tinggi lemak. Anda perlu mengurangi atau mengganti asupan karbohidrat dengan makanan berlemak.

Dalam konsep ini metabolisme akan mengalami kondisi ketosis sehingga mampu membakar lemak tubuh dan mengubahnya menjadi energi. Saran makan malam untuk diet salah satunya adalah salad telur.

Jenis makanan lain yang bisa Anda pilih antara lain daging merah, ayam, ikan tuna atau salmon, telur, keju, mentega, biji-bijian, dan kacang-kacangan, alpukat, tomat, dan paprika.

Sup Daging dan Sayuran

Menu makan malam yang juga cocok untuk Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan adalah sup daging dengan sayuran. Menu inspirasi dari program diet Paleo ini kabarnya mengadopsi konsep diet jaman orang tua dulu.

Jenis diet sehat ini terutama bertujuan untuk menekan dan menangkal berbagi risiko dari penyakit yang mematikan. Seperti penyakit jantung atau diabetes. Orang dengan obesitas merupakan target program diet ini.

Baca Juga: Cara Sederhana Menurunkan Berat Badan

Diet paleo menganjurkan konsumsi makanan rendah karbohidrat dari sumber hewani atau tinggi karbohidrat tapi dari sumber nabati. Menu makan malam untuk diet yang disarankan adalah sup daging dan sayuran.

Sedangkan makanan lain dalam diet ini meliputi daging sapi, ayam, udang, salmon, dan telur. Juga ada kangkung, brokoli, ubi, kentang, tomat, wortel, alpukat, pisang, apel, berry, pir, biji-bijian, dan kacang-kacangan .

Menurut penelitian, melaksanakan diet Paleo ini tak hanya efektif untuk menurunkan berat badan namun juga mampu meningkatkan kesehatan tubuh dan menjauhkan dari penyakit.

Menu Pasta dengan Saus Labu

Anda tentu juga kenal dengan diet Mayo. Diet ini juga populer dengan konsepnya yang membatasi konsumsi karbohidrat dan garam. Program ini juga membatasi asupan gula dan lemak karena bisa memicu naiknya berat badan.

Saran untuk menu makan malam untuk diet ini adalah banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Seperti menu pasta dengan saus labu yang enak namun bisa menurunkan berat badan.

Tumis Ayam Brokoli

Satu lagi pilihan menu makan malam yang bisa menurunkan berat badan adalah masakan tumis ayam brokoli. Ini sesuai dengan program Diet 2.000 Kalori yang juga cukup populer.

Saran makanannya seperti daging sapi, ayam, ikan tuna atau salmon, telur ayam, gandum, beras merah, tahu tempe, dan minyak zaitun. Juga bisa pisang, alpukat, apel, melon, anggur, berry, kentang, brokoli, bayam, kol, dan kacang-kacangan.

Banyak orang yang menyukai menu makan malam untuk diet dari program ini karena sesuai dengan kebutuhan nutrisi dan energi orang dewasa. Termasuk untuk Anda yang sibuk. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu