Makanan Pantangan Autoimun dan Penyakit Lupus yang Harus Dihindari

makanan pantangan autoimun
Daftar makanan pantangan autoimun. Foto: Ist/Net

Ada sejumlah makanan pantangan autoimun yang harus kita hindari. Sebab mengonsumsi makanan ini justru akan membuat kondisi kesehatan menjadi semakin parah. Apa saja pantangan autoimun dan lupus itu?

Penyakit autoimun, menurut Wikipedia, merupakan gangguan patologis yang terjadi pada sistem imunitas tubuh. Penyakit ini terjadi akibat respon imun tubuh yang menjadi abnormal dan malah menyerang sel kekebalan tubuh lainnya.

Ada banyak jenis penyakit autoimun yang sering terjadi. Salah satunya yang populer adalah penyakit lupus. Pada penderita lupus antibodi dalam tubuh meningkat secara tidak normal.

Anehnya, antibodi yang berlebih ini justru menyerang sel-sel dan sistem kekebalan tubuhnya. Bahkan antibodi yang berlebihan ini dapat menyebabkan rusaknya sel-sel pada organ bagian dalam lainnya.

Daftar Makanan Pantangan Autoimun

Hingga saat ini belum ada pengobatan yang efektif untuk mengatasi penyakit autoimun. Namun penderita penyakit ini wajib mengikuti perawatan secara medis untuk mencegah agar kondisi tidak menjadi semakin parah.

Selain itu penderita autoimun juga perlu menjalani gaya hidup yang teratur dan sehat. Ada baiknya penderita penyakit ini untuk memperhatikan makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.

Baca Juga: Jenis Penyakit pada Sistem Peredaran Darah Beserta Gejalanya

Lalu kira-kira apa saja makanan yang menjadi pantangan bagi penderita penyakit ini? Berikut ini daftar makanan pantangan autoimun yang sebaiknya Anda perhatikan.

Makanan yang Mengandung Asam Amino

Bagi Anda yang menderita penyakit autoimun atau lupus wajib untuk menghindari berbagai makanan yang banyak mengandung asam amino. Makanan seperti benih alfalfa atau kecambah sebaiknya Anda jauhi.

Hal ini karena ketika penderita penyakit autoimun mengonsumsi bahan atau makanan yang mengandung asam amino akan membuat kondisi semakin parah. Bahkan makanan ini bisa membawa dampak yang buruk.

Lemak Jenuh dan Lemak Trans

Kedua jenis lemak ini juga termasuk bahan makanan pantangan autoimun yang sebaiknya Anda jauhi. Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans justru akan meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Begitu juga makan makanan yang kaya lemak jenuh akan membuat penderita autoimun kesulitan untuk memprosesnya. Ini bisa akan meningkatkan kondisi penderita menjadi semakin parah.

Jenis makanan yang banyak mengandung lemak trans antara lain makanan yang digoreng, junk food, maupun makanan dalam kemasan. Sedangkan makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging merah, keju, dan makanan krim.

Baca Juga: Makanan Tidak Sehat, Kenali dan Hindari agar Tidak Mudah Sakit

Hindari Asam Arakidonat

Bagi para penderita penyakit lupus juga wajib menghindari makanan yang banyak mengandung asam arakidonat. Hal ini karena makanan pantangan autoimun jenis ini justru bisa merusak tubuh.

Ada banyak makanan yang mengandung asam arakidonat. Seperti daging hewan, susu, telur, dan produk hewani lainnya. Selain itu asam arakidonat juga banyak ditemukan pada kacang tanah dan rumput laut.

Sayuran Kaya Amina dan Hydrazines

Sayuran yang banyak mengandung amina dan hydrazines juga harus dihindari penderita penyakit autoimun dan lupus. Mengonsumsi sayuran jenis ini justru akan membuat kondisi semakin mengkhawatirkan.

Bahan makanan yang banyak mengandung amina dan hydrazines antara lain seperti sayuran buncis, jamur dan sayuran sejenis lainnya. Jenis sayuran terong, kentang, tomat, dan paprika sebaiknya juga Anda jauhi.

Bawang Putih

Orang yang menderita lupus atau autoimun sebaiknya juga menghindari makanan yang ada bawang putih. Sebab makanan ini juga akan membuat kondisi tubuh semakin memburuk.

Kandungan allicin, ajoene, dan thiosulfinates dalam bawang putih justru akan meningkatkan aktivitas sistem imunitas. Kondisi ini justru akan menimbulkan sejumlah gejala yang berbahaya untuk tubuh.

Garam yang Berlebihan

Bahan makanan pantangan autoimun lainnya adalah garam. Jika Anda memasak untuk penderita penyakit ini sebaiknya hindari menggunakan garam dalam makanan yang Anda sajikan.

Mengonsumsi makanan yang mengandung garam justru dapat menyebabkan kondisi tubuh mudah kambuh. Bahkan asupan garam dua kali lipat lebih berbahaya bagi penderita penyakit lupus.

Selain dapat memperburuk kondisi, garam yang mengandung sodium yang berpotensi menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Seperti penyakit jantung, diabetes, stroke dan berbagai penyakit komplikasi lainnya.

Minuman Beralkohol, Kopi, Pemanis Buatan

Penderita lupus dan autoimun juga harus menghindari berbagai jenis minuman yang berbahaya. Seperti minuman beralkohol, kopi, dan minuman yang mengandung pemanis buatan, pewarna, dan mengandung zat aditif.

Itulah berbagai jenis makanan pantangan autoimun yang sebaiknya Anda hindari dan jauhi. Apalagi dengan belum adanya obat yang mujarab untuk menyembuhkan penyakit ini, menjaga asupan makanan merupakan salah satu solusi meredakannya. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu