Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan Terbaik di Dunia, Biji Chia dengan Beragam Manfaat Sehat

Makanan Terbaik di Dunia, Biji Chia dengan Beragam Manfaat Sehat

Makanan terbaik di dunia ini merupakan jenis biji-bijian dari tanaman Chia, atau terkenal dengan nama Chia Seed (biji Chia). Diklaim sebagai makanan terbaik karena memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Biji Chia ini terlihat seperti biji selasih, padahal keduanya berasal dari tanaman yang berbeda. Tanaman Chia aslinya dari Gurun Salvia Hispanica, dan masih satu keluarga dengan tanaman mint.

Tanaman tersebut ditemukan tumbuh di Amerika Tengah, yang mana jenis biji-bijian ini dimanfaatkan oleh suku Aztec kuno sebagai makanan.

Biji Chia yang diklaim sebagai makanan terbaik di dunia ini kian populer lantaran memiliki kandungan omega-3 paling baik. Selain itu, biji Chia juga sebagai sumber serat yang sangat baik untuk tubuh dalam takaran 10 gram per ons. Sehingga, Chia sering dikonsumsi mentah-mentah atau mencampurkannya dengan beras, sereal, yogurt maupun sayuran.

Di Meksiko, biji Chia diolah menjadi hidangan bernama Chia Fresco. Hidangan tersebut dibuat dengan cara merendamkan biji chia ke dalam air atau jus buah.

Biji dari tanaman Chia ini bersifat menyerap, sehingga teksturnya mengembang saat direndam dalam air. Sehingga mudah ketika mencampurkannya dengan jenis makanan berupa sereal maupun hidangan lainnya.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat biji Chia sebagai makanan terbaik untuk kesehatan tubuh yang mungkin perlu Anda ketahui.

Baca Juga : Makanan Sehat untuk Diet Pemula dengan Menu Sehari-hari

Biji Chia Makanan Terbaik di Dunia dan Manfaatnya

Sumber Serat Terbaik

Manfaat biji Chia yang pertama terkait dengan kandungan seratnya. World Health Organization (WHO) menyatakan, seseorang perlu mengonsumsi Chia seed sedikitnya 25 gram serat setiap hari. Karena rata-rata orang masih belum bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan serat.

Agar asupan serat dalam tubuh meningkat, Anda harus banyak mengonsumsi makanan nabati, seperti halnya sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Utamanya biji-bijian yang sudah melalui proses pengolahan.

Cukup dengan mengonsumsi satu ons biji Chia, yakni sekitar 2 sendok makan, berarti Anda sudah mampu menyediakan serat sebanyak 10 gram.

Jumlah tersebut hampir setengahnya dari rekomendasi asupan serat harian seseorang. Oleh karena itu, jika Anda mengalami kekurangan serat, konsumsi biji seed bisa menjadi solusinya.

Nutrisi Melimpah dengan Sedikit Kalori

Biji Chia diklaim sebagai makanan terbaik di dunia karena mengandung nutrisi yang melimpah, namun sedikit kalori. Bahkan, beberapa tahun terakhir hidangan makanan berbahan biji Chia sangat populer lantaran kaya akan manfaatnya bagi kesehatan.

Tidak sedikit orang yang mulai mengonsumsinya untuk makanan sehari-hari. Adapun nutrisi yang terkandung dalam 28 gram (satu porsi) biji Chia meliputi, serat 11 gram, protein 4 gram.

Baca Juga : Jenis Makanan Pahit Ini Manfaatnya Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh

Kemudian, lemak 9 gram yang termasuk omega-3, kalsium 18 persen dari RDI, mangan 30 persen dari RDI, magnesium 30 persen dari RDI, serta fosfor 27 persen dari RDI.

Selain itu, biji Chia diklaim sebagai makanan terbaik di dunia karena memiliki kandungan sejumlah seng, kalium, niasin (vitamin B3), tiamin (vitamin B1), serta vitamin B2.

Semua kandungan tersebut menjadikan biji Chia sebagai nutrisi terbaik dari beberapa jenis nutrisi penting lainnya. Perlu Anda ketahui pula, biasanya biji Chia ini ditanam secara organik, non-GMO, dan bebas gluten secara alami.

Ampuh Turunkan Berat Badan

Manfaat lainnya dari biji Chia sebagai makanan terbaik di dunia yaitu ampuh untuk membantu menurunkan berat badan. Dengan menambahkan biji Chia ke dalam makanan Anda menjadi cara terbaik untuk meningkatkan penurunan bobot tubuh.

Dari berbagai makanan yang mengandung protein nabati, biji Chia ternyata masuk dalam peringkat teratas. Oleh sebab itulah protein yang terkandung dalam biji Chia sangat baik untuk Anda konsumsi.

Khususnya bagi mereka yang mengelola rasa lapar dan nafsu makan dengan mencobanya menggunakan otot tanpa lemak.

Menurut hasil sebuah penelitian, meningkatkan konsumsi asupan protein dapat menurunkan kelebihan berat badan. Caranya yaitu membatasi nafsu makan sekaligus mengurangi asupan kalori.

Penelitian lain juga menunjukkan, diet tinggi protein yang kaya akan makanan seperti halnya biji Chia dapat membantu mengurangi kadar hormon dan ghrelin. Hormon sendiri bertanggung jawab merangsang rasa lapar.

Baca Juga : Jaga Kesehatan Jantung dengan Makanan Terbaik

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Biji Chia sebagai makanan terbaik di dunia mengandung protein, serat, dan tinggi omega-3, sehingga membuatnya bisa membantu mengurangi risiko terserang penyakit jantung.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa, secara signifikan biji Chia mampu mengurangi tekanan darah bagi penderita hipertensi. Penyakit tersebut merupakan faktor penyebab penyakit jantung.

Jadi secara keseluruhannya, ada kemungkinan biji Chia ini bisa bermanfaat untuk kesehatan jantung. Tetapi hal ini tidak akan terlalu berpengaruh jika tidak Anda barengi dengan pola hidup sehat, serta mengonsumsi makanan bergizi secara teratur.

Melawan Pertumbuhan Kanker

Makanan terbaik di dunia ini juga kaya akan ALA (asam alfa-linolenat) yang mengandung asam lemak berupa omega-3. Ini bisa Anda temukan banyak dalam makanan nabati.

Pada tahun 2013, sebuah studi menemukan bahwa ALA juga membantu membatasi pertumbuhan sel kanker leher lahir rahim dan payudara.

Selain itu, para peneliti pun menemukan kalau senyawa tersebut yang menjadi penyebab matinya sel-sel kanker, tanpa harus merusak sel-sel yang normal dan sehat dalam tubuhnya.

Mengurangi Kadar Gula Darah

Meski sebagai makanan terbaik di dunia, namun biji Chia mengandung kadar gula darah tinggi. Hal ini menjadi gejala khas bagi penderita diabetes tipe 2. Karena, tingginya kadar gula dalam darah secara konsisten berkaitan dengan meningkatnya risiko sejumlah penyakit kronis. Salah satunya penyakit jantung.

Tetapi, kadar gula yang tinggi akibat mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan glukosa berlebihan juga bisa memicu munculnya masalah kesehatan.

Beberapa penelitian juga mendukung hal tersebut dengan menunjukkan makanan berupa roti yang mengandung biji Chia. Karena makanan ini bisa membantu turunkan kenaikan kadar gula darah usai mengonsumsi makanan ketimbang roti tanpa biji Chia.

Baca Juga : Makanan Penghasil Kolagen Terbaik Bikin Kulit Sehat dan Awet Muda

Mengurangi Peradangan Kronis

Peradangan sebagai tanda respons normal tubuh terhadap cedera atau infeksi. Contohnya kulit bengkak atau memerah. Walaupun peradangan bisa membantu tubuh melawan virus, bakteri, atau agen infeksi lainnya dan bisa menyembuhkan, tapi terkadang bisa pula menyebabkan kerusakan.

Biji Chia sebagai makanan terbaik di dunia dapat membantu mengurangi peradangan kronis. Yang mana peradangan kronis bisa meningkatkan risiko terkena kanker maupun penyakit lainnya.

Kebiasaan gaya hidup tidak sehat dapat meningkatkan risiko terjadinya peradangan kronis, seperti kurang olahraga, merokok, atau pola makan buruk. Makanan sehat tertentu bisa mengurangi kadar inflamasi dalam darah. Salah satunya makanan dari biji Chia.

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi biji chia sebanyak 37 gram setiap hari bisa mengurangi 40 persen inflamasi hs-CRP. Namun sebaliknya, bagi mereka yang mengonsumsi biji gandum tidak akan mengalami manfaat secara signifikan.

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat biji Chia lainnya yaitu menjaga kesehatan tulang. Biji-bijian yang diklaim sebagai makanan terbaik di dunia ini mengandung sejumlah nutrisi penting untuk kesehatan. Termasuk kesehatan tulang, kalsium, fosfor, magnesium, dan mangan.

Selain olahraga secara teratur, mengonsumsi sejumlah mineral tersebut juga dapat membantu melindungi kepadatan tulang. Selain itu, kandungan kalsium dalam biji Chia menjadi sumber mineral yang penting. Terutama bagi mereka yang tidak suka mengonsumsi susu. (Eva/R3/HR-Online/Editor : Eva Latifah)

- Advertisment -