Makanan Ringan Khas Sunda Unik, Masih Eksis Hingga Kini

Makanan Ringan Khas Sunda
Ilustrasi Makanan Ringan Khas Sunda. Foto: Ist/Net

Makanan ringan khas Sunda cukup beragam. Seperti yang kita ketahui, Jawa Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai beragam jenis kekayaan kudapan.

Mulai dari ragam bentuk hingga nama unik dan cita rasa yang khas tentunya. Aneka camilan atau makanan ringan tersebut bahkan mungkin belum diketahui oleh sebagian besar masyarakat luar Sunda.

Tanah Priangan memiliki banyak makanan khas Sunda yang cukup menggiurkan. Bagi anda yang berkunjung ke Jawa Barat, maka jangan lewatkan untuk mencicipi kudapan khas wilayah ini.

Baca Juga: Nasi Timbel Komplit Khas Sunda Dengan Citarasa yang Menggoda

Berbagai Jenis Makanan Ringan Khas Sunda

Pada suatu wilayah tentu memiliki jajanan khas, termasuk Jawa Barat. Berbagai jajanan tersebut seringkali menjadi buah tangan oleh siapapun yang mengunjunginya.

Meskipun memiliki tampilan yang sederhana dan terkesan tradisional, akan tetapi makanan ringan khas Sunda hingga kini masih menjadi primadona masyarakat Jawa Barat.

Berikut ini beragam jenis makanan ringan khas Jawa Barat yang sayang untuk anda lewatkan saat berkunjung ke sini, antara lain:

Kue Kolontong

Salah satu makanan ringan khas Tasikmalaya ini cukup unik. Kue tradisional ini memiliki cita rasa yang manis dan renyah. Proses pembuatannya juga unik.

Bukan dengan digoreng, akan tetapi dengan dijemur di bawah matahari kemudian dipanggang dalam oven. Proses ini bertujuan untuk memperoleh tekstur Kolontong yang kering serta renyah sempurna saat anda nikmati.

Makanan ringan khas Sunda yang berbentuk lonjong dengan rasa manis ini terbuat dari campuran ketan putih, gula merah, dan gula putih. Selanjutnya dibentuk serta dioven secara sempurna.

Surabi

Salah satu kue tradisional Sunda ini terbuat dari bahan dasar tepung beras serta santan. Surabi sangat populer di kota Bandung.

Pada umumnya, makanan ringan khas Sunda ini tersaji dengan tambahan irisan kelapa. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, saat ini banyak kue Surabi yang memiliki toping beragam, seperti cokelat, vanila, hingga oncom.

Baca Juga: Bisnis Makanan Ringan Kekinian yang Mudah Dibuat Beserta Resepnya

Tahu Sumedang

Merupakan jajanan populer asli Sunda yang memiliki banyak penggemar. Tahu ini berbeda dengan tahu goreng lainnya, karena memiliki tekstur khas.

Tahu Sumedang sangat nikmat anda santap dalam kondisi hangat. Anda dapat merasakan kerenyahan bagian kulit luar yang bercampur dengan tekstur lembut bagian dalam.

Bagi siapapun yang berkunjung ke Jawa Barat, jajanan ini seringkali menjadi salah satu pilihan oleh-oleh yang khas kota Sunda.

Burayot

Salah satu makanan ringan khas Sunda yang berasal dari Garut. Dengan nama yang unik, burayot memiliki arti menggantung. Nama unik ini berasal dari proses pembuatannya yang harus tergantung dengan tusuk bambu kecil.

Burayot merupakan makanan ringan berbentuk kue basah yang terbuat dari bahan dasar tepung beras, gula merah, serta kacang tanah dengan rasa yang unik.

Perpaduan rasa manis legit berasal dari gula merah. Sedangkan rasa gurih lembut berasal dari kacang tanah. Burayot memiliki tekstur empuk dengan proses digoreng yang singkat. Jenis jajanan ini sangat cocok untuk anda sajikan bersama teh atau kopi pada sore hari.

Kue Balok

Makanan ringan khas Sunda selanjutnya adalah kue balok. Hingga saat ini, jajanan ini masih sangat eksis di masyarakat. Sesuai dengan namanya, kue ini berbentuk balok dengan tekstur padat serta rasa manis, sehingga sangat cocok anda nikmati kapanpun.

Proses pembuatan kue balok menggunakan arang yang membara sehingga menjadikan adonannya nampak berwarna kecokelatan. Untuk pilihan rasanya cukup beragam, mulai dari cokelat, keju, kismis, hingga rasa kacang.

Baca Juga: Kue Balok Bandung, Jajanan Khas Pasundan yang Semakin Viral

Peuyeum

Jajanan satu ini hampir sama dengan tapai singkong. Sama-sama terbuat melalui proses fermentasi. Akan tetapi, peuyeum lebih tahan lama serta kurang berair. Makanan tradisional Sunda ini terbuat dari singkong yang dipotong serta direndam hingga setengah matang.

Dodol Garut

Jajanan satu ini memiliki beragam varian rasa seperti cokelat, susu, durian, dan lain sebagainya. Dodol Garut merupakan makanan ringan yang populer di kalangan masyarakat. Tidak hanya dapat anda temukan di kota Garut.

Akan tetapi, jajanan ini telah tersebar ke berbagai wilayah Indonesia. Terbuat dari bahan dasar ketan, gula putih, susu, serta kelapa. Bahkan makanan ringan khas Sunda ini telah menyebar ke negara tetangga, Singapura dan Malaysia