Minggu, Agustus 7, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Buah Pir Cegah Dehidrasi, Osteoporosis dan Anti Kanker

Manfaat Buah Pir Cegah Dehidrasi, Osteoporosis dan Anti Kanker

Manfaat buah pir bagi kesehatan ternyata sangat banyak. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, buah ini juga kaya dengan kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh. Makan buah pir juga baik untuk mengatasi sejumlah penyakit.

Buah pir populer juga dengan sebutan pear. Tumbuhan yang masuk dalam genus Pyrus ini banyak terdapat pada kawasan tropis, dari Asia, Eropa Barat, hingga Afrika Utara.

Dari balik rasanya yang manis ternyata terkandung banyak nutrisi yang juga baik untuk tubuh. Kandungan nutrisi buah ini antara lain karbohidrat, protein, dan serat.

Buah pir juga kaya vitamin dan mineral seperti vitamin B, C, E, dan K, kalsium, zat besi, seng, dan fosfor. Buah ini juga mengandung banyak air yang sangat baik untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan Tubuh

Hingga saat ini belum ada informasi tentang efek samping buah ini bagi tubuh. Namun apapun yang berlebihan, tentunya tidak baik. Nah, berikut ini berbagai manfaat buah pir bagi kesehatan yang sebaiknya Anda tahu.

Menangkal Radikal Bebas

Tak bisa kita pungkiri bahwa radikal bebas saat ini memang semakin merajalela dan tak bisa kita hindarkan. Radikal bebas bisa berasal dari asap rokok, asap pabrik, bahkan juga asap kendaraan yang dapat menjadikan tubuh tidak sehat.

Baca juga: Inilah 4 Khasiat Menakjubkan Buah Pir

Agar Anda bisa mencegah maupun mengatasi radikal bebas, menutrisi tubuh menjadi sangat penting. Salah satunya Anda bisa menggunakan buah pir yang Anda konsumsi secara berkala.

Mencegah Osteoporosis

Manfaat buah pir juga dari kandungan kalsium dan mineral lainnya. Kalsium sangat penting untuk memperkuat tulang sehingga bisa membantu mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Yang menarik, buah ini juga mengandung boron yang berguna untuk melancarkan penyerapan kalsium. Dengan kandungan mineralnya yang beragam bermanfaat untuk menguatkan struktur tulang.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang sangat tinggi dalam buah pir hijau juga berguna untuk membantu melancarkan masalah pencernaan. Karena itu jika Anda mengalami gangguan BAB atau sembelit bisa mengonsumsi buah manis ini.

Yang menarik, buah ini juga mengandung banyak air yang berguna untuk mencegah dehidrasi. Gangguan pencernaan bisa meningkatkan risiko dehidrasi. Sehingga dengan makan buah ini bisa mengatasi beberapa masalah sekaligus.

Melegakan Tenggorokan

Manfaat buah pir juga karena khasitnya yang mampu melegakan tenggorokan dan sesak napas. Tenggorokan kering atau serak yang sering terjadi bisa dengan mudah mengatasinya dengan makan buah ini.

Anda juga bisa membuat jus buah pir untuk mengatasi sesak nafas dan melegakan pernafasan. Terlebih saat udara kering yang tak jarang membuat tenggorokan dan pernafasan sedikit terganggu.

Mencegah Gangguan Jantung

Manfaat buah pir juga sangat baik bagi kesehatan jantung. Makanan ini membantu meluruhkan kolesterol dalam pembuluh darah.

Tentu saja hal ini sangat baik karena dapat membantu Anda dalam mencegah munculnya beragan penyakit yang berhubungan dengan kolesterol. Utamanya  seperti penyakit jantung, aterosklerosis, dan gangguan  jantung lainnya.

Sejumlah penelitian menemukan kandungan dalam buah pir hijau ini dapat menurunkan risiko stroke hingga sebesar 30 persen. Karena itu mengonsumsi buah ini sangat baik untuk jantung sehingga perlu sering Anda lakukan.

Baik untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Manfaat buah pir juga sangat baik untuk ibu hamil dan yang sedang menyusui. Hal ini karena pir banyak mengandung asam folat sangat vital untuk menjaga janin dalam kandungan maupun kesehatan ibunya. Sehingga mencegah risiko bayi lahir cacat.

Pir juga mengandung hypoallergenic dan asam yang rendah yang berguna untuk ibu yang sedang menyusui. Mengonsumsi buah pir secara rutin akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan ibu dan anaknya.

Mencegah Kanker

Dalam buah pir hijau juga terdapat kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat tersebut juga memiliki manfaat lainnya yaitu dapat membantu untuk mengikat zat karsinogenik serta membuangnya dari tubuh.

Apalagi buah ini juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Karena itu buah pir jenis hijau yang kita konsumsi secara rutin dapat membantu untuk mencegah masalah dan penyakit kanker.

Bahkan orang yang telah menopause dan rentan dengan masalah kanker serviks dapat mengonsumsi biji buah pir hijau secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

Itulah berbagai manfaat buah pir bagi kesehatan tubuh yang sangat penting. Rasanya yang enak dan menyegarkan tentunya bisa menjadi santapan yang menyenangkan. Jika perlu kosumsi buah ini secara rutin untuk menjaga kesehatan. (R11/HR-Online)