Manfaat Daun Alpukat, Bantu Jaga Kesehatan Jantung dan Ginjal

Daun Alpukat
Manfaat daun alpukat bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Foto: Net/Ist.

Manfaat daun alpukat bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan sejumlah gangguan kesehatan lainnya. Diketahui daun alpukat mengandung antioksidan, flavonoid, polifenol, dan serotonin.

Semua kandungan tersebut mampu menjaga tubuh tetap sehat, serta mencegah munculnya berbagai penyakit.

Sedangkan, buah alpukat sendiri sangat populer karena memiliki rasa yang unik dengan teksturnya yang lembut. Oleh karena itu buah ini sangat digemari semua kalangan.

Namun ternyata bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat bagi kesehatan, bagian daunnya pun sama-sama memiliki segudang manfaat sehat.

Adapun manfaat dari daun alpukat yang paling terkenal salah satunya untuk menjaga kesehatan jantung. Antioksidan tinggi yang terkandung dalam daun tersebut berfungsi efektif mencegah penyakit jantung.

Baca Juga : Manfaat Daun Sintrong Bagi Kesehatan, Bantu Tingkatkan Imun Tubuh

Namun, masih banyak manfaat lain dari daun alpukat untuk kesehatan tubuh. Seperti yang dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini ulasannya.

Segudang Manfaat Daun Alpukat untuk Kesehatan

Bantu Redakan Sesak Napas

Manfaat sehat dari daun alpukat salah satunya bisa membantu meredakan sesak napas. Sebagaimana kita ketahui bahwa paru-paru dalam organ tubuh manusia berfungsi untuk memproses udara yang masuk. Serta memisahkan karbon dioksida dengan oksigen.

Bagi orang yang sudah terbiasa menghirup udara tidak sehat dengan dikelilingi asap rokok bisa meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit paru-paru.

Bagi tubuh manusia, paru-paru menjadi salah satu organ vital. Oleh karena itu kita perlu menjaganya agar tetap sehat. Sejumlah penyakit paru seperti bronkitis dan asma dapat terjadi jika seseorang tidak bisa menjaga paru-parunya dalam kondisi sehat.

Mengonsumsi ekstrak daun alpukat menjadi salah satu cara untuk menjaga agar paru-parunya sehat. Senyawa fitokimia dalam daun alpukat mampu memberikan relaksasi serta ketenangan bagi tubuh dan pikiran.

Baca Juga : Manfaat Daun Turi Untuk Kesehatan Tulang, Kulit, dan Anti Radang

Kandungan senyawa tersebut berfungsi sangat efektif guna mengurangi rasa nyeri pada otot dan kepala, bahkan penyakit asma.

Untuk bisa mendapatkan manfaatnya cukup mudah, kamu hanya cukup merebus daun tersebut. Lalu mengonsumsinya secara rutin dan teratur.

Mengatasi Batu Ginjal

Manfaat daun alpukat yang selanjutnya yaitu bisa membantu mengatasi ginjal. Sedangkan, penyakit ginjal memiliki berbagai macam fungsi, antara lain menyaring kotoran lalu membuangnya dalam bentuk urin.

Jika ginjal dalam tubuh sudah tidak berfungsi secara baik, maka kondisi itu bisa menyebabkan terjadinya gangguan ginjal.

Beberapa gangguan ginjal dapat menimbulkan munculnya penyakit komplikasi seperti anemia, serta gangguan elektrolit. Oleh karena itu, penting menjaga kesehatan jantung sejak dini.

Kemudian, daun alpukat juga berperan penting dalam mengatasi masalah penyakit batu ginjal. Sejumlah penelitian mengungkap bahwa secangkir teh daun alpukat mengandung flavonoid, alkaloid, dan saponin. Kandungan tersebut yang mampu membantu memecahkan batu ginjal.

Baca Juga : Manfaat Daun Mimba untuk Kesehatan Kulit, Anti Virus dan Pencernaan

Dengan mengonsumsi dua cangkir teh alpukat rutin setiap hari dapat membantu mengurangi sekaligus menghancurkan batu ginjal.

Mengatasi Penyakit Maag

Manfaat daun alpukat yang selanjutnya yaitu membantu mengatasi penyakit maag. Penyakit tersebut merupakan jenis penyakit paling umum yang banyak dialami masyarakat Tanah Air.

Seseorang yang mengalami kondisi tersebut bakal merasakan bagaimana rasanya sakit dan panas pada bagian lambung. Sedangkan, penyebab penyakit maag sendiri bisa dari berbagai faktor. Mulai dari infeksi bakteri hingga efek samping obat-obatan tertentu.

Cara mengatasi sakit maag yang paling efektif adalah mengonsumsi ekstrak daun alpukat. Karena daun alpukat memiliki kandungan saponin, flavonoid, dan tanin yang berperan penting menyeimbangkan keasaman lambung.

Jadi tidak hanya memberikan ketenangan, namun senyawa yang ada dalam daun alpukat juga mampu mengatasi penyakit maag.

Membantu Mengatasi Darah Rendah

Baca Juga : Manfaat Daun Tapak Liman untuk Kesehatan Hati dan Anti Kanker

Beragam manfaat daun alpukat bagi kesehatan yang berikutnya yaitu untuk membantu mengatasi darah rendah. Penderita penyakit ini sering mengalami pusing, mata berkunang-kunang, badan lemas, sesak napas, dan konsentrasi berkurang.

Penyakit darah rendah bisa dialami oleh siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Meskipun tidak berbahaya, namun bisa menjadi gejala adanya penyakit tertentu.

Daun alpukat mengandung antioksidan tinggi dan berperan penting untuk mengendurkan bagian pembuluh darah dalam tubuh. Bahkan, kandungan tersebut efektif untuk menurunkan tekanan darah.

Agar bisa mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya konsumsi seduhan teh daun alpukat secara rutin tiga kali atau lebih setiap minggunya.

Menangkal Radikal Bebas

Manfaat daun alpukat yang terakhir yaitu untuk menangkal paparan radikal bebas dari tubuh berkat tingginya kandungan antioksidan dalam daun alpukat.

Jika Anda rutin dan teratur mengonsumsi daun alpukat, maka tubuh akan mampu menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab munculnya berbagai jenis penyakit. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah