Manfaat Daun Jambu Monyet Bagi Kesehatan, Bisa Mengatasi Hipertensi

Daun Jambu
Manfaat daun jambu monyet bagi kesehatan tubuh. Foto: Net/Ist.

Manfaat daun jambu monyet bagi kesehatan tubuh, mulai dari mengatasi hipertensi hingga masalah sembelit. Jambu monyet atau jambu mete menjadi salah satu buah yang terkenal di Indonesia.

Buah jambu monyet berasal dari Brasil, nama latinnya Anacardium occidentale. Buah ini dapat dimakan secara langsung, dibikin jus, atau bisa juga untuk rujakan. Rasanya manis dan segar dengan memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Tapi tidak hanya buahnya saja, bagian daunnya pun bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh. Merangkum dari berbagai sumber, daun jambu monyet mengandung kalori, vitamin A, C, kalsium, dan sebagainya.

Bahkan, dari beberapa kandungan tersebut sebagian dipercaya mampu membantu mencegah berbagai penyakit, dan menjaga imun tubuh.

Untuk mendapatkan manfaatnya, terlebih dahulu rebus daun jambu monyet, lalu konsumsi air rebusannya secara teratur. Berikut ini ulasan manfaatnya.

Baca Juga : Manfaat Daun Turi Untuk Kesehatan Tulang, Kulit, dan Anti Radang

7 Manfaat Daun Jambu Monyet Bagi Kesehatan

Mencegah Hipertensi

Daun jambu mete bisa membantu menurunkan hipertensi atau tekanan darah. Menurut sebuah penelitian, seseorang yang rutin dan teratur mengonsumsi ekstrak daun jambu ini berhasil menurunkan tekanan darahnya.

Bahkan, ekstrak daun jambu mete yang dipakai untuk cairan infus efektif mengatasi tekanan darah. Hal itu berkat kandungan antioksidan polifenol di dalamnya yang berfungsi efektif melawan aterosklerosis.

Selain itu, juga membantu mengatasi masalah peradangan pada pembuluh darah, dan membantu menurunkan tingkat kadar kolesterol yang ada dalam tubuh.

Mengatasi Peradangan

Manfaat daun jambu monyet yang selanjutnya yaitu membantu mengatasi masalah peradangan. Adanya infeksi dan iritasi sebagai tanda penyakit radang, seperti lebam, memar hingga rasa nyeri. Penyebabnya akibat terinfeksi oleh virus, bakteri, atau jamur.

Sejak zaman dulu daun jambu mete ini dikenal punya sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi masalah peradangan.

Kandungan tersebut sangat berperan dalam menenangkan sendi dan otot. Jika rutin mengonsumsi daun buah jambu monyet, masalah peradangan dapat teratasi secara optimal.

Baca Juga : Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan dan Perawatan Kulit

Mengatasi Rematik

Nyeri sendi, bengkak dan kaku menjadi gejala umum pada seseorang yang mengalami rematik. Jika tidak cepat mengatasinya bisa menimbulkan gangguan pada paru-paru, kulit, hingga jantung.

Manfaat daun jambu monyet efektif mengatasi masalah rematik karena ekstrak daun tersebut mengandung enzim flavonoid. Enzim ini mampu membantu meringankan rematik.

Untuk bisa mendapatkan manfaatnya juga sangat mudah. Anda cukup mengonsumsi ekstrak dari daun daun jambu monyet ini secara teratur.

Mengatasi Sariawan

Manfaat daun jambu monyet selanjutnya yaitu mengatasi sariawan. Kandungan vitamin C dalam daun jambu ini dapat meredakan rasa perih akibat sariawan. Selain itu, sifat anti bakteri juga sangat berperan dalam proses penyembuhan.

Untuk bisa mendapatkan manfaatnya juga cukup mudah, Anda cukup merebusnya dengan takaran air 500 ml. Biarkan sampai airnya tersisa 250 ml. Kemudian tiriskan dan minum air rebusan daun jambu monyet itu dua kali sehari, pagi dan sore.

Mengatasi Sembelit

Mengatasi sembelit bisa Anda dapatkan dari manfaat daun jambu monyet. Pasalnya, daun tersebut mengandung serat tinggi. kandungan tersebut bisa membantu memadatkan feses, sekaligus melancarkan saat proses pembuangannya.

Jika Anda punya masalah sembelit, coba konsumsi ekstrak daun jambu mete ini secara rutin. Bahkan tidak hanya membantu mengatasi sembelit saja, kandungan lain dalam daun jambu ini bermanfaat pula bagi sistem pencernaan.

Baca Juga : Manfaat Daun Kacapiring Sebagai Obat Herbal Beberapa Jenis Penyakit

Meredakan Sesak Nafas

Manfaat daun jambu monyet juga dapat membantu mengatasi sesak nafas. Daun buah tersebut mempunyai sifat ekspektoran yang berfungsi efektif meredakan dahak serta lendir.

Daun jambu mete juga memiliki kandungan asam askorbat yang bisa membantu mencegah infeksi dan radikal bebas.

Menurunkan Demam

Manfaat yang terakhir dari daun jambu monyet yaitu untuk membantu menurunkan demam. Kandungan vitamin C dalam daun tersebut sangat berperan menurunkan panas serta demam.

Untuk mendapatkan manfaatnya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mengonsumsi air rebusan dari daunnya secara teratur sampai demam mereda.

Itulah beberapa manfaat dari daun jambu monyet untuk kesehatan tubuh. Jika masalah kesehatan tersebut belum juga reda, sebaiknya Anda periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan medis. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah