Manfaat Daun Mangga untuk Luka, Pernapasan, hingga Anti Stres

manfaat daun mangga
Beragam manfaat daun mangga untuk kesehatan. Foto: ist/Net

Manfaat daun mangga ternyata tak kalah dengan bagian buahnya. Bahkan ada sejumlah keunggulan bagian daun mangga ketimbang buahnya. Ini berkaitan dengan beragamnya kandungan fitokimia yang tidak terdapat dalam buahnya.

Mangga (Mangifera indica L) merupakan jenis pohon yang menghasilkan buah yang manis dan enak. Buah mangga memang sangat populer dan banyak orang yang menyukainya. Apalagi kandungan nutrisinya yang juga banyak.

Mangga juga populer dengan sebutan pelem atau poh. Sedangkan dalam bahasa asing, tanaman ini populer dengan sebutan mango. Selain buahnya yang enak, banyak orang yang juga sering memanfaatkan kayu batang dan daunnya.

Daun mangga yang bentuknya agak tebal dan panjang pipih ini sering untuk pakan ternak. Yang menarik, daun ini kaya dengan berbagai jenis kandungannya. Seperti enzim, vitamin, dan flavonoid.

Manfaat daun mangga juga karena banyak mengandung senyawa bioaktif yang penting untuk tubuh. Seperti mangiferin (C-glucoxanthones), triterpenoid, polifenol, tanin, alkaloid, steroid, ester fenolik, dan asam fenolik.

Baca Juga : Organ Sistem Pernapasan Manusia dan Cara Kerjanya

Senyawa kimia mangiferin merupakan kandungan terbesar dalam ekstrak daun mangga. Senyawa ini, menurut berbagai penelitian, bersifat analgesik, antipiretik, antioksidan, anti virus, anti inflamasi, anti tumor, anti diabetes, dan imunomodulator.

Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan

Beragamnya kandungan fitokimia dalam daun pohon mangga sangat berguna untuk mengatasi berbagai penyakit. Berikut ini beragam manfaat daun mangga untuk kesehatan yang sebaiknya Anda tahu.

Mengatasi Gangguan Mulut dan Pernapasan

Untuk Anda yang sering mengalami gangguan mulut maupun pernapasan juga perlu menggunakan herbal ini untuk mengatasinya. Baik berupa bau mulut tak sedap, radang tenggorokan, bronkitis, asma, maupun pilek karena flu.

Untuk cara menggunakannya cukup dengan merebus beberapa lembar daun mangga hingga mendidih. Setelah itu gunakan airnya yang telah Anda saring untuk berkumur. Anda juga bisa meminumnya dengan menambahkan madu agar lebih enak.

Baca Juga : Penyakit Kanker Darah, Jenis, Gejala dan Penanganannya

Menyembuhkan Luka

Manfaat daun mangga juga bisa untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Baik luka terbuka akibat jatuh atau luka terbakar. Kandungan bioaktifnya mampu mengatasi luka.

Untuk menggunakannya juga cukup mudah. Anda perlu menyiapkan beberapa lembar daun mangga dan mencucinya. Kemudian tumbuk hingga halus dan balurkan pada luka. Tutup atau ikat hingga lukanya sembuh.

Menangkal Radikal Bebas

Kandungan mangiferin dalam daun mangga membuatnya baik untuk menjaga sistem imunitas tubuh. Sifat antioksidan ini juga berguna untuk menangkal radikal bebas dan mencegah kanker dan tumor.

Untuk menggunakannya Anda bisa merebus daun mangga hingga airnya tinggal setengahnya. Setelah hangat lalu saring dan minum airnya. Anda bisa menambahkan madu agar lebih enak.

Meredakan Stres dan Cemas Berlebihan

Baca Juga : Cara Mengatasi Stres Kerja dengan Aktivitas Ringan yang Efektif

Manfaat daun mangga juga baik untuk meredakan stres dan cemas berlebihan. Terlebih untuk Anda yang sibuk bekerja dan beban kerja yang menumpuk tentunya sering mengalami tekanan psikologis.

Beragamnya kandungan fitokimia dalam herbal ini efektif untuk membuat tubuh lebih fresh. Untuk caranya Anda perlu merebusnya dan menggunakannya untuk berendam atau mandi dengan menambahkan air hangat.

Baik untuk Diet dan Obesitas

Minum air rebusan daun mangga juga baik sebagai peluruh lemak. Untuk Anda yang sedang diet atau mengalami obesitas bisa mencoba mengonsumsi herbal yang satu ini secara rutin.

Mengontrol Kadar Gula dan Tekanan Darah

Manfaat daun mangga juga berkhasiat untuk mengontrol tekanan darah. Selain baik untuk penderita hipertensi, khasiat herbal ini juga baik untuk kesehatan jantung. Mengonsumsi air rebusannya berguna untuk menguatkan pembuluh darah.

Baca Juga : Manfaat Buah Bidara untuk Otak, Anti Stres dan Menguatkan Tulang

Yang menarik, kandungan zat tanin dan antosianin dalam herbal ini juga baik untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Anda yang sedang menderita diabetes atau kencing manis perlu mengonsumsi.

Mengatasi Demam dan Batuk

Jika Anda atau anggota keluarga mengalami demam tinggi Anda bisa mencoba memberikan air rebusan daun mangga. Herbal ini juga baik untuk melegakan tenggorokan dan meredakan batuk karena flu.

Penyakit yang sering terjadi pada perubahan musim ini memang cukup populer karena banyak orang yang mengalaminya. Anda bisa mencoba merebus beberapa lembar daun mangga. Minum airnya dengan menambahkan madu.

Itulah berbagai manfaat daun mangga untuk kesehatan tubuh. Berbeda dengan bagian buahnya yang kaya nutrisi, bagian daun tanaman ini lebih kaya dengan kandungan kimia yang ampuh mengatasi berbagai penyakit. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah