Manfaat Daun Sintrong Bagi Kesehatan, Bantu Tingkatkan Imun Tubuh

Daun Sintrong
Manfaat daun sintrong bisa membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Foto: Net/Ist.

Manfaat daun sintrong bisa membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Daun sintrong biasanya disajikan sebagai pendamping makanan atau lalapan. Bagi masyarakat Sunda pastinya sudah tidak asing lagi dengan jenis tanaman yang satu ini.

Daun tersebut selain memiliki cita rasa unik, juga kaya akan kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti flavonoid, minyak atsiri, polifenol, dan saponin yang efektif mencegah berbagai macam penyakit.

Rutin mengonsumsi daun sintrong secara teratur bisa membantu menjaga kesehatan. Untuk bisa mendapatkan manfaatnya, Anda dapat mengolahnya menjadi menu masakan yang beragam, misalnya dibikin oseng, tumis, sayur jonggolan, atau sebagai lalapan.

Lalu, apa saja manfaatnya untuk kesehatan? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini ulasan mengenai manfaat sehat dari daun sintrong.

Baca Juga : Manfaat Daun Jambu Monyet Bagi Kesehatan, Bisa Mengatasi Hipertensi

5 Manfaat Daun Sintrong Bagi Kesehatan

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Daun yang punya nama latin Crassocephalum crepidioides bisa membantu meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh.

Orang yang punya imun tubuh lemah bakal mudah terserang berbagai penyakit. Agar kekebalan tubuh meningkat, sebaiknya rutin konsumsi daun sintrong secara teratur.

Kandungan vitamin B kompleks dalam daun sintrong mampu melawan radikal bebas dan menjaga sistem imunitas atau daya tahan tubuh.

Jika Anda rutin mengonsumsi daun ini maka kesehatan tubuh akan terjaga, sekaligus terhindar dari penyakit-penyakit kronis.

Membantu Mengatasi Kolesterol

Manfaat daun sintrong yang selanjutnya yaitu bisa membantu mengatasi kolesterol yang merupakan zat lemak dalam sel tubuh.

Sebenarnya tubuh butuh kadar kolesterol, namun harus seimbang untuk membantu membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi normal.

Tapi, jika jumlah kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit kronis. Seperti penyakit jantung, bahkan hingga mengalami stroke.

Baca Juga : Manfaat Daun Perilla dan Bijinya Untuk Atasi Radang dan Bau Mulut

Tubuh memerlukan kolesterol guna membentuk sel-sel yang sehat, dalam hal ini memproduksi hormon serta vitamin D. Meski dibutuhkan tubuh, namun kadar kolesterol yang tinggi bisa menimbulkan penyakit kronis.

Karena itulah, penting untuk mengontrol tingkat kadar kolesterol dalam tubuh supaya terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Mengatasi kolesterol tinggi salah satunya dengan cara rutin dan teratur mengonsumsi daun sintrong. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu membantu mengatasi kolesterol berlebih.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat daun sintrong yang berikutnya yaitu untuk melancarkan pencernaan. Setiap orang pastinya suka mengalami konstipasi atau susah buang air besar. Kondisi ini menjadi salah satu tanda pencernaan kurang sehat.

Konstipasi biasanya terjadi karena usus menyerap air terlalu banyak dari feses atau kotoran. Hal ini yang membuat feses jadi kering, sehingga susah ketika mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Sembelit sering terjadi saat kotoran atau feses berjalan sangat lambat di saluran pencernaan, serta tidak bisa dikeluarkan dengan lancar dari rektum.

Penyumbatan yang terjadi pada bagian usus besar juga dapat memperlambat, bahkan bisa menghentikan pergerakan feses. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini dengan mengonsumsi daun tanaman sintrong secara teratur.

Daun tersebut mengandung serat utuh yang memiliki berperan penting melancarkan pencernaan. Kandungan lainnya dalam daun sintrong juga mampu membantu mengatasi sembelit.

Baca Juga : Manfaat Daun Ciplukan Redakan Bronkitis, Sariawan dan Bisul

Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga kesehatan kulit bisa Anda dapatkan dari manfaat daun sintrong. Kandungan polifenol, saponin, dan flavonoid dalam daun tanaman sintrong berfungsi sebagai antioksidan.

Kandungan tersebut mampu membantu menjaga elastisitas kulit. Flavonoid juga berfungsi sebagai UV filter guna melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Untuk bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal, sebaiknya konsumsi daun sintrong secara teratur. Bisa mengonsumsinya sebagai lalapan maupun mengolahnya menjadi minuman segar.

Menurunkan Risiko Obesitas

Anda yang punya masalah dengan berat badan berlebih dan tengah menjalankan diet, sebaiknya konsumsi daun sintrong ini secara rutin dan teratur.

Pasalnya, daun tanaman tersebut tidak akan memasok lemak ke dalam tubuh, sehingga dapat membantu Anda menjalani program diet.

Dengan mengonsumsinya secara teratur dan pola hidup sehat, Anda bisa mendapatkan manfaat daun sintrong secara optimal. Salah satunya menurunkan risiko obesitas. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah