Manfaat Daun Turi Untuk Kesehatan Tulang, Kulit, dan Anti Radang

manfaat daun turi
Segudang manfaat daun turi untuk kesehatan. Foto: Ist/Net

Manfaat daun turi mungkin tidak sepopuler kelor atau pandan. Namun kandungan nutrisinya yang terbilang lengkap sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selama ini daun turi lebih sering untuk pakan ternak yang memang favorit.

Turi (Sesbania grandiflora) adalah jenis tanaman yang masuk dalam suku Fabaceae. Tumbuhan ini populer pula dengan sebutan toroy, turing, tuwi, suri, palawu, gala-gala, nanggala, atau kayu Jawa. Dalam bahasa asing menyebutnya agathi.

Turi telah lama menjadi salah satu tanaman herbal yang berkhasiat. Terutama bagian daunnya yang kaya dengan kandungan nutrisi dan senyawa kimia. Namun daun turi selama ini lebih sering untuk pakan ternak karena gizinya.

Manfaat daun turi karena kandungan nutrisinya yang cukup lengkap. Dalam daun tanaman ini terdapat protein, serat, vitamin A, vitamin C, riboflavin, niacin, saponin, tannin, kalsium, zat besi, fosfor, dan sodium.

Baca Juga : Manfaat Buah Manggis yang Baik untuk Diet, Anti Kanker dan Radang

Masyarakat sering memanfaatkan bagian daun dan bunganya sebagai makanan. Selain mengolahnya menjadi sayuran, bunga dan daun turi juga sering untuk lalapan atau sayuran pecel.

Manfaat Daun Turi Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Meskipun bukan jenis sayuran yang populer, masyarakat telah lama menggunakan bagian bunga maupun daun tanaman ini untuk masakan. Berikut ini berbagai manfaat daun turi untuk kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda tahu.

Mencegah Arthritis dan Osteoporosis

Daun turi kaya akan kalsium. Karena itu mengonsumsi tanaman ini sangat baik untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang. Apalagi dengan kandungan mineral dan vitamin C yang baik untuk mencegah arthritis maupun osteoporosis.

Untuk mengonsumsinya Anda bisa merebus dan mengonsumsinya sebagai lalapan. Makan dengan pecel dengan daun dan bunga turi juga lezat dan menyehatkan. Terlebih untuk orang lanjut usia.

Baca Juga : Manfaat Tanaman Patah Tulang, Herbal Ampuh untuk Obat Luar

Mengatasi Radang Tenggorokan

Manfaat daun turi juga karena kandungannya yang berkhasiat dalam mengobati radang tenggorokan. Kandungannya bersifat anti inflamasi yang mampu meredakan sakit tenggorokan ini.

Untuk mengonsumsinya Anda bisa merebus daun turi dengan air hingga masak. Gunakan airnya berkumur dengan menengadah agar radang pada tenggorokan mereda dan sembuh.

Meredakan Migrain

Migrain termasuk jenis sakit kepala yang sangat menyiksa. Ada banyak faktor yang menyebabkan gangguan ini. Salah satunya karena tubuh yang kekurangan riboflavin.

Karena itu untuk mengatasi dan meredakan penyakit ini Anda bisa mengonsumsi daun turi. Kandungan riboflavin dalam tanaman ini mampu memulihkan sakit pada kepala ini.

Baca Juga : Pemakaian Masker Anti Virus Corona Timbulkan Gangguan Kulit, Ini Cara Mengatasinya!

Baik untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Ibu yang sedang hamil maupun menyusui perlu mengonsumsi daun turi. Manfaat daun turi karena tanaman ini mampu memenuhi kebutuhan asam folat yang penting untuk perkembangan janin dalam rahim.

Mengonsumsi bagian bunga dan daun turi juga sangat baik untuk melancarkan dan menambah volume produksi ASI yang penting untuk bayi. Dengan gizinya yang lengkap berguna untuk meningkatkan kualitas ASI.

Mengatasi Penyakit Disentri

Disentri merupakan penyakit dengan gejala berak berdarah. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan daun turi. Herbal ini juga baik untuk mengatasi sejumlah gangguan pencernaan seperti sembelit atau diare.

Untuk cara menggunakannya Anda perlu merebus daun turi, bunga, dan sedikit kulit batang hingga mendidih. Saring dan minum airnya dua kali sehari hingga penyakitnya mereda.

Baca Juga : Manfaat Minum Yogurt untuk Kesehatan Tulang, Kulit, dan Diet

Mengatasi Keputihan

Untuk wanita yang mengalami keputihan juga bisa mengambil manfaat daun turi ini. Bahkan herbal ini mampu meredakan gatal maupun bau tidak sedap akibat gangguan ini.

Untuk caranya, siapkan dan haluskan segenggam daun turi bersama kunyit. Tuangkan setengah cangkir air matang dan aduk hingga tercampur rata. Setelah itu peras dan minum airnya 1 atau 2 kali sehari.

Mengatasi Anemia dan Gangguan Kulit

Untuk Anda yang sering mengalami gangguan kulit bisa memanfaatkan tanaman ini untuk mengatasinya. Seperti kulit pucat, mata panda, hingga kulit bersisik. Kondisi ini terutama akibat tubuh kekurangan zat besi yang juga menyebabkan anemia.

Daun turi kaya dengan kandungan zat besi yang cukup tinggi. Anda bisa mengonsumsinya sebagai lalapan atau menjadikan masakan yang enak. Selai mengatasi anemia, konsumsi ini juga akan membuat kulit lebih cerah.

Selain itu masih banyak manfaat daun turi untuk kesehatan lainnya. Seperti meningkatkan imunitas, mencegah alzheimer, mengontrol tekanan darah, mengatasi lemah otot, rabun, nifas, sariawan, radang usus, cacar air, demam, batuk, dan menyembuhkan patah tulang. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah