Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBerita TerbaruManfaat Jambu Kristal bagi Kesehatan Jantung, Mata, dan Tulang

Manfaat Jambu Kristal bagi Kesehatan Jantung, Mata, dan Tulang

Manfaat jambu kristal ternyata sangat banyak. Selain berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh, mengonsumsi jambu kristal juga mampu menjaga kesehatan jantung, mata, dan tulang. Karena itu penting untuk menyediakan buah ini pada meja makan.

Jambu kristal (Psidium guajava) merupakan jenis buah yang masih satu keluarga dengan jambu biji. Namun bedanya, jambu kristal sangat sedikit mengandung biji yang sering mengganggu.

Sedangkan dari segi tampilan memang mirip dengan buah jambu biji. Namun jambu kristal umumnya lebih pipih dan mengkilap. Daging buahnya juga tebal, rasanya juga lebih renyah dan manis. Sehingga wajar banyak orang yang menyukainya.

Selain rasanya yang enak, buah ini juga terbilang istimewa karena kandungan nutrisinya yang sangat baik untuk tubuh. Buah ini antara lain mengandung protein, karbohidrat, lemak baik, vitamin A, C, B1, kalsium, kalium, fosfor, dan zat besi.

Selain itu dalam jambu kristal juga terkandung beragam senyawa penting untuk menangkal penyakit. Senyawa ini bersifat antioksidan, anti mikroba, anti tumor, dan anti inflamasi.

Baca Juga : Manfaat Buah Bidara untuk Otak, Anti Stres dan Menguatkan Tulang

Manfaat Jambu Kristal Untuk Kesehatan Tubuh

Selain rasanya yang renyah dan manis, buah ini juga kaya dengan kandungan nutrisi. Nah, berikut ini beragam manfaat jambu kristal untuk kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda tahu.

Menyembuhkan Diare dan Sembelit

Kandungan serat yang tinggi dalam jambu kristal sangat berguna untuk mengatasi berbagai gangguan pada sistem pencernaan. Baik berupa gangguan saat buang air besar atau sembelit maupun diare.

Yang menarik, buah ini juga mengandung senyawa astringents yang ampuh dalam membunuh bakteri penyebab diare. Dengan makan langsung buah segar ini akan mampu mengatasi gangguan perut yang sering terjadi.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat jambu kristal lainnya adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Hal ini karena buah ini banyak mengandung kalsium. Makan jambu ini disarankan untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan maupun orang lanjut usia.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah jambu kristal juga kaya dengan vitamin A yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Nutrisi ini juga berguna untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan menjaga imunitas.

Mengonsumsi buah yang satu ini penting untuk Anda yang sering mengalami gangguan pada mata. Seperti rabun dekat, rabun jauh, rabun ayam, ataupun mata silindris.

Baca Juga : Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Prostat, Otot dan Vitalitas

Baik untuk Kesehatan Kulit

Manfaat jambu kristal juga karena kandungan vitamin E yang tinggi. Jenis vitamin ini cukup terkenal dan menjadi unsur penting dalam banyak produk kecantikan. Hal ini karena vitamin E sangat baik untuk perawatan kesehatan kulit.

Dengan mengonsumsi buah jambu kristal mampu memenuhi kebutuhan vitamin E harian Anda. Buah ini penting dalam menutrisi kulit, mengangkat sel kulit mati, menjaga kelembaban dan mencerahkan kulit wajah, serta mencegah kulit kering dan bersisik.

Menjaga Metabolisme dan Kesehatan Jantung

Daya tarik buah jambu kristal tak hanya pada kandungan vitamin C dan seratnya. Buah ini ternyata juga banyak mengandung mineral kalium. Kandungan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Sejumlah hasil penelitian menemukan bahwa mengonsumsi buah jambu kristal mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Buah ini juga berkhasiat dalam mengontrol tekanan darah.

Baca Juga : Manfaat Buah Sawo yang Kaya Gizi dan Bikin Wajah Awet Muda

Meredakan Flu dan Batuk

Manfaat jambu kristal untuk kesehatan lainnya adalah dalam membantu meredakan penyakit flu dan batuk. Hal ini karena buah ini mengandung senyawa penting yang bersifat antimikroba.

Dengan mengonsumsi buah jambu kristal mampu mengurangi lendir yang mengganggu dalam tenggorokan. Sekaligus membunuh kuman yang menyebabkan batuk dan flu.

Baik Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Untuk Anda yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan perlu memasukkan buah ini dalam menu diet Anda. Selain enak dan menyegarkan, kandungan seratnya berkhasiat membantu membakar lemak tubuh.

Anda bisa mengolah buah jambu kristal menjadi aneka menu. Baik membuatnya menjadi minuman jus maupun sebagai camilan yang langsung kita makan. Selain bobot badan akan menurun, tubuh juga akan jauh lebih sehat.

Itulah berbagai manfaat jambu kristal untuk kesehatan maupun perawatan kecantikan tubuh. Selain mampu menangkal penyakit, mengonsumsi buah ini secara rutin juga berguna untuk menjaga tubuh agar jauh dari berbagai jenis penyakit. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img