Manfaat Kayu Ular untuk Stamina, Anti Kanker, dan Obat Malaria

manfaat kayu ular
Uniknya manfaat kayu ular untuk kesehatan. Foto: Ist/Net

Manfaat kayu ular bagi kesehatan mungkin masih terasa asing bagi kebanyakan orang. Tanaman asal Papua ini ternyata kaya dengan kandungan senyawa yang baik untuk mengobati penyakit. Dari sakit pinggang, anti kanker, dan meningkatkan stamina.

Pohon kayu ular (Strychnos lucida) merupakan jenis tanaman yang berasal dari Timika Papua. Tanaman yang mampu tumbuh hingga setinggi 15 meter ini memiliki batang kayu yang keras dengan cabang tidak beraturan.

Masyarakat Papua menemukan tanaman ini sekitar tahun 1910 yang banyak tumbuh dalam hutan bebatuan yang kering. Masyarakat Jawa sering menyebutnya sebagai tanaman bidara gunung, bidara laut, atau dara putih.

Tidak seperti namanya, tumbuhan ini tidak ada miripnya dengan ular atau berhubungan dengan hewan ini. Masyarakat mengambil manfaat tanaman ini dari kayunya. Bahkan masyarakat Papua telah lama menggunakan kayu ular untuk mengobati malaria.

Manfaat kayu ular ini terutama karena kandungannya yang terbilang beragam. Berbeda dengan kebanyakan kayu batang pohonnya lainnya yang lebih untuk membuat mebel atau rangka rumah, kayu ular justru sangat baik untuk obat herbal.

Baca Juga : Sakit Pinggang Sebelah Kiri, Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kandungan dan Manfaat Kayu Ular

Kayu ular asal Papua ini memang terbilang unik. Dari balik kerasnya kayu jenis ini ternyata terkandung berbagai senyawa kimia yang berkhasiat. Ini tak akan bisa kita temukan pada jenis kayu lainnya.

Kandungan yang terdapat dalam kayu ular meliputi zat galat, tanin, steroid, triterpenoid, alkaloid brusina, dan striknina. Air rebusan kayu ini terasa pahit. Bahkan jika kita menambahkan gula atau madu justru akan semakin terasa pahit.

Dari balik senyawa kimianya inilah yang membuat kayu ini semakin populer dan banyak dicari orang untuk obat herbal. Nah, berikut ini berbagai manfaat kayu ular bagi kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda tahu.

Baik untuk Kekebalan dan Kebugaran Tubuh

Kandungan alkaloid dalam kayu ular sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Senyawa ini bersifat antioksidan yang berguna untuk menangkal serangan penyakit.

Kandungan senyawa dalam herbal ini juga berguna untuk mengembalikan kebugaran tubuh. Jika Anda lesu, atau kurang semangat bisa mengonsumsi air rebusannya.

Meningkatkan Stamina dan Gairah

Baca Juga : Manfaat Buah Cempedak untuk Kesehatan Jantung dan Atasi Malaria

Yang menarik, manfaat kayu ular kabarnya juga mampu meningkatkan stamina dan gairah. Untuk Anda yang sibuk bekerja tentunya membutuhkan minuman air rebusan herbal ini untuk memulihkan energinya.

Bahkan kabarnya, herbal ini juga baik untuk Anda yang telah berumah tangga karena khasiatnya dalam meningkatkan gairah. Dengan mengonsumsi air rebusannya dapat mengembalikan semangat sehingga baik untuk menjaga harmoni rumah tangga.

Menangkal Radikal Bebas dan Anti Kanker

Sifat antioksidan dalam kayu ular juga berkhasiat dalam menangkal radikal bebas yang banyak mengotori lingkungan. Dengan mengonsumsi herbal ini akan melindungi tubuh terhadap penyebab penyakit ini.

Bahkan herbal ini juga ampuh dalam mencegah maupun menekan aktivitas sel-sel kanker yang merusak tubuh. Senyawa etil asetat dalam herbal ini menurut penelitian bersifat anti kanker dan terbukti mampu menghambat perkembangan sel kanker.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat kayu ular juga karena kandungannya yang bersifat antimikroba. Senyawa ini berguna dalam melancarkan pencernaan. Kandungan kloroform dan etanol dalam ekstrak herbal ini juga bersifat anti bakteri.

Apalagi kandungan senyawa lainnya yang mampu membunuh bakteri. Karena itu mengonsumsi herbal ini mampu mengatasi serangan infeksi Salmonella thypi dan S. aureus yang sering menyerang usus.

Baca Juga : Manfaat Buah Pir Cegah Dehidrasi, Osteoporosis dan Anti Kanker

Mengatasi Demam dan Malaria

Herbal kayu ular juga ampuh untuk mengatasi dan menurunkan demam tinggi dan penyakit malaria. Khasiat ini sebenarnya telah lama diketahui karena tanaman ini menjadi bagian penting dalam pengobatan tradisional masyarakat Papua dan NTT.

Cara untuk menggunakannya adalah dengan menyiapkan beberapa potong kayu ular. Setelah itu rebus hingga tersisa setengahnya lalu minum airnya. Air rebusan ini cukup pahit sehingga mungkin tidak mudah untuk sebagian orang.

Mengurangi Sakit Pinggang

Manfaat kayu ular juga efektif untuk meredakan sakit pinggang. Aktivitas kerja yang terlalu sering duduk atau jarang berolahraga mudah mengalami gangguan ini. Untuk mengatasinya bisa dengan menggunakan herbal ini.

Anda bisa merebus potongan kayu ular dan mengonsumsi airnya. Meskipun terasa pahit, ramuan rempah ini juga bisa mengatasi gejala awal penyakit yang menyerang bagian pinggang.

Itulah berbagai manfaat kayu ular untuk kesehatan tubuh. Selain yang telah tersebut, herbal ini juga berkhasiat mengobati rematik, kurap, bisul, kulit bernanah, gula darah, dan meningkatkan nafsu makan. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah