Manfaat Membersihkan Wajah Sebelum Tidur, Bisa Mencegah Keriput

manfaat meembersihkan wajah sebelum tidur
Ilustrasi manfaat membersihkan wajah sebelum tidur. Foto: Ist/Net

Manfaat membersihkan wajah sebelum tidur untuk menghilangkan bekas riasan dari kulit wajah sehingga pori-pori jadi terbuka. Hal ini membuat kulit bisa bernafas.

Saat merawat kulit dan wajah, waktu yang paling baik adalah malam hari. Apalagi jika kamu menggunakan riasan seharian. Selain itu, wajah adalah area kulit yang paling sensitif sehingga paling rentan terkena jerawat.

Sebagian orang akan mencuci muka mereka sebelum tidur karena memakai riasan, tetapi bagaimana kalau tidak memakai riasan? Apa perlu untuk mencuci muka?

Apa kamu suka memakai riasan atau memiliki jerawat? Penting untukmu tahu cara yang benar cuci muka sebelum tidur.

Baca Juga : Perawatan Wajah Alami, Cara Mudah dan Murah untuk Terlihat Cantik

Inilah Manfaat Membersihkan Wajah Sebelum Tidur

Untuk bisa merasakan manfaat yang diberikan, kamu jangan asal memakai pembersih muka. Kamu jangan menggunakan sabun mandi untuk mencuci mukamu karena bisa menyebabkan iritasi, meradang, dan kering.

Bagi kamu yang jarang menggunakan make up, kamu bisa menggunakan pembersih muka yang lembut dan sederhana. Sementara untuk kamu yang hobi menggunakan make up, gunakan pembersih double cleansing untuk hasil maksimal.

Terlepas dari itu semua, penting untuk kamu tahu manfaat membersihkan wajah sebelum tidur. Mencuci wajah sebelum tidur memberikan manfaat sebagai berikut:

Membersihkan Pori-Pori

Saat kamu membersihkan make up, pori-pori akan terbuka yang menyebabkan kulit kamu bisa bernafas kembali. Di mana awalnya tersumbat karena make up.

Menghilangkan Minyak Dari Kulit

Untuk kamu yang memiliki masalah kulit berminyak, walau tanpa memakai riasan pun wajahmu akan mengeluarkan minyak. Apabila minyak itu tidak dihilangkan, akan menyumbat pori-pori dan membuat wajah kamu rentan terkena jerawat.

Baca Juga : Perawatan Sehari-Hari untuk Wajah Berjerawat, Berikut Caranya

Mencegah Keriput

Bila kamu tidak mencuci wajah, kamu akan mudah mengalami penuaan dini dan menyebabkan timbulnya kerutan, karena kehilangan kelembabannya dari waktu-ke waktu.

Menyegarkan Kulit

Wajah akan terlihat lebih halus karena menerima manfaat membersihkan wajah sebelum tidur. Selain itu, sel kulit mati yang menempel pada kulit wajah akan ikut terangkat.

Melindungi Bulu Mata

Tidak hanya memberi manfaat pada kulit, tapi juga pada bulu mata. Jika saat mencuci muka kamu tidak bersih, dampaknya akan buruk kepada wanita yang memakai maskara.

Maskara yang tidak dibersihkan dengan benar akan mengikis bulu mata dan berakibat bulu mata semakin rapuh. Pada akhirnya, bulu mata menjadi gundul dan tidak cantik lagi.

Menunda membersihkan area mata hanya karena alasan takut melukai mata malah semakin meningkatkan risiko mata iritasi dan infeksi. Jadi, mulailah membersihkan wajah sebelum tidur untuk menjaga area mata dan kulit wajah.

Cara Membersihkan Wajah Sebelum Tidur yang Benar

Luangkan waktu, gunakan air hangat, sikat pembersih wajah, dan spons, lalu bilas wajah. Ulangi kegiatan itu dua kali, tetapi yang kedua kamu tidak perlu menggunakan sikat pembersih atau spons.

Keringkan wajah. Setelah itu, gunakan lotion agar dapat membantu kulit tetap sehat dan melindungi dari efek penuaan. Lalu kamu minumlah segelas air.

Alasan kenapa kamu harus membersihkan wajah saat malam hari setelah beraktivitas agar terhindar dari masalah-masalah seperti berikut:

Baca Juga : Brand Skincare Milik Artis, Rekomendasi Agar Wajah Makin Cerah

Kulit Menjadi Kotor

Manfaat membersihkan wajah sebelum tidur yang paling utama adalah menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa make up. Tanpa mencuci muka, kulit akan tertutupi kotoran polusi dan tanah. Ini akan mempersulit masuknya vitamin yang diberikan saat perawatan.

Kurangnya Sebun Pelapis Kulit

Kelenjar kecil di bawah kulit menghasilkan minyak bernama sebun. Kelenjar ini berfungsi untuk mencegah masuknya bakteri dan zat berbahaya lainnya.

Kotoran berlebih akan menjebak sebun, akibatnya bakteri yang awalnya tidak dapat menembus permukaan kulit dapat masuk ke pori-pori. Tentu menyebabkan peradangan dan jerawat.

Penumpukan Minyak Sehingga Timbul Jerawat

Manfaat membersihkan wajah sebelum tidur salah satunya bertujuan untuk mengurangi minyak berlebih. Kalau kamu tidak membersihkannya, akan memburuk kondisi kulitmu.

Semua kotoran dan minyak akan menumpuk sehingga jerawat lebih banyak muncul dan menyumbat pori-pori. Jika memiliki kulit sensitif, hindari memakai produk pembersih muka yang mengandung alkohol dan slup berlebih.

Masih ada banyak akibat yang ditimbulkan jika kamu tidak mencuci muka. Seperti penuaan dini, kulit menjadi kering, pori-pori membesar, dan kulit menjadi besar.

Itulah manfaat membersihkan wajah sebelum tidur. Jadi, ingatlah selalu bahwa membersihkan muka sebelum tidur itu sangatlah bermanfaat bagi kesehatan wajahmu. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah