Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Rumput Fatimah, Tanaman Asal Malaysia untuk Kesehatan

Manfaat Rumput Fatimah, Tanaman Asal Malaysia untuk Kesehatan

Manfaat rumput Fatimah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tanaman berbunga keluarga Primulaceae asal Malaysia ini memiliki nama latin Labisia Pumila. Bentuknya kecil, berkayu, dan berdaun sepanjang 20 centimeter.

Tanaman rumput Fatimah ini tumbuh subur di hutan tropis, dan populer sebagai obat tradisional bagi masyarakat Malaysia maupun Indonesia.

Bahkan, penggunaan rumput Fatimah sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit maupun sebagai suplemen makanan telah meluas hingga ke masyarakat negara-negara Asia Tenggara.

Rumput Fatimah juga banyak digunakan wanita untuk memudahkan proses persalinan, sekaligus peremajaan pasca melahirkan. Serta mengatasi menstruasi yang tidak teratur.

Selain itu, bermanfaat pula untuk mengobati berbagai penyakit lainnya seperti disentri, gonore, rematik, maupun penyakit tulang.

Untuk mendapatkan ekstrak rumput fatimah, Anda cukup merebus seluruh bagian dari tanaman ini dengan memasukkannya ke dalam air, dari mulai daun hingga akarnya. Kemudian, konsumsi ekstraknya secara oral.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa hal menarik lainnya untuk Anda ketahui mengenai  tanaman rumput Fatimah beserta manfaatnya bagi kesehatan.

Baca Juga : Tanaman Herbal untuk Mencegah Covid-19, Berikut Ini Jenis-Jenisnya

Beragam Manfaat Rumput Fatimah untuk Kesehatan

Berdasarkan penelitian ilmiah, rumput Fatimah berasal dari genus Myrsinaceae. Adapun istilah Rumput Fatimah adalah untuk sebutan tumbuhan ini secara umum.

Penelitian pun telah menunjukkan terkait aktivitas estrogenik dari tanaman tersebut. Ada kemungkinan tanaman ini berfungsi sebagai SERMs, atau modulator reseptor estrogen selektif yang aktif pada jaringan tertentu.

Ekstrak rumput Fatimah juga dapat menghasilkan respon dosis terhadap hormon reproduksi pada tikus betina, utamanya pada kadar testosteron dan estradiol.

Bahkan, belum lama ini penelitian telah menunjukkan kalau rumput Fatimah sebagai agen alternatif yang potensial guna terapi pengganti hormon bagi wanita pasca menopause.

Tingkatkan Kadar Testosteron

Hasil dari penelitian itu menyebutkan bahwa, manfaat rumput Fatimah untuk pengobatan selama 60 hari, secara signifikan bisa membantu mengurangi LH (luteinizing hormone). Serta FSH (Follicle Stimulating Hormone) yang mampu meningkatkan kadar testosteron dan estradiol.

Dalam penelitian yang telah mendapat persetujuan secara etik dari Research and Ethics Committee Universitas Sains Malaysia, selama 6 bulan ada 63 pasien yang berpartisipasi.

Baca Juga : Manfaat Daun Kacapiring Sebagai Obat Herbal Beberapa Jenis Penyakit

Selama waktu 6 bulan itu dibagi menjadi dua kelompok. Pertama, pasien yang menerima ekstrak rumput fatimah, dan kedua penerima plasebo. Namun, dalam penelitian itu tidak menemukan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok verum (pengobatan) dan plasebo.

Peneliti hanya menemukan efek rumput Fatimah yang menguntungkan dalam menurunkan nilai TG (trigliserida). Konklusinya bahwa tanaman ini fito suplemen yang bermanfaat untuk menjaga agar kesehatan jantung wanita menopause. Namun, pada profil hormonal tidak ada efeknya.

Tangkal Radikal Bebas

Manfaat rumput Fatimah yang selanjutnya yaitu dapat menangkal radikal bebas. Hasil penelitian yang dilakukan di Kuala Lumpur, Malaysia mengungkap bahwa, tanaman rumput Fatimah mengandung antioksidan. Kandungan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Ada beberapa kandungan antioksidan dalam tanaman tersebut, seperti asam askorbat, flavonoid, beta-karoten, senyawa fenolik, dan anthocyanin.

Betakaroten berfungsi menghambat efek dari radikal bebas di dalam tubuh. Sedangkan, flavonoid mampu mencegah terjadinya sejumlah penyakit kronis. Dalam hal ini penyakit rematik, osteoporosis, serta penyakit kronis lainnya yang berkaitan dengan stress oksidatif.

Baca Juga : Manfaat Sehat Daun Gedi, Obat Herbal untuk Atasi Masalah Kesehatan

Kemudian, kandungan fenolik dalam rumput Fatimah juga berpotensi untuk membantu menguatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Oleh Karena itu tanaman ini sangat bermanfaat mencegah terjadinya peradangan, serta paparan dari infeksi penyakit.

Mengurangi Risiko Osteoporosis Bagi Wanita Menopause

Manfaat rumput Fatimah untuk kesehatan yang berikutnya yaitu membantu mengurangi risiko osteoporosis bagi wanita yang sudah memasuki masa menopause.

Hal itu berkat adanya kandungan zat fitoestrogen alami pada rumput Fatimah, yang mana dalam ilmu kedokteran zat tersebut berguna sebagai alternatif terapi estrogen guna mengatasi osteoporosis akibat menopause.

Penting untuk Anda ketahui bahwa, ekstrak dari rumput Fatimah ini adalah obat tradisional yang aman tanpa ada efek samping membahayakan.

Meski begitu, ekstrak tanaman herbal yang satu ini hanya dapat digunakan dengan dosis rendah. Dosis yang aman bisa sampai 560 mg per hari bagi wanita pasca menopause.

Itulah penjelasan mengenai beberapa manfaat rumput Fatimah sebagai obat tradisional untuk membantu mengatasi sejumlah penyakit kronis. (Eva/R3/HR-Online)

- Advertisment -