Manfaat Temu Kunci bagi Kesehatan dan Kandungannya

manfaat temu kunci
Beragam manfaat temu kunci untukkesehatan. Foto: Ist/Net

Manfaat temu kunci untuk kesehatan tak kalah dengan jenis rempah lainnya yang lebih populer. Hal ini terlihat dari kandungannya yang jauh lebih lengkap. Karena itu kegunaannya juga lebih banyak untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Temu kunci (Boesenbergia pandurata) merupakan jenis tanaman herbal asli Indonesia yang populer dengan sebutan finger root. Rimpang ini juga telah lama menjadi bahan bumbu dapur untuk menyedapkan masakan.

Ada banyak kandungan yang terdapat dalam temu kunci. Seperti protein, gula, nitrogen, zat larut air, zat larut etanol, abu. Rimpang ini juga banyak mengandung minyak atsiri.

Rempah satu ini memiliki ciri dari baunya yang sangat khas. Baunya yang memiliki efek menenangkan inilah yang membuatnya banyak orang yang mengolahnya sebagai aroma terapi, antipiretik, dan analgesik.

Kandungan dan Manfaat Temu Kunci Bagi Kesehatan

Baca Juga : Jenis Makanan Pahit Ini Manfaatnya Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh

Selain yang telah tersebut, manfaat temu kunci karena kandungannya yang banyak sekali senyawa kimia yang baik untuk tubuh. Beberapa senyawa aktif yang terdapat dalam temu kunci antara lain flavonoid,  flavon, monoterpenoid, dan calkone.

Sedangkan kandungan dalam minyak atsiri temu ini seperti kurkumin, zingiberena, zeodarina, d-pinene, d-borneol, kamfer, dan sineol. Senyawa rimpang ini bersifat antioksidan dan anti inflamasi.

Selain itu senyawa ini juga bersifat antibakteri, anti parasit, anti jamur, anti periodontitis, anti kanker, anti tumor,  dan anti karsinogenik.

Beragamnya kandungan yang dan membuat rimpang ini banyak khasiatnya. Nah, berikut ini berbagai manfaat temu kunci bagi kesehatan tubuh yang sebaiknya yang Anda tahu.

Kaya Antioksidan

Jika Anda mencari herbal yang mengandung senyawa antioksidan alami, naka pilihan terbaik ada [ada temu kunci. Apalagi ada beragam senyawa kimia lainnya yang mendukung untuk perlindungan terhadap tubuh.

Uniknya, kandungan antioksidan herbal ini terdapat dalam lebih dari lima senyawa fitokimia yang ada. Selain efektif untuk menangkal radikal bebas, rimpang ini juga berkhasiat melindungi tubuh terhadap berbagai serangan virus, bakteri, jamur dan lainnya.

Baca Juga : Herbal Penurun Darah Tinggi yang Ampuh, Ini Daftarnya!

Mencegah Kanker dan Tumor

Manfaat temu kunci lainnya adalah untuk mencegah sekaligus menyembuhkan penyakit kanker dan tumor. Kandungan senyawa ini bersifat anti kanker dan tumor yang efektif melindungi tubuh terhadap serangan kanker.

Mengonsumsi rimpang ini secara rutin mampu menghambat perkembangan sel kanker yang ada dalam tubuh. Anda bisa merebusnya atau membeli bubuk temu kunci yang sudah banyak yang menjualnya.

Mengatasi Jerawat dan Noda Wajah

Kandungan anti bakteri dan anti jamur pada herbal ini juga berkhasiat ntuk menyembuhkan jerawat maupun gangguan kulit wajah. Termasuk untuk menghilangkan flek atau noda hitam pada wajah.

Untuk melakukannya Anda perlu menumbuk temu kunci hingga halus sebagai masker wajah. Agar lebih efektif tak ada salahnya mencampurkan dengan mentimun agar terasa lebih dingin. Lakukan secara rutin agar hasilnya lebih cepat.

Menyembuhkan Sakit Gigi dan Mulut

Baca Juga : Obat Herbal Asam Lambung Paling Ampuh yang Bisa Dibuat Sendiri

Kandungan senyawa kimianya juga membuat manfaat temu kunci baik untuk menyembuhkan sakit gigi dan gangguan mulut. Baik berupa karies gigi, periodontitis, gingivitis, dan gangguan lain.

Sebuah penelitian menemukan efek rimpang ini dalam menghambat pembentukan karies dan perusak gigi. Karena itu kalangan industri menggunakan rimpang ini sebagai bahan untuk pasta gigi dan produk obat kumur.

Menyembuhkan Luka

Beragamnya senyawa dalam herbal ini juga efektif untuk menyembuhkan luka. Sejumlah penelitian terhadap hewan percobaan membuktikan efektivitas manfaat temu kunci ini dalam mengobati luka.

Untuk menggunakannya juga cukup mudah. Tinggal mengupas temu kunci dan menumbuknya. Anda bisa langsung menempelkan rimpangnya pada luka. Anda juga bisa merebusnya dan menggunakan airnya untuk membersihkan dan menyembuhkan luka.

Baca Juga : Herbal untuk Jantung Terbaik, dari Kedelai hingga Paprika

Baik untuk Diet dan Mencegah Obesitas

Untuk Anda yang sedang menjalankan diet, tak ada salahnya memasukkan temu kunci dalam bahan penting untuk diet Anda. Selain efektif untuk menurunkan berat badan, herbal ini juga ampuh mengatasi obesitas.

Orang yang mengalami obesitas terutama akibat metabolisme tubuhnya yang terganggu. Dengan mengonsumsi herbal ini bisa membantu memulihkan metabolisme dan mengembalikan berat badan ideal. Tentunya perlu Anda barengi dengan pola makan sehat dan olahraga.

Itulah berbagai manfaat temu kunci bagi kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda tahu. Dengan kandungan senyawanya yang lengkap sangat baik untuk mengatasi berbagai gangguan tubuh. Anda bisa membuat ramuannya sendiri di rumah untuk penanganan darurat. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah