Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruManfaat Zakat Mal untuk Membersihkan Harta dan Membantu Sesama

Manfaat Zakat Mal untuk Membersihkan Harta dan Membantu Sesama

Manfaat zakat mal sangat besar sekali manfaatnya. Zakat ini bukan hanya untuk membantu sesama, juga sangat bermanfaat untuk membersihkan harta yang kita miliki.

Zakat adalah salah satu konsep yang sangat penting dalam agama Islam serta menjadi bagian dari lima rukun Islam.

Dalam hal keuangan, zakat juga memainkan peranan yang cukup penting. Biasanya kita sebagai orang muslim harus membayar zakat untuk mengeluarkan kekayaan tambahan yang kita miliki selama setahun.

Bukan hanya sebagai kewajiban bagi orang Islam, kita juga dapat merasakan berbagai manfaat dari zakat harta ini.

Tetapi sebelum melakukan zakat, kita harus memenuhi dua kebutuhan utama seperti makan, tempat tinggal serta pakaian yang layak.

baca juga: Zakat pada Zaman Rasulullah SAW Dikelola oleh Lembaga Pemerintahan

Pengertian dan Manfaat Zakat Mal

Hukum melakukan zakat adalah wajib tanpa bagi semua umat Islam. Jadi, ini merupakan kewajiban bagi tiap individu yang harus dikeluarkan oleh semua orang Islam yang mempunyai harta.

Zakat sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Namun kali ini kita tidak akan membahas mengenai zakat fitrah, tetapi kita akan lebih berfokus pada zakat mal.

Zakat mal adalah salah satu dari jenis zakat yang bisa dilakukan oleh umat Islam apabila seseorang tersebut telah memenuhi ketentuan nisab dalam 1 tahun.

Perlu kita ingat, sebagian harta yang kita miliki terdapat hak orang lain yang perlu kita salurkan, salah satunya melalui zakat ini.

Seperti dalam penjelasan sebelumnya, selain merupakan suatu kewajiban, melakukan zakat ini juga memberikan banyak manfaat bagi umat Islam, antara lain:

baca juga: Keutamaan Bersedekah Harta, Hidup Jadi Tenang dan Rezeki Melimpah

Menenangkan Hati

Manfaat zakat mal yang pertama adalah bisa menenangkan hati. Bagi umat muslim, melakukan zakat bisa melatih untuk ikhlas.

Apabila kita melakukan zakat mal dengan ikhlas dengan tanpa paksaan sedikitpun, maka kita bisa menjadi pribadi yang ikhlas dan tulus untuk melakukan kebaikan serta berbagi pada orang lain.

baca juga: Amalan Hari Jumat untuk Wanita yang Jangan Sampai Terlewatkan

Menghapus Dendam

Manfaat yang kedua adalah menghapus dendam. Dengan mengeluarkan zakat, kita dapat menghapus dendam serta perasaan sakit hati dari orang.

Hal ini karena setelah kita menyalurkan sebagian harta tersebut akan timbul perasaaan bahagia, apalagi dengan limpahan rezeki dari Alloh SWT yang begitu banyak.

Ketika seseorang senang, maka perasaan sakit hati maupun dendam akan sirna begitu saja. Sebaliknya, bila rasa itu tetap ada akan membuat kondisi hati gundah dan gelisah.

Menyempurnakan Iman

Manfaat zakat mal yang ketiga yaitu menyempurnakan iman. Dengan melakukan zakat kepada mereka yang membutuhkan, adalah salah satu pilar agama Islam.

Oleh karena itu setiap muslim pasti akan selalu berusaha dalam melaksanakan amanat ini dengan tujuan melengkapi kewajibannya yang diamanatkan oleh agama untuk menyempurnakan iman.

Lebih Dekat dengan Allah

Dari poin yang satu ini, saat kita menunaikan kewajiban ini berarti dapat membantu seorang hamba lebih dekat lagi dengan Allah.

Selain itu dengan berzakat juga dapat meningkatkan iman serta ketakwaan setiap orang yang menjalankannya.

Membersihkan Harta

Manfaat zakat mal selanjutnya yaitu membersihkan harta. Apabila seorang individu sudah mencapai nisab setelah 1 tahun untuk menunaikan kewajiban zakat, itu berarti ia termasuk orang yang mampu.

Oleh karena itu, supaya semua harta yang kita dapatkan dapat berkah dari Allah, haruslah dibersihkan dengan cara melakukan zakat mal.

Mencapai Keimanan yang Sempurna

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Imam Bukhari, bahwa Rosululloh pernah mengatakan, ‚Äúsalah seorang di antara kalian tidaklah beriman (maksudnya dengan iman yang sempurna) sampai akhirnya ia juga bisa mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri”.

Dalam kaitannya dengan zakat, maka tanpa disadari seseorang yang telah mengerjakan zakat mal maka ia telah menyempurnakan iman dengan tidak hanya mementingkan pribadinya saja, melainkan ia juga mementingkan kepada orang-orang lain yang membutuhkan.

Demikianlah beberapa manfaat dari melakukan zakat mal bagi setiap orang yang menjalankannya. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img