Masalah Kulit yang Tak Bisa Dihindari dan Cara Mengatasinya

    Masalah Kulit yang Tak Bisa Dihindari
    Noda Hitam, Jerawat, salah satu masalah kult yang tak bisa dihindari. Foto: Ist/Net

    Ada beberapa masalah kulit yang tak bisa dihindari. Stress, polusi, sinar matahari, dan pola hidup tak sehat adalah toksik yang melemahkan skin barrier (lapisan terluar yang bertugas melindungi kulit dari ancaman). Meski toksik yang menyerang tak bisa kita hindari, namun masih bisa kita perbaiki.

    Cara Memperbaiki Masalah Kulit yang Tak Bisa Dihindari

    Berikut ini adalah kiat-kiat yang bisa kita lakukan untuk memastikan kulit berada dalam kondisi prima. Terutama bagi kamu yang suka memakai make up, menjaga wajah tetap halus merupakan awal yang baik dan menentukan hasil akhir.

    Jerawat

    Kemunculan jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang tak bisa dihindari. Ketika memasuki usia remaja, perubahan hormon menyebabkan kemunculan jerawat. Oleh karena itu, remaja mulai serius dalam merawat wajah, tak hanya pencuci wajah saja.

    Di usia dewasa pun, wanita tetap mengalami jerawat ketika memasuki siklus haid. Belum lagi stress karena pekerjaan, perubahan cuaca, dan makanan berminyak juga turut memicu kemunculan jerawat. Namun, masalah ini bisa kita perbaiki dengan menggunakan skincare khusus jerawat.

    Baca Juga: Perawatan Sehari-Hari untuk Wajah Berjerawat, Berikut Caranya

    Produk yang cepat menghilangkan jerawat harus mengandung salicylic acid, tea tree oil, green tea, atau centella asiatica. Jika kamu menggunakan salicylic acid atau BHA, sebaiknya tidak kamu gunakan bersama produk lain yang mengandung vitamin C dan retinol. Karena BHA bekerja pada pH rendah, sedangkan vitamin C dan retinol bekerja di pH normal.

    Apabila kita menggunakannya bersamaan, bisa menimbulkan ketidakseimbangan pH yang berujung pada reaksi perih dan kemerahan.

    Kulit Sensitif

    Umumnya wajah sensitif mudah bereaksi pada setiap ancaman yang menyerang. Suhu dingin dan suhu panas bisa memicu reaksi alergi. Agak sulit menemukan produk yang tepat, namun masalah kulit yang tak bisa dihindari tetap bisa kita minimalisir. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan adalah dengan menemukan produk perawatan yang sesuai.

    Utamakan produk yang tidak mengandung wewangian, memiliki formula lembut, dan memakai label hypoallergenic. Bahan-bahan iritatif seperti benzoil peroksida juga perlu kita hindari jika memiliki kulit sensitif. Gunakan tabir surya dengan SPF 30 ke atas setiap kali hendak beraktivitas di ruangan.

    Sering-sering menggunakan pelembab! Kulit yang sensitif akan mudah menunjukkan reaksi alergi jika sedang kekeringan.

    Noda Hitam

    Sinar matahari dapat menimbulkan pigmentasi, salah satunya noda hitam atau bisa kita sebut flek. Noda hitam menjadi masalah kulit yang tak bisa dihindari jika kamu sering terkena matahari tanpa menggunakan tabir surya. Selain itu, noda hitam akan sulit hilang ketika sudah menginjak usia 30.

    Baca Juga: Skincare untuk Kulit Berminyak dan Kusam, Ini yang Paling Ampuh

    Hal ini terjadi karena produksi kolagen mulai berkurang, sehingga proses regenerasi sel menjadi lambat. Namun, kamu bisa menghilangkan noda hitam menggunakan skincare yang mengandung arbutin dan vitamin C. Arbutin bisa meratakan warna kulit, sedangkan vitamin C membantu proses produksi kolagen.

    Serum vitamin C saat ini menjadi solusi cepat menghilangkan flek hitam. Namun, vitamin C mudah teroksidasi sehingga kamu harus menghabiskan serum kurang dari satu bulan. Selain itu, serum vitamin C tak boleh terkena sinar matahari agar manfaatnya tidak hilang.

    Kulit Kemerahan

    Gejala kulit kemerahan merupakan reaksi ketika ada ancaman, seperti terbakar sinar matahari atau produk yang tak cocok. Tidak perlu panik jika reaksi ini terjadi, karena kamu hanya perlu mengenali penyebabnya.

    Jika reaksi kemerahan berujung pada gatal-gatal dan ruam, sebaiknya mengkonsumsi antibiotik karena bisa bisa jadi kamu mengalami alergi. Namun apabila kemerahan terjadi karena sinar matahari atau skincare yang tak cocok, mengoleskan ekstrak lidah buaya dapat menenangkan kulit.

    Masalah kulit yang tak bisa dihindari masih bisa kita perbaiki dengan mengenali penyebabnya. Selalu memiliki persediaan produk yang bisa menolong kita dapat memperbaiki kondisi dan mencegah reaksi berlebih di kemudian hari. (R7/HR-Online)

    Editor: Ndu