Masker Wajah Organik Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Kulit

masker wajah organik
Ilustrasi masker wajah organik. Foto: Ist/Net

Masker wajah organik sangat bermanfaat untuk kulit dengan kandungan melimpah. Selain itu, juga menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan dan tentunya murah. Peremajaan kulit masker wajah adalah suatu hal yang penting. Manfaat masker ini juga bisa disesuaikan dengan masalah kulit yang anda alami.

Jangan lupa menyesuaikan jenis masker organik yang dapat digunakan di semua jenis kulit berdasarkan bahan alaminya. Karena, masker organik berbeda dengan masker pada umumnya yang menggunakan bahan kimia. Tentunya karena masker ini terbuat dari 100% bahan alami.

Manfaat Masker Wajah Organik Bagi Kesehatan Kulit

Selain jenisnya yang melimpah make wajah tentunya juga memiliki beragam manfaat. Manfaat inilah yang membuat kita tertarik untuk mencobanya. Mari kita lihat apa saja manfaatnya!

Baca Juga : Masker untuk Kulit Berminyak dari Bahan Alami, Ampuh dan Mudah Dibuat

Menghilangkan Jerawat

Jika anda memiliki tipe kulit yang mudah berjerawat, gunakanlah masker wajah yang terbuat dari putih telur. Putih telur berfungsi membunuh bakteri penyebab jerawat.

Cara cukup mudah, pertama pecahkan tiga telur lalu pisahkan kuning telurnya, lalu bisa aplikasikan putih telurnya ke wajah menggunakan kuas.

Menangani Kulit Berminyak

Kulit yang berminyak dapat menimbulkan banyak masalah. Anda bisa menggunakan masker yang terbuat dari pisang, air lemon, dan minyak zaitun.

Membersihkan Pori-Pori

Masker wajah organik hanya dapat digunakan untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat. Lalu, oatmeal dan baking soda dapat digunakan untuk membersihkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Caranya, anda bisa campurkan 3 sdm oatmeal dan 1 sdm baking soda kedalam sebuah wadah. Campurkan sedikit air agar menjadi bentuk pasta. Lalu, pijat wajah kamu menggunakan pasta tersebut.

Melembabkan Kulit

Masker organik akan memberikan manfaat yang mampu membuat kulit beregenerasi. Sehingga, menghasilkan kulit yang baru dan kenyal.

Baca Juga : Masker untuk Melembabkan Wajah dengan Bahan Alami

Membuat Wajah Tampak Awet Muda

Masker organic seperti ini memiliki kandungan antioksidan dan kolagen yang bekerja untuk mencegah penuaan dini dan kulit. Sangat cocok digunakan yang ingin memiliki kulit awet muda.

Merawat Kulit Sensitif

Tekstur masker oat organik ini ringan seperti bubuk dan manfaat yang mampu menjaga kulit sensitif. Hal ini membuat masker ini layak untuk para remaja. Selain itu, juga perlu jenis-jenis masker organik yang dapat anda pakai. 

Inilah macam-macam masker organik dan bahan-bahannya.

Masker Putih Telur dan Susu

Masker wajah organik ini memiliki manfaat untuk melembabkan, mengencangkan kulit, menghilangkan minyak berlebih dan bekas jerawat, serta masih banyak lagi.

Cara mengaplikasikanya juga cukup mudah. Siapkan susu dan putih telur, campur kedua bahan hingga kental, dan aplikasikan ke wajah. Lalu, tunggu hingga kencang sekitar 7-15 menit, setelah itu bulat. Mudah, bukan?

Masker Tomat

Selain memberikan berbagai manfaat bagi tubuh, tomat juga dapat dijadikan sebagai masker. Masker tomat ini memiliki manfaat untuk menghilangkan komedo, mencerahkan wajah, menghaluskan kulit, hingga mencegah penuaan dini.

Cara membuat masker wajah organik berbahan tomat ini juga cukup mudah. Hanya perlu mencampurkan perasan tomat dengan sedikit minyak zaitun.

Lalu, anda bisa aplikasikan ke muka, tunggu hingga 5-20 menit, lalu bilas dengan air. Sebaiknya, gunakan masker ini sebelum tidur, maka wajah akan halus dan terlebih terlihat cerah.

Baca Juga : Masker Mata Panda yang Terbuat dari Bahan-Bahan Alami

Masker Kunyit

Masker wajah organik berikutnya berbahan kunyi. Kunyit berwarna kuning dan cenderung warnanya sulit hilang, anda pasti merasa ragu untuk menggunakanya.

Tetapi, tidak perlu khawatir karena manfaat yang sangat banyak. Masker ini mampu mengurangi jerawat, menghilangkan bekas luka, dan menenangkan kulit. Cara pembuatan masker ini juga sederhana.

Kalian campurkan 1 sendok teh kunyit dan 1 sendok makan madu, dan aplikasikan pada kulit. Kemudian, bilas dengan air hangat agar warna kuningnya tidak terlalu menempel pada wajah.

Masker Susu dan Tepung Beras

Satu lagi masker yang cukup banyak yang orang rekomendasikan. Masker ini memiliki banyak sekali manfaat seperti mencegah jerawat, menghilangkan bekas jerawat, menghidrasi kulit, dan mengencangkan kulit.

Cara membuatnya juga mudah, hanya perlu mencampurkan susu putih dengan tepung beras, aplikasikan ke kulit, lalu bilas. 

Masker Madu

Masker wajah organik madu merupakan anti bakteri alami yang mampu melawan jerawat. Untuk anda yang memiliki kulit sensitif jangan khawatir, karena masker ini cocok di semua jenis kulit.

Manfaatnya dapat melawan tanda penuaan dini, sebagai exfoliator alami, melembabkan kulit, mengatasi infeksi jamur, dan juga bisa menyamarkan bekas jerawat. Selain itu, juga bisa mengaplikasikan pada bibir kering.

Gunanya untuk melembabkan bibir dan memerahkan secara alami. Masker ini juga bisa campur beberapa bahan seperti alpukat, macca,kopi, atau anda pakai secara langsung.

Itulah beberapa manfaat masker wajah organik yang mungkin memberi inspirasi untuk anda. Bagi berminat mencobanya, maka bisa memilih varian yang sesuai dengan jenis kulit. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah