Selasa, November 30, 2021
BerandaBerita CiamisMelestarikan Sumber Mata Air di Kaki Gunung Sawal Ciamis

Melestarikan Sumber Mata Air di Kaki Gunung Sawal Ciamis

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Upaya melestarikan sumber mata air, Pemerintah Desa Sindangsari bersama PPL Kehutanan Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, melakukan penanaman ratusan pohon picung di kaki Gunung Sawal, Kamis (10/03/2021).

Kepala Desa Sindangsari, Mimin Hidayat, melalui Kasi. Ekonomi dan Pembangunan, Dadan Firdaus mengatakan, penanaman pohon picung di kaki Gunung Sawal merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Desa Sindangsari dan PPL Kehutanan.

Dalam upaya melestarikan sumber mata air melalui penanaman pohon ini, pihaknya bersama PPL Kehutanan memilih bibit pohon picung. Karena selain merupakan jenis pohon keras, tanaman picung juga bisa menghasilkan buah yang nantinya dapat dipanen masyarakat.

“Hal yang tidak kalah penting adalah, pohon picung mampu menyimpan air dan mencegah terjadinya erosi atau tanah longsor. Sehingga sangat bermanfaat, baik dalam waktu dekat maupun dalam jangka panjang,” terang Dadan.

Menurut Dadan, kegiatan penanaman pohon sangat bermanfaat dalam upaya menjaga kelestarian alam, sekaligus menjaga sumber mata air.

Andri, PPL Desa Sindangsari, Kabupaten Ciamis, menambahkan, penanaman pohon picung ini sebagai upaya dalam menciptakan lingkungan yang hijau dan asri.

“Penghijauan ini kelak dapat memberikan kenyamanan, juga mencegah bencana longsor. Karena pohon yang ditanam ini berfungsi sebagai penyerapan air,” imbuhnya. (Dji/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -