Mematikan Suara Kamera iPhone yang Mengganggu, Intip Metodenya!

mematikan suara kamera iphone
Ilustrasi Mematikan Suara Kamera iPhone. Foto: Ist/Net

Mematikan suara kamera iPhone dapat anda lakukan secara lebih efektif. Meskipun tidak seperti pada perangkat Android yang mempunyai pengaturan langsung pada aplikasi kamera, namun para pengguna iPhone tetap dapat menghilangkan suara jepretan ketika mengambil gambar dengan beberapa metode.

iPhone merupakan salah satu perangkat mobile yang telah memperoleh kelengkapan fitur kamera berkualitas. Dengan menggunakan perangkat iPhone ini, maka aktivitas memotret dapat menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan.

Baca Juga : Compress Video di iPhone Tanpa Mengurangi Kualitas, Ini Caranya!

Meski demikian, terdapat beberapa orang yang sering merasa terganggu dengan tebakan yang dihasilkan oleh kamera iPhone ketika pengambilan gambar berlangsung.

Mereka ingin suara kamera tersebut dapat dihilangkan hingga tak terdengar lagi. Hal ini tentunya harus dilakukan dengan menggunakan beberapa metode cara cepat untuk mematikan suara dari kamera iPhone tersebut.

Inilah Cara Mematikan Suara Kamera iPhone

Salah satu alasan mengapa hingga saat ini iPhone masih menjadi smartphone yang paling banyak penggemarnya adalah dari segi kamera.

Apabila membahas mengenai kamera iPhone, maka pengguna pun tentu lebih paham mengenai bunyi yang terdengar pada saat proses pengambilan gambar dengan perangkat ini.

Hal ini menjadi salah satu yang banyak para pengguna iPhone keluhkan. Pasalnya, dalam perangkat ini tidak terdapat fitur untuk mematikan suara kamera iPhone. Lain dengan perangkat Android yang mempunyai pengaturan langsung pada aplikasi kamera.

Akan tetapi, ada beberapa negara yang tidak memperbolehkan bunyi shutter kamera untuk dimatikan. Seperti negara Jepang dan Korea Selatan. Hal ini bertujuan untuk cegah pengguna ambil foto secara diam-diam tanpa seizin orang yang akan difoto.

Baca Juga : Cara Mengubah Emoji Android Menjadi iPhone, Berikut Pilihan Caranya

Namun anda tidak perlu khawatir, anda tetap dapat menghilangkan suara jepretan ketik pengambilan foto melalui perangkat iPhone. Berikut ini beberapa cara mematikan suara kamera iPhone yang dapat anda lakukan, antara lain:

Menggunakan Tombol Silent

Pemakaian tombol silent merupakan cara termudah untuk memotret gambar tanpa bunyi pada iPhone. Adapun caranya cukup dengan menggeser tombol flip untuk pengaturan silent yang terdapat pada sisi samping kiri iPhone anda.

Selanjutnya geser tombol tersebut hingga anda dapat melihat garis orange yang terdapat pada atas tombol tersebut. Hal ini berarti anda sudah dalam mode silent.

Menggunakan Fitur Video

Salah satu cara mematikan suara kamera iPhone yang mungkin tidak terpikirkan oleh sebagian besar pengguna. Untuk menggunakan cara ini, maka pengguna harus masuk dalam aplikasi kamera.

Baca Juga : Touch ID iPhone Rusak, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Selanjutnya mulailah mengambil video dengan menggunakan fitur video. Langkah berikutnya, ambil gambar yang anda inginkan pada video tersebut dengan cara menekan bagian bulatan yang terdapat pada bagian samping kiri bawah layar iPhone anda.

Maka pada saat anda mengambil gambar dalam video, tanpa anda sadari suara kamera tidak akan terdengar. Anda pun tidak akan terganggu ketika proses mengambil gambar.

Menggunakan Menu Pengaturan

Cara mematikan suara kamera iPhone cukup mudah, antara lain:

  1. Langkah pertama buka menu setting untuk sentuhan pertolongan secara umumnya > Accessibility Assistive Touch
  2. Berikutnya aktifkan fitur Assistive Touch hingga berubah warna hijau,
  3. Pilih menu Customize Top Level Menu
  4. Lalu ketuk tombol + untuk memberikan menu baru pada Assistive Touch
  5. Selanjutnya berikan perintah Mute dari daftar yang ada
  6. Proses terakhir cukup menekan menu Mute pada fitur Assitisve Touch, pengaturan ini bertujuan untuk mematikan nada kamera pada perangkat iPhone.

Dengan Menggunakan Notifikasi

Pilihan cara mematikan suara kamera iPhone selanjutnya adalah dengan memanfaatkan notifikasi pada perangkat iPhone anda.

Pusat notifikasi ini terletak pada bagian layar sisi atas iPhone. Caranya dengan mengusapkan jari pada layar atas iPhone ke arah bawah.

Untuk menghilangkan suara kamera iPhone dapat anda lakukan dengan cara:

  1. Pertama buka kamera iPhone anda
  2. Selanjutnya atur fokus hingga siap anda gunakan untuk memotret.
  3. Ketika kamera telah siap, memunculkan pusat pemberitahuan ponsel dengan mengusap jari anda pada layar ke sisi atas.
  4. Berikutnya, setelah anda dapat memotret dengan tekan tombol volume serta suara tembakan kamera iPhone secara otomatis akan menjadi hilang atau tidak terdengar sama sekali.

Cara lain untuk mematikan suara kamera iPhone adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Salah satunya adalah dengan menggunakan Silent Camera-Spy Camera Free. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka suara kamera yang mengganggu pun tidak akan muncul lagi. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto