Bingung Memilih Franchise Minuman? Perhatikan Pertimbangan Ini?

memilih franchise minuman
Begini cara memilih franchise minuman. Foto: Ist/Net

Memilih franchise minuman sebaiknya Anda lakukan secara teliti dan selektif. Apalagi produk minuman termasuk yang paling banyak menjadi model bisnis waralaba ini. Ketelitian akan mencegah Anda dari risiko kerugian dari bentuk bisnis modern ini.

Saat ini bisnis waralaba menjadi pilihan para pengusaha karena memberikan jaminan usaha. Bisnis model ini memiliki sistem yang sudah teruji dan hasilnya lebih menguntungkan. Sehingga menawarkan peluang sukses yang lebih besar.

Salah satu bisnis waralaba yang tumbuh subur saat ini adalah bidang minuman. Bahkan sekarang banyak franchise minuman yang mampu berkembang pesat dan memiliki banyak peminat. Karena itu Anda juga bisa memilih bisnis waralaba minuman.

Baca Juga: Usaha Thai Tea, Franchise Minuman Murah yang Sedang Hits

Cara Memilih Franchise Minuman

Banyaknya bisnis waralaba saat ini terkadang membuat Anda bingung dalam memilih usaha waralaba yang cocok dan menguntungkan. Bahkan jika ada yang menawarkan dengan harga paket yang murah sebaiknya jangan langsung membelinya.

Jika Anda ingin menentukan pilihan untuk menjalankan bisnis franchise minuman, maka Anda harus mencari franchisor yang terbaik. Agar tidak salah dalam memilih franchise minuman yang baik, Anda perlu memahami beberapa tips berikut ini.

Bisnis yang Memiliki Izin

Bisnis untuk produk minuman harus memiliki standar keamanan yang jelas dan terpercaya. Hla ini juga sangat penting agar terhindar dari gangguan kesehatan yang malah akan merugikan konsumen.

Jika produk franchise minuman tidak memiliki izin keamanan resmi dari BPOM, Depkes atau MUI, maka sangat berisiko besar. Bahkan bisa saja Anda akan menerima tuntutan secara hukum atas produk yang kurang layak konsumsi.

Untuk menghindari hal tersebut, pastikan bisnis franchise yang Anda jalankan telah memiliki izin dari dinas yang berwenang. Dengan adanya izin resmi tersebut, maka konsumen akan lebih percaya dengan keamanan produk minuman yang Anda tawarkan.

Baca Juga: Ingin Membranding Bisnis Franchise Makanan Terlaris? Baca Ini Dulu!

Pilih Franchise yang Terkenal

Perhatikan nama atau brand yang sudah populer atau banyak orang yang mengenalnya sebelum Anda memilih franchise minuman. Ada banyak keuntungan dan kemudahan dengan brand yang sudah terkenal.

Jika Anda memilih brand yang terkenal, maka masyarakat akan tertarik untuk membeli produk minuman tersebut karena sudah sangat familiar. Jika banyak orang tertarik, maka Anda bisa dengan mudah untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Memiliki Banyak Cabang

Pilihlah franchise minuman yang sudah memiliki banyak cabang. Dengan  semakin banyak cabang yang ada, maka akan semakin besar pula segmen pasarnya. Hal tersebut membuktikan bahwa franchise itu memang sudah populer bagi banyak orang.

Selain itu, Anda juga perlu untuk mencermati peta persaingan dari bisnis tersebut. Termasuk apakah cabang banyak tersebut menjadi peta persaingan yang baik atau malah justru membuat semakin ketatnya persaingan.

Sesuaikan Franchise dengan Modal yang Ada

Berbeda jenis bisnis franchise, tentu beda juga dengan modal yang harus Anda keluarkan. Oleh karena itu, Anda perlu memilih franchise minuman yang sesuai dengan anggaran modal yang Anda miliki.

Biasanya untuk bisa membuka cabang dari bisnis franchise produk minuman, paket franchise yang mereka tawarkan cukup bervariasi. Mulai dari harga Rp 3,5 jutaan untuk yang mini booth hingga ratusan juta.

Memiliki Kredibilitas yang Jelas

Faktor terpenting lainnya dalam memilih franchise minuman yaitu suatu hal yang berkaitan dengan kredibilitas produk dan perusahaan. Tak hanya perusahaan franchisor yang harus kredibel namun produknya juga harus berkualitas.

Pastikan Anda memilih kerja sama dengan produk yang sudah jelas terbukti kualitasnya dan memiliki kredibilitas yang baik. Kredibilitas yang baik ini bisa Anda lihat dari hasil laporan keuangan perusahaan tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa mencari berbagai informasi lainnya dari internet. Perusahaan yang bisa bekerja sama dengan baik biasanya akan transparan dalam hal laporan keuangannya.

Jangan sampai Anda tergiur untuk bekerja sama dengan harga paket waralaba yang murah. Karena harga yang rendah belum tentu perusahaan tersebut memiliki kualitas yang baik.

Itulah beberapa cara dan tips penting dalam memilih franchise minuman yang sebaiknya Anda perhatikan. Hal ini harus menjadi pertimbangan Anda sebelum memutuskan untuk membeli dan bergabung dengan suatu bisnis franchise yang ada. (R11/HR Online)

Editor: Jujang