Selasa, Desember 7, 2021
BerandaBerita TerbaruMemperbaiki Kaca Mobil Retak, Lakukan 4 Langkah Ini Secara Berurutan

Memperbaiki Kaca Mobil Retak, Lakukan 4 Langkah Ini Secara Berurutan

Memperbaiki kaca mobil retak sebenarnya bisa anda lakukan sendiri. Langkah yang bisa anda lakukan dengan beberapa cara, bahkan anti ribet. Namun, hal ini bisa anda lakukan dari tingkat keparahannya.

Ada banyak faktor yang bisa mengakibatkan kaca mobil retak. Kaca mobil menjadi komponen penting. Komponen tersebut mampu mempengaruhi jarak pandang pengemudi.

Sehingga ketika kaca bermasalah, justru bisa mengakibatkan hal yang buruk. Saat komponen retak misalnya, akan mengganggu jarak pandang pengemudi.

Jika keretakan terjadi tidak terlalu parah, sebenarnya anda bisa mengatasinya sendiri. Ketika mobil mengalami benturan, bisa mengakibatkan kaca retak bahkan pecah.

Baca Juga : Pelindung Kaca Mobil, Gunakan Tips Memilih yang Berkualitas Bagus

Kondisi tersebut jangan anggap sepele. Tak hanya bisa mengakibatkan jarak pandang bermasalah, namun juga membahayakan keselamatan.

Lantas bagaimana cara tepat untuk memperbaiki kaca mobil retak? Sebaiknya jangan terburu-buru membawanya ke bengkel untuk menggantinya.

Cara tersebut membutuhkan biaya yang banyak. Agar anda tidak merasa kerepotan, sebenarnya bisa mengatasinya sendiri dengan langkah yang tepat.

Sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Sebagai pemilik kendaraan, anda perlu mengetahui cara yang tepat ketika komponen bermasalah.

Mungkin bagi pecinta otomotif, cara tersebut cukup mudah. Namun, bagi anda yang tidak mengerti sama sekali, jangan takut. Gunakan cara mudah dalam mengatasi kaca mobil retak. Cara ini hanya bisa dilakukan ketika kondisinya tidak terlalu parah.

Cara Mudah Memperbaiki Kaca Mobil Retak

Kaca mobil retak menjadi salah satu masalah yang sering terjadi. Beberapa faktor dapat menimbulkan masalah tersebut. Cara cepat untuk mengatasinya yaitu dengan mengganti kaca baru.

Akan tetapi, cara tersebut kurang tepat. Sebab, biaya yang harus anda keluarkan cukup besar. Kaca mobil yang retaknya berukuran maksimal sebesar uang koin pecahan, masalah ini bisa teratasi dengan melakukan repair.

Maksudnya anda bisa melakukan suntik kaca atau las kaca. Sebaiknya sebelum memperbaikinya, anda cek dulu tingkat keparahan kaca tersebut.

Jika tidak terlalu parah, berikut ini ada beberapa solusinya. Anda bisa memperbaiki kaca mobil retak sendiri dengan tepat.

1. Perhatikan Tingkat Keparahannya

Sebelum anda memperbaiki kaca mobil yang retak, sebaiknya cek dulu kondisinya. Pastikan retakan yang terjadi tidak terlalu parah.

Jika lubang berukuran kurang dari 12 inci, masih bisa anda perbaiki. Namun jika kondisinya sudah terlalu besar, sebaiknya ganti saja.

Baca Juga : Kaca Mobil Buram, Inilah Cara Tepat untuk Mengatasinya

Selain itu, lokasi retakan juga bisa mempengaruhi perbaikan. Jika lokasinya cukup sulit, sebaiknya ganti saja. Jika lokasinya memanjang dari panel eksterior dan menembus interior, maka akan sulit diperbaiki.

2. Bersihkan Kaca

Sebelum anda melakukan perbaikan, langkah yang tepat yaitu membersihkan kaca. Pastikan debu dan kotoran hilang serta terlepas dari kaca yang retak. Setelah itu, anda baru bisa memperbaiki kondisi kaca pada mobil yang retak.

Jangan biarkan terpapar sinar matahari. Alangkah sebaiknya anda letakkan kendaraan pada tempat yang teduh. Hindari perbaikan pada kondisi panas. Sebaiknya anda buka jendela hingga permukaan kaca terasa lebih dingin.

3. Suntikan Resin

Setelah dua langkah sebelumnya sudah anda lakukan, barulah berikan suntikan resin. Teknik yang satu ini bisa anda lakukan pada kondisi kaca yang retak memanjang.

Anda bisa menggunakan perlengkapan khusus yang biasa disebut dengan windshield repair kit. Anda bisa membelinya dengan mudah. Pada umumnya, satu set reparasi terdiri dari cairan resin, suntikan, segel perekat, pedestal, dan pisau cukur.

Baca Juga : Poles Kaca Mobil Bisa Atasi Baret dan Goresan dengan Cepat

Anda bisa menggunakan cara memperbaiki kaca mobil retak dengan teknik ini. Selain mampu merekatkan kaca yang retak, resin juga mencegah retakan lebih besar.

4. Ratakan dengan Pisau Cukur

Cara terakhir dalam memperbaiki kaca mobil retak yaitu meratakannya dengan pisau cukur atau safety razor. Cara ini perlu anda lakukan untuk menghilangkan gelembung udara yang ada.

Selanjutnya anda bisa letakkan mobil di bawah sinar matahari langsung. Diamkan kurang lebih 15 menit. Barulah anda bisa lihat apakah hasil perbaikan sempurna.

Ketika anda mengalami masalah ini, jangan tergesa-gesa membawanya ke bengkel. Bahkan untuk segera mengganti yang baru. Karena peranan kaca cukup penting, sebaiknya untuk selalu menjaganya. Ketika masalah terjadi, jangan panik.

Gunakan cara memperbaiki kaca mobil retak sendiri dengan langkah yang tepat. Dengan catatan, kerusakan komponen tidak terlalu parah. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -