Mempersiapkan Program Kehamilan, Lakukan Hal Penting Ini

mempersiapkan program kehamilan
Pentingnya mempersiapkan program kehamilan. Foto: Ist/Net

Mempersiapkan program kehamilan tidak bisa kita lakukan seadanya. Ada sejumlah langkah penting yang mesti Anda lakukan. Selain agar cepat bisa hamil juga untuk menjaga kesehatan ibu dan calon janin nantinya. Apa saja langkah itu?

Mempunyai momongan sesegera mungkin memang sangat indah. Siapa saja Anda yang telah menikah tentunya akan sangat antusias mendengar kata momongan dalam biduk rumah tangga yang Anda bangun dan jalankan.

Hanya saja agar kehamilan bisa sempurna dan tak ada hambatan sedikitpun tentu saja memerlukan berbagai macam persiapan penting. Persiapan ini harus  Anda lakukan sebelum program kehamilan benar-benar akan Anda laksanakan.

Baca Juga: Ingin Mencegah Keguguran Kehamilan? Ini Cara Mudah yang Efektif!

Dengan melakukan berbagai macam persiapan sebelum program kehamilan dilaksanakan tentu saja nantinya akan ada banyak keuntungannya. Terutama untuk mendapatkan kehamilan yang sehat.

Langkah Penting Mempersiapkan Program Kehamilan

Dengan persiapan yang baik Anda akan lebih mengetahui seperti apa cara-cara yang tepat dalam merawat kandungan sampai persalinan tiba. Nah, berikut ini berbagai langkah penting mempersiapkan program kehamilan yang perlu Anda lakukan.

Konsumsi Makanan Kaya Asam Folat

Mengonsumsi berbagai macam bahan makanan yang kaya akan kandungan asam folat sangat penting untuk Anda yang ingin hamil.

Dengan mengonsumsi 400 mcg asam folat setiap hari selama sebulan sebelum hamil berarti Anda telah mempersiapkan gizi untuk trimester awal kehamilan. Menunjang kehamilan dengan suplemen asam folat sangat penting.

 Anda dapat menemukan makanan yang kaya asam folat yang tinggi pada sejumlah jenis. Seperti ikan-ikan air tawar, kacang-kacangan (almond, kedelai dan sejenisnya), buah-buahan, dan sayuran.

Menyiapkan Stok Makanan Sehat

Anda juga harus mulai memilih dan menyusun menu makanan yang bergizi dalam mempersiapkan program kehamilan. Sehingga nantinya tubuh Anda akan tercukupi nutrisi yang Anda butuhkan untuk dapat menerima kehamilan yang sehat.

Anda dapat coba mengonsumsi minimal 2 cangkir sayuran dan buah setiap hari. Siapkan juga stok makanan dan camilan sehat dalam kulkas supaya Anda tidak bingung setidaknya untuk 1 minggu.

Beberapa makanan yang perlu Anda siapkan seperti buah-buahan. Jeruk dan yoghurt juga harus ada dalam daftar makanan Anda karena sangat baik untuk persiapan kehamilan.

Menjaga Berat Badan Ideal

Anda juga perlu melakukan diet yang sehat dalam rangka mempersiapkan program kehamilan Anda. Baik dengan mengatur menu makannya, olahraga, maupun menjauhi hal yang merugikan tubuh.

Wanita yang mempunyai peluang lebih besar untuk hamil adalah wanita dengan berat badan ideal dan sehat. Karena itu agar Anda berpeluang besar untuk hamil coba untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Baca Juga: Ciri-Ciri Hamil Muda, Perhatikan dan Lakukan Tips Menjaga Kehamilan

Ada sejumlah aspek yang juga penting Anda perhatikan. Seperti memenuhi asupan gizi dan istirahat yang cukup. Anda juga perlu mengelola stres dan tekanan mental dengan baik.

Pemeriksaan Pra Kehamilan

Langkah penting selanjutnya dalam mempersiapkan program kehamilan adalah melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan ini penting untuk memastikan kondisi Anda sebelum hamil. Berikut ini pemeriksaan penting untuk wanita dalam persiapan kehamilan.

Pemeriksaan virus rubella atau yang terkenal dengan campak Jerman, cytomegalovirus, herpes simplex genital, atau varicella zoster. Ini berguna untuk menghindari terjadinya cacat pada janin nantinya.

Ada baiknya Anda yang memang ingin segera hamil melakukan pemeriksaan virus hepatitis. Baik pemeriksaan hepatitis A, B dan C serta juga pemeriksaan virus HIV. Tujuan melakukan pemeriksaan tersebut adalah menghindari menurunnya penyakit akibat virus-virus tersebut kepada janin.

Sebaiknya Anda yang sedang mempersiapkan kehamilan juga melakukan pemeriksaan toxoplasmosis yang dapat menyebabkan cacat janin dan abortus. Ini juga sangat penting Anda terapkan selama persiapan kehamilan.

Lakukan pemeriksaan penyakit seks menular juga penting untuk mempersiapkan program kehamilan. Hal ini karena penyakit ini dapat menyebabkan kematian pada ibu hamil dan bayi yang ada Anda kandung.

Pemeriksaan penyakit turunan yang sedang Anda derita. Seperti penyakit asma, diabetes melitus, dan penyakit jantung. Pada wanita hamil, penyakit seperti ini dapat bertambah berat dan berbahaya jika tidak melakukan perawatan dan pengobatan secara rutin.

Anda juga perlu melakukan pemeriksaan penyakit akibat kekurangan zat atau nutrisi tertentu. Seperti kekurangan zat besi atau lainnya. Deteksi sejak dini ini berguna mencegah anemia dan kelahiran prematur.

Itulah berbagai langkah penting yang perlu bunda lakukan untuk mempersiapkan program kehamilan. Selain untuk mendapatkan kehamilan yang sehat, berbagi risiko selama hamil dan persalinan bisa Anda antisipasi. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu