Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita CiamisMencegah Pencemaran Lingkungan, DPRKPLH Ciamis Bina Pengusaha

Mencegah Pencemaran Lingkungan, DPRKPLH Ciamis Bina Pengusaha

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dalam upaya mencegah pencemaran lingkungan, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, gencar melakukan pembinaan kepada sejumlah pengusaha. Baik bidang industri pabrik maupun rumahan.

Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DPRKPLH Kabupaten Ciamis, Deasy Ariyanto mengatakan, pembinaan ini sebagai upaya mengantisipasi terjadinya pencemaran lingkungan yang berasal dari limbah perusahaan. Baik itu pengolahan makanan maupun peternakan unggas.

Dalam kegiatan tersebut, DPRKPLH mengingatkan kepada para pelaku usaha, baik perusahaan maupun perorangan agar tidak membuang limbah sembarang. Sehingga tidak terjadi pencemaran lingkungan.

“Untuk tahun ini baru ada dua pengaduan dari masyarakat terkait pencemaran lingkungan. Namun kami langsung tindak lanjuti dan memberikan pembinaan dan pengarahan kepada perusahaannya,” kata Ariyanto, Jumat (12/03/2021).

Baca Juga : Punya Nilai Ekonomi, DPRKPLH Ciamis Ajak Masyarakat Menabung Sampah

Menurutnya, sejauh ini tidak ada pengaduan pencemaran lingkungan yang bisa dibilang parah. Jadi pengaduan dari masyarakat masih relevan.

Meski begitu, banyak masyarakat yang mengeluh terkait pencemaran lingkungan pada saat musim kemarau, dan yang menjadi penyebabnya adalah limbah tahu.

“Untuk mencegah pencemaran lingkungan, kami telah melakukan pembinaan kepada para pelaku usaha tahu agar membuang limbahnya ke sungai atau tempat lainnya,” terangnya.

Ariyanto juga mengatakan, dalam kegiatan monitoring dan dan pembinaan, Bidang PPKLH bekerjasama dengan Bidang Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan.

Kemudian, terkait pencemaran lingkungan, bagi masyarakat yang ingin melakukan pengaduan bisa langsung datang ke Kantor DPRKPLH Kabupaten Ciamis, atau juga bisa melalui media sosial.

“Kami selalu merespon apapun terkait keluhan masyarakat. Apalagi menyangkut pencemaran lingkungan,” pungkasnya. (Feri/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah