Sabtu, Oktober 16, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Jerawat Bernanah dengan Bahan Alami yang Efektif

Cara Mengatasi Jerawat Bernanah dengan Bahan Alami yang Efektif

Cara mengatasi jerawat bernanah salah satunya dengan menggunakan bahan herbal. Ada banyak pilihan herbal yang bisa kita gunakan sesuai kebutuhan. Namun dalam mengatasi jerawat agar berhasil perlu dibarengi dengan perawatan wajah.

Jerawat merupakan salah satu jenis gangguan kulit yang paling populer. Mengutip dari Wikipedia, jerawat terjadi akibat tersumbatnya pori-pori kulit wajah sehingga menyebabkan peradangan.

Gangguan jerawat termasuk jenis acne vulgaris yang sering terjadi. Ada banyak jenis gangguan ini, seperti jerawat batu, jerawat pasir, hingga yang bernanah. Adanya nanah dalam kantung jerawat menyebabkan akan pecah jika tersenggol atau terpencet.

Untuk mengatasi jerawat bernanah sebenarnya tak berbeda dengan penanganan jenis jerawat umumnya. Selain dengan menggunakan bahan-bahan alami, Anda juga perlu menjaga kebersihan wajah dan menjauhi pantangannya.

Selain karena kebersihan kulit wajah yang kurang terjaga, gangguan ini juga bisa terjadi karena adanya perubahan hormon yang memicu produksi minyak berlebihan. Seperti saat haid, kehamilan, hingga tekanan psikis atau stres.

Beragam Cara Mengatasi Jerawat Bernanah

Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami masalah jerawat bernanah, perlu menjaga kebersihan wajahnya. Langkah ini penting agar peradangan yang terjadi tidak menjadi semakin parah.

Sedangkan untuk penanganannya, Anda bisa menggunakan berbagai bahan alami yang cukup efektif. Nah, berikut ini beberapa bahan alami yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengatasi jerawat bernanah.

Oleskan Bawang Putih

Salah satu alternatif yang bisa kita lakukan untuk mengatasi jerawat yang meradang adalah dengan menggunakan bawah putih. Anda bisa langsung menumbuk tiga siung bawang putih sampai halus.

Baca Juga: Penyebab Muncul Jerawat Pasir di Wajah dan Cara Mencegahnya

Setelah itu segera saja oleskan bawang putih halus ini pada area wajah yang mengalami jerawat. Tunggu dan biarkan sekitar 15 menit, baru Anda bilas wajah dengan air bersih.

Oleskan Lidah Buaya

Bahan alami lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi jerawat bernanah adalah lidah buaya. Herbal ini mengandung polifenol yang berfungsi untuk mengobati jerawat secara menyeluruh.

Untuk cara menggunakannya cukup mudah. Anda tinggal mengambil gel dan menuangkannya ke mangkuk. Setelah itu oleskan pada wajah setelah sebelumnya Anda bersihkan terlebih dahulu. Diamkan 20-30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Oleskan Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki sifat yang segar dan sampai saat ini banyak orang mengenalnya sebagai good drinking. Dalam buah ini juga terdapat kandungan antibiotik dan antiseptik yang dapat secara ampuh menghilangkan dan membasmi jerawat.

Termasuk untuk mengatasi jerawat bernanah juga dapat kita atasi secara maksimal dengan menggunakan olesan jeruk nipis ini. Lakukan beberapa hari hingga jerawat mereda.

Cuka Apel

Bahan lain yang juga efektif adalah dengan menggunakan cuka apel. Cairan dari sari buah apel ini mengandung antiseptik dan senyawa kimia yang berkhasiat membasmi bakteri yang menyerang jerawat.

Cara dengan menggunakan kapas atau cotton bad. Celupkan ujung kapas pada cuka apel dan oleskan pada jerawat tanpa perlu menekan. Biarkan sekitar 5 menit sebelum membilasnya dengan air.

Oleskan Madu

Dalam madu juga terdapat kandungan yang mempunyai nilai gizi tinggi. Selain sangat baik untuk kesehatan tubuh, pada sisi lain herbal ini juga sangat efektif untuk mengatasi jerawat bernanah, komedo, maupun jenis gangguan kulit lainnya.

Mengoleskan madu pada wajah berguna untuk mengurangi dan membersihkan kulit wajah yang berjerawat. Untuk menggunakannya Anda bisa langsung siapkan madu murni. Pastikan madunya asli tanpa campuran apapun.

Baca Juga: Tips Menggunakan Skincare Wajah agar Bebas dari Jerawat

Kemudian oleskan madu murni secara merata ke muka Anda. Diamkan dan tunggu kurang lebih selama 20 menit agar nutrisinya meresap ke kulit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat dan keringkan wajah dengan handuk.

Menjauhi Pantangan Jerawat

Gangguan acne vulgaris sangat sensitif terhadap kondisi lingkungannya. Karena itu untuk mengatasi jerawat bernanah Anda juga perlu mengenal dan memahami berbagai pantangan agar kondisi tidak semakin parah.

Penderita jerawat ini sebaiknya menjauhi makanan berlemak, manis, atau yang berkarbohidrat terlalu banyak. Mengonsumsi makanan ini justru akan menyebabkan peradangan kulit menjadi semakin berat.

Anda yang sedang mengalami jerawat sebaiknya juga menghindarkan udara yang kotor. Hal ini penting agar radang tidak terkontaminasi kotoran atau bakteri yang bisa membuat kondisi semakin parah.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan masalah jerawat khususnya mengatasi jerawat bernanah. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami ini sebagai perawatan wajah secara teratur untuk melindungi dan membuat wajah selalu cerah jauh dari gangguan. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img