Menghilangkan Jamur di Jok Mobil Bahan Kulit dengan Cairan Pembersih

Menghilangkan Jamur di Jok Mobil Bahan Kulit dengan Cairan Pembersih
Ilustrasi Menghilangkan Jamur di Jok Mobil. Foto: Ist/Net

Menghilangkan jamur di jok mobil memang tidak semudah jika terkena noda saja. Namun, masalah ini perlu anda atasi agar kondisi kabin tetap dalam keadaan bersih dan wangi.

Mobil menjadi salah satu kendaraan pribadi yang memiliki fungsi cukup penting. Salah satunya untuk alat transportasi pribadi. Namun, untuk menjaga tampilan mobil dalam keadaan baik yaitu dengan mencucinya. Apalagi ketika musim hujan mobil memiliki peranan yang cukup penting.

Saat musim hujan pun anda harus lebih sering membersihkan kendaraan. Salah satunya cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan mencucinya. Sayangnya, hanya beberapa orang yang memperhatikan kebersihan interior. Padahal interior dan eksterior mobil perlu anda jaga kebersihannya.

Sebab, mampu mempengaruhi tingkat kenyamanan dalam mengemudi. Jok mobil misalnya, memiliki peranan yang cukup penting dalam membuat pengemudi merasa nyaman.

Saat kondisinya kotor perlu segera anda bersihkan. Hal ini bertujuan agar noda tersebut tidak meninggalkan bekas. Bahkan justru bisa menjadi jamur.

Baca Juga : Cara Membersihkan Jok Mobil Bahan Kain, 4 Langkah yang Tepat

Cara Menghilangkan Jamur di Jok Mobil dengan Aman

Kabin yang lembab memiliki tingkat tumbuhnya jamur pada bagian jok mobil. Apalagi, jika bahannya terbuat dari kain tentu jamur akan mudah bersarang.

Bahkan, saat anda kurang merawat interior mobil bagian panel-panel dashboard pun akan mudah tumbuh jamur. Agar tidak terjadi hal tersebut sebaiknya merawat mobil secara rutin.

Jika kondisinya sudah terlanjur tumbuh jamur anda akan kesulitan dalam mengatasinya. Menghilangkan jamur di jok mobil bisa anda lakukan dengan cepat dan aman.

Perubahan cuaca dari panas menjadi hujan mampu mempengaruhi kelembaban pada interior mobil. Hal ini mampu memicu tumbuhnya jamur baik pada dashboard atau jok mobil berbahan kain.

Jok mobil memiliki berbagai macam bahan yang digunakan. Namun, salah satu yang cukup sering digunakan yaitu bahan kain.

Tanpa cover kulit, bahan kain sangat rentan terkena noda. Sehingga, anda perlu memberikan perawatan secara tepat. Karena, noda makanan dan minuman bisa saja mengotori bagian tersebut.

Jika hal ini terjadi dan tidak anda segera bersihkan menimbulkan jamur datang. Apalagi, saat cuaca lembab dan mobil jarang digunakan tentu jamur akan mudah tumbuh.

Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Anda tidak perlu bawa ke salon mobil karena biayanya cukup mahal. Saat jok mobil terkena jamur gunakan cara berikut ini yaitu:

Baca Juga : Karet Pintu Mobil, Tips Merawatnya Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

1. Siapkan Peralatan

Cara menghilangkan jamur di jok mobil bisa anda lakukan sendiri. Namun, sebaiknya anda siapkan terlebih dulu beberapa perlengkapannya.

Beberapa peralatan tersebut antara lain vacuum cleaner, sikat, cairan pembersih, pemutih, dan sponge. Kemudian, ada pula bahan lainnya yaitu sabun cuci piring, kain microfiber dan masker.

2. Vacuum Cleaner atau Sikat Halus

Langkah selanjutnya dalam menghilangkan jamur di jok mobil yaitu dengan vacuum cleaner. Sebaiknya gunakan masker untuk melindungi anda terhindar dari uap jamur dan debu.

Buka seluruh pintu mobil agar mendapatkan sirkulasi udara. Sedot debu dan kotoran yang menempel pada jok mobil dengan vacuum cleaner.

Namun, jika anda tidak memilikinya bisa gunakan sikat berbulu halus. Sikat jamur satu arah menuju lantai kabin. Sehingga, memudahkan anda saat membersihkannya.

Tahap yang satu ini menjadi langkah pertama agar kotoran tidak semakin menempel.

Baca Juga : Komponen Transmisi Otomatis pada Mobil Matic dan Fungsinya

3. Gunakan Cairan Pembersih Jamur

Cairan pembersih jamur berasal dari campuran pemutih dan sabun cuci piring yang berbentuk cair. Anda bisa campurkan kedua bahan tersebut dengan komposisi 1:1 dalam satu wadah.

Campuran kedua cairan tersebut dipercaya mampu mencegah jamur datang kembali. Gunakan sponge untuk menghilangkan jamur di jok mobil.

Kemudian, celupkan pada kombinasi cairan tersebut dan gosokkan pada permukaan jok mobil yang tumbuh jamur. Usapkan satu arah agar kain tidak mudah rusak.

4. Gunakan Microfiber

Setelah anda menerapkan beberapa langkah sebelumnya segera keringkan. Anda bisa gunakan kain microfiber untuk mengeringkan semua permukaan jok yang diolesi pembersih jamur.

Setelah selesai, biarkan pintu mobil dalam kondisi terbuka. Biarkan kurang lebih 30 menit. Sebab, cahaya matahari mampu membantu mengeringkan jok tersebut.

Selain itu, panaskan mobil minimal 2 minggu sekali dan membuka semua pintu mobil. Gunakan cara menghilangkan jamur di jok mobil dengan langkah yang tepat. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah