Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita TerbaruIngin Menjaga Jantung Sehat Selalu? Lakukan Kebiasaan Baik Ini!

Ingin Menjaga Jantung Sehat Selalu? Lakukan Kebiasaan Baik Ini!

Dalam menjaga jantung sehat tidak bisa hanya dengan menghindari rokok atau minuman beralkohol. Untuk memiliki jantung sehat Anda juga perlu rajin berolahraga untuk menyeimbangkan asupan makanan sehat dan aktivitas sehari-hari. Termasuk pola tidurnya.

Jantung merupakan organ yang vital untuk kelangsungan hidup kita. Tanpa jantung, kita tidak akan bisa hidup dan bernapas dengan normal. Namun gaya hidup modern yang serba instan bisa jadi ikut mempengaruhi fungsi jantung Anda.

Saat ini makin banyak jenis makanan instan yang bermunculan. Tidak hanya dari segi makanan, aktivitas Anda pun bisa memengaruhi kinerja jantung yang sehat. Itu hanya sebagian faktor yang memicu semakin tingginya kasus gangguan jantung.

Oleh sebab itu sangat penting menjaga jantung sehat Anda dengan tepat dan mudah. Menjaga kesehatan jantung sangat berguna untuk membantu kita menjalani aktivitas sehari-hari tanpa adanya gangguan yang berbahaya.

Seperti yang kita tahu bahwa sekarang ini banyak aktivitas yang menyita waktu kita. Kondisi ini tentunya akan membuat kita tidak bisa menjalankan suatu program atau cara dalam menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga : Jaga Kesehatan Jantung dengan Makanan Terbaik

Cara Menjaga Jantung Sehat

Jantung adalah pusat organ tubuh yang sangat vital. Anda akan merasa sehat jika memiliki jantung yang sehat juga. Untuk menjaga kesehatan jantung dengan tepat membutuhkan sikap yang konsisten.

Untuk itu Anda perlu membuat program dengan jadwal yang jelas dan bisa Anda jalankan secara rutin. Berikut ini beberapa cara menjaga jantung sehat yang perlu Anda lakukan secara konsisten dan rutin. bagi

Rutin Melakukan Olahraga

Usahakanlah untuk melakukan olahraga selama 5 kali dalam satu minggu. Jika Anda tidak bisa meluangkan waktu pada pagi hari, cobalah mengikuti kelas kebugaran pada sore atau malam hari setelah selesai bekerja.

Namun jika Anda merasa sore dan malam adalah waktu untuk istirahat ada baiknya jika Anda merelakan waktu tidur Anda pada pagi hari. Cobalah untuk bangun lebih pagi untuk melakukan lari atau hanya berjalan saja setiap hari.

Dengan melakukan kebiasaan baik ini akan berguna membantu jantung Anda tetap sehat. Olahraga ringan yang rutin akan terus memacu dan melatih kerja jantung menjadi lebih baik.

Baca Juga : Jantung Berdebar Kencang dan Badan Lemas? Ini Yang Harus Anda Tahu!

Konsumsi Makanan Sehat

Cara menjaga jantung sehat juga bisa dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Untuk itu Anda sebaiknya mengurangi membeli makan dari restoran atau kantin kantor Anda.

Mulailah untuk membawa bekal makanan sendiri dari rumah. Karena dengan membawa bekal tersebut selain bisa menghemat, Anda juga bisa mengatur pola makan dengan menu makanan yang Anda butuhkan proses pembuatannya.

Anda perlu membuat menu makanan yang variatif untuk memenuhi kebutuhan nutrisi jantung maupun tubuh. Dengan cara semacam ini Anda bisa memberikan asupan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan jantung Anda.

Jauhi Rokok

Kurangilah kebiasaan merokok untuk menjaga jantung sehat. Rokok memang menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit jantung. Karena dengan menghisap rokok Anda membiarkan beberapa zat berbahaya masuk ke dalam tubuh melalui peredaran darah.

Sedangkan kerja peredaran darah tersebut berkaitan dengan kerja jantung. Maka itu sangat berbahaya jika Anda terus mengonsumsi rokok. Dengan menguranginya Anda bisa menargetkan untuk segera menghentikan dan menjauhinya.

Baca Juga : Gejala Jantung Lemah, Tanda, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Rutin Periksa Kesehatan

Menjadwalkan pemeriksaan rutin kesehatan Anda juga penting untuk menjaga jantung sehat. Dengan begitu Anda akan mengetahui kondisi tubuh dalam keadaan yang sehat atau harus menjalani suatu treatment khusus agar Anda tetap sehat.

Pemeriksaan ini sangat penting untuk Anda lakukan. Selain menjadwalkannya, tentunya Anda juga harus membuat anggaran yang cukup untuk melakukan pemeriksaan ini. Namun cara ini jauh lebih murah ketimbang mengalami gangguan jantung.

Mengubah Pola Tidur

Selain dengan melakukan olahraga, mengatur pola makan dan pemeriksaan kesehatan, Anda pun harus mulai membiasakan diri untuk mengubah pola tidur menjadi dalam waktu-waktu yang sehat.

Mengutip sejumlah sumber, waktu tidur yang baik adalah sebelum pukul 22.00 malam. Dengan pola tidur yang sehat bukan hanya penting untuk jantung namun juga untuk membuat pikiran lebih santai dan fresh.

Itulah beberapa tips penting dalam menjaga jantung sehat yang tepat bagi Anda. Terlebih untuk Anda yang sibuk bekerja, bukanlah hal yang sulit untuk melakukan program sehat ini dengan tekad dan jadwal yang Anda buat. (R11/HR-Online/Editor : Eva Latifah)

- Advertisment -