Modifikasi Interior Mobil, Perhatikan Bagian-Bagian Ini Agar Lebih Nyaman

Modifikasi Interior Mobil
Ilustrasi Modifikasi Interior Mobil. Foto: Ist/Net

Modifikasi interior mobil seringkali menjadi salah satu faktor yang penting bagi para pecinta otomotif. Karena interior mobil adalah bagian penting sebuah kendaraan yang menentukan kenyamanan saat berkendara.

Biasanya interior mobil bawaan terkadang memberikan kesan yang monoton dan hanya begitu-begitu saja. Inilah mengapa para pecinta otomotif sering melakukan modifikasi terhadap mobilnya agar lebih nyaman.

Tentu saja, tak hanya mementingkan urusan kenyamanan, namun keselamatan wajib anda perhatikan saat melakukannya.

Tips Modifikasi Interior Mobil

Interior mobil merupakan salah satu faktor yang tak kalah penting untuk menciptakan kenyamanan saat duduk berjam-jam dalam sebuah mobil. Kemudian interior bawaan pabrik biasanya akan terlihat begitu-begitu saja dan menampilkan kesan yang terasa membosankan.

Dengan demikian, banyak pecinta otomotif ingin melakukan sejumlah modifikasi agar lebih betah berada di dalam mobil. Tentu saja modifikasi mobil dapat menjadi opsi menarik dan bagus. Terutama jika anda mengendarai mobil dalam rutinitas sehari-hari.

Keadaan dalam sebuah mobil yang menampilkan rasa nyaman dan bersih tentu saja membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan. Hal tersebut penting jika anda mengalami kemacetan serta pengguna jalan lain yang menyebalkan.

Baca juga: Pembersihan Interior Mobil, Dilakukan di Rumah Hasilnya Seperti di Salon

Terlepas dari kenyataan jika semua tipe mobil serta serinya telah hadir dengan berbagai fasilitas yang beragam. Mulai dari fitur dan juga sistem kenyamanan yang lengkap, tak sedikit orang yang ingin melakukan modifikasi mobil dengan penambahan beberapa hal untuk perubahan, misalnya interior.

Hal tersebut karena, setelah melakukan modifikasi interior mobil dengan model atau gaya tertentu, akan mampu menggambarkan kepribadian dan juga karakter si pemilik. Tentu saja ini berlaku baik untuk modifikasi bagian interior maupun eksterior mobil.

Meskipun banyak pecinta otomotif yang mengecek ulang atau memberikan aksesoris pada bagian eksterior mobil mereka agar lebih bergaya, modifikasi interior pun tak kalah penting untuk dilakukan.

Penambahan sejumlah unsur maupun fitur dekoratif bagian kabin atau interior bisa menambah rasa nyaman dan mood pengendara. Bahkan juga penumpang dalam perjalanan.

Terdapat banyak aksesoris atau variasi untuk modifikasi di pasaran yang bisa anda pilih. Anda hanya tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan, selera, dan juga budget yang ada. Jika bingung, berikut terdapat beberapa poin yang dapat anda modifikasi dari bagian dalam mobil.

Sarung Jok

Modifikasi Interior Mobil

Untuk modifikasi interior mobil yang pertama dapat anda mulai dengan cover atau sarung jok. Melakukan kustomisasi pada kursi atau jok akan bisa secara langsung mengubah penampilan dalam kabin atau interior mobil anda secara instan.

Terdapat banyak opsi bervariasi dari sarung jok yang bisa anda pakai untuk modifikasi. Kemudian tinggal menyesuaikannya terhadap warna dan tema mobil yang akan anda modifikasi.

Meskipun warna merupakan soal selera, namun tetap perhatikan kesesuaian warna keseluruhan. Pilih bahan jok yang tidak panas, karena anda akan menggunakannya untuk duduk dalam waktu lama.

Dashboard

Modifikasi interior mobil selanjutnya adalah pada dashboard atau dasbor. Jika dashboard anda terlihat sudah usang atau hanya ingin melakukan modifikasi saja, ada baiknya untuk membawanya ke bengkel variasi terpercaya pilihan anda.

Karena, cara modifikasi bagian dashboard memerlukan penanganan yang khusus dari ahlinya. Penanganan yang tepat akan memberikan hasil modifikasi yang memuaskan dan sesuai keinginan.

Sarung Stir

Modifikasi bagian interior mobil yang bisa anda lakukan adalah pada bagian sarung stir kemudi. Hal ini tentu menjadi solusi terbaik agar setir anda tidak mudah kusam dan kotor.

Sama halnya dengan memilih sarung untuk jok mobil, warna yang sesuai akan memberikan tampilan menarik dan lebih mewah. Misalnya anda bisa memberikan sentuhan warna kayu, kulit, maupun alternatif kashmir.

Sementara itu, terdapat banyak bahan yang baik dengan kelengkapan grip dan kenyamanan maksimal saat anda ingin mengontrol mobil selama berada di jalanan.

Headliner

Modifikasi Interior Mobil

Selanjutnya anda bisa modifikasi interior mobil pada bagian atap (headliner). Dengan memodifikasi bagian ini, anda akan benar-benar merubah penampilan bagian dalam mobil.

Baca juga: Variasi Jok Mobil Untuk Interior Agar Terlihat Semakin Mewah

Kemudian anda juga bisa membuat modifikasi tampilan layaknya bintang atau seperti atap mewah dengan kualitas bahan kulit yang terbaik. Jika anda lebih kreatif lagi, anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Terdapat berbagai sumber atau tutorial pembuatannya yang sangat unik dan menarik. Namun apabila anda ingin lebih menghasilkan modifikasi yang pasti, anda bisa mengandalkan bengkel variasi mobil yang sudah terbukti kualitas dan pengalamannya.

Pedal

Tak selesai pada bagian atau sisi-sisi yang terlihat jelas saja, anda bisa melakukan modifikasi untuk bagian tersembunyi atau ada pada bagian bawah dalam kabin.

Anda dapat mengganti aksesoris pedal yang simpel namun menyenangkan atau menggantinya dengan tema modifikasi interior mobil favorit lainnya.

Misalnya, anda dapat mengganti pedal bawaan pabrik dengan pedal bertema sport yang tampilannya seperti mobil balap. Kemudian anda juga bisa menggantinya dengan aksesoris pedal yang lebih mewah agar pedal anda terlihat lebih mentereng.

Tongkat Persneling

Untuk modifikasi yang simpel bisa anda lakukan dengan memberikan sentuhan apik pada bagian tongkat persneling. Dengan memberikan penutup variasi pada bagian ini, seperti model bilyard atau taburan emas dan berlian, dapat menampilkan sisi yang berbeda pada bagian interior mobil anda.

Meskipun anda memodifikasi sesuka hati dan selera, jangan lupa untuk memperhatikan sisi kenyamanan serta pegangannya. Jangan sampai anda merasakan kesulitan setelah melakukan modifikasi.

Lampu LED pada Lantai

Membuat penampilan mobil idaman menjadi lebih menarik dan unik mungkin dirasakan oleh sebagian pemiliknya, tak terkecuali anda.

Modifikasi interior mobil bisa anda lakukan pada lantai. Ini menjadi salah satu bagian menarik jika anda lakukan dengan aksesoris terbaik.

Pasanglah LED lamp untuk memberikan kesan tersebut. Bisa hadir dalam berbagai warna sesuai selera. Dengan pemberian LED, maka akan terdapat kesan yang syahdu, romantis, serta menjadikan malam hari dalam mobil terasa lebih nyaman.

Parfum Mobil

Modifikasi Interior Mobil

Tak ada satu orang pun yang betah duduk dalam mobil dengan keadaan yang pengap. Sehingga, kehadiran aroma yang wangi adalah unsur sangat penting dalam interior mobil anda.

Terdapat banyak sekali parfum mobil yang bisa anda peroleh pada minimarket-minimarket langganan dengan harga bervariasi.

Namun, jika anda akan membeli sebuah mobil mewah sekelas BMW yang terbaru, anda bisa membeli parfum yang memang sesuai dengan kualitas mobil anda tersebut.

Kulkas

Modifikasi interior mobil dapat anda lakukan dengan menambahkan kulkas atau lemari es mini sehingga menjadi lebih keren. Aksesoris atau bagian mobil ini akan sangat berguna saat anda menghabiskan banyak waktu dalam perjalanan.

Anda bisa menyimpan minuman dan makanan ringan dingin untuk sekedar camilan sepanjang perjalanan, bahkan saat kondisi jalanan yang macet.

Kursi Anak

Apabila anda mempunyai anak balita, anda bisa menambahkan kursi khusus dalam interior mobil. Terdapat banyak sekali aksesoris kursi dengan berbagai model, bentuk, hingga ukuran.

Bahkan anda bisa menambahkan interior mobil ini meskipun mobil anda bukan merupakan mobil mewah sekelas bintang top dunia.

Fitur Hiburan

Jika anda mempunyai dana yang lebih untuk melakukan modifikasi interior mobil, maka tak ada salahnya untuk memberikan tambahan fitur hiburan dengan layar monitor.

Baca juga: Manfaatkan Potensi Sabut Kelapa, Pabrik Interior Mobil Akan Berdiri di Pangandaran

Kemudian,layar monitor bisa anda letakkan pada bagian depan, bagian atas dashboard, maupun yang anda pasang menempel pada bagian sandaran belakang kursi.

Pemasangan layar monitor yang interaktif dengan tayangan favorit akan mempunyai fungsi sebagai salah satu hiburan untuk perjalanan panjang anda.

Car Organizer

Untuk modifikasi bagian interior, terdapat bagian yang tidak kalah penting untuk anda hadirkan, yakni car organizer. Bagian aksesoris yang bisa anda jadikan pelengkap modifikasi dalam kabin ini merupakan alat yang berfungsi untuk menata beberapa benda, minuman, maupun makanan agar terlihat lebih rapi.

Ada bisa memilih bahan yang waterproof atau sesuai selera. Letakkan pada bagian belakang kursi penumpang depan serta belakang kursi pengemudi. Dengan demikian, interior mobil tak hanya menarik, namun juga rapi.

Audio Mobil

Salah satu modifikasi interior mobil ini bersifat opsional. Aksesoris yang dapat anda lakukan dalam interior sebenarnya bisa menunjang perjalanan menjadi lebih nyaman. Khususnya, bagi anda yang telah terbiasa mendengarkan musik saat dalam perjalanan.

Namun, jangan lupa untuk memilih aksesoris yang kualitasnya terbaik. Lalu anda bisa mulai mencari tahu segala merk audio untuk mobil yang bagus dan jernih suaranya.

Hal-Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Modifikasi Mobil

Agar mobil anda terlihat lebih keren, maka ada beberapa hal yang wajib anda perhatikan sebelum memutuskan untuk melakukan modifikasi.

Budget atau Biaya

Tak dapat dipungkiri jika biaya menjadi salah satu pertimbangan yang cukup penting sebelum memutuskan melakukan modifikasi mobil.

Dengan tema sekeren apapun, jika biaya atau budget yang anda miliki kurang, maka rencana hanya tinggal rencana. Untuk langkah awal, anda bisa memilih modifikasi interior mobil secara sederhana serta tak menguras pengeluaran biaya yang banyak.

Anda bisa melakukan pergantian aksesoris kecil dengan menentukan komponen yang lebih murah. Selanjutnya, anda bisa membuat perhitungan dengan detail dalam memudahkan untuk menentukan bagian mana yang lebih dulu akan anda modifikasi.

Langkah ini membantu anda saat keuangan sedang dalam kondisi kurang stabil. Oleh karena itu, lakukan riset terlebih dahulu sebelum ingin mengganti atau menambahkan aksesoris interior mobil.

Tema atau Konsep

Kemudian, yang tidak kalah penting adalah dengan memilih konsep atau tema modifikasi. Banyak tema yang bisa menginspirasi anda. Lakukan diskusi dengan keluarga untuk menerapkan modifikasi interior mobil yang sesuai.

Bengkel Terpercaya

Selanjutnya, setelah anda menyiapkan konsep dan budget, anda tinggal mencari bengkel terpercaya untuk membantu anda mewujudkan konsep modifikasi yang anda inginkan. Anda bisa melakukan survey terlebih dahulu terhadap bengkel yang pas dan sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Mobil Paling Nyaman Untuk Perjalanan Jauh Bersama Keluarga

Selain melakukan diskusi atas penentuan tema atau konsep interior mobil yang anda inginkan, anda juga bisa datang ke pameran-pameran mobil atau mencari via internet dalam memperoleh inspirasi tema modifikasi yang menarik.

Membuat Daftar Komponen

Setelah menemukan konsep atau tema, anda bisa langsung membuat daftar komponen yang anda butuhkan. Dengan membuat daftar, anda bisa mengetahui komponen modifikasi interior mobil mana yang bisa anda temukan di tempat terjangkau. Bahkan komponen bisa anda pesan dari luar kota atau luar negeri. (R10/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara