Mukjizat Nabi Sulaiman Mengajarkan Tidak Ada yang Mustahil Bagi Allah

Mukjizat Nabi Sulaiman Mengajarkan Tidak Ada yang Mustahil Bagi Allah
Ilustrasi Mukjizat Nabi Sulaiman. Foto: Ist/Net

Mukjizat Nabi Sulaiman terdapat banyak sekali. Tidak semua nabi dan rasul itu mempunyai mukjizat yang luar biasa seperti Nabi Sulaiman.

Sulaiman sendiri adalah Nabi Allah yang ke 13. Sebagai seorang muslim, hukumnya wajib untuk mempercayai mukjizat. Karena hal tersebut nyatanya memang benar-benar ada.

Mukjizat merupakan suatu hal yang luar biasa dan hanya terjadi pada nabi dan rasul. Hal tersebut berguna sebagai bukti bahwa mereka adalah nabi dan rasul Allah.

Terkadang juga mukjizat itu susah untuk diterima akal sehat manusia. Perihal tersebut adalah sesuatu yang mustahil bagi manusia, tapi bagi Allah tidak ada yang mustahil.

Misalnya adalah mukjizatnya Nabi Muhammad yang bisa bertemu Allah dengan cara menaiki langit menggunakan kendaraan dalam kurun waktu satu malam saja. Apakah mungkin hal tersebut terjadi? Mungkin saja, faktanya adalah adanya kisah teladan Isra Mi’raj Nabi Muhammad.

baca juga: Nabi yang Menerima Suhuf Sebagai Petunjuk dan Pedoman Bagi Umatnya

Beberapa Mukjizat Nabi Sulaiman yang Wajib Anda Ketahui

Nabi Daud adalah ayah dari Nabi Sulaiman. Daud mempunyai putra berjumlah 19, akan tetapi hanya Sulaiman yang Allah SWT pilih untuk menjadi pewaris tahta ayahandanya untuk menyebarkan ajaran Islam (Tauhid) juga semua pengetahuan kitab Zabur.

baca juga: Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga, Teladan Dalam Kehidupan Kita

Dapat Berbicara dengan Hewan

Berbicara dengan hewan merupakan mukjizat Nabi Sulaiman yang paling familiar. Hal yang demikian ini terdapat dalam Al-Quran surat An-Naml ayat 16:

Hal ini bisa kita lihat pada kisahnya saat ia dan juga pasukannya hendak lewat, akan tetapi pada jalan tersebut terdapat barisan kawanan semut. Sulaiman dan pasukannya berhenti sejenak sembari menunggu kawanan semut sudah habis masuk dalam sarangnya.

Mengetahui hal tersebut, para semut lantas mengucapkan terimakasih karena sudah berkenan menunggu sampai dengan selesai. Tak hanya itu saja, anak Daud tersebut juga bisa berkomunikasi dengan burung hud-hud. Hal ini terdapat dalam Al-Quran surat An-Naml ayat 20 sampai dengan 27.

Ayat tersebut menjelaskan tentang bertemunya hud-hud dengan kerajaan bernama Sab’ yang mempunyai pemimpin seorang perempuan, namun menyembah matahari.

baca juga: Istri Nabi Zakaria, Seorang Muslimah yang Solehah

Kemampuan Menaklukkan Angin

Bukan hanya mampu berkomunikasi dengan hewan-hewan saja, akan tetapi mukjizat Nabi Sulaiman juga bisa memerintahkan angin guna bertiup ke arah manapun yang beliau hendaki.

Sebagaimana firman Allah SWT:

Bahkan angin tersebut juga bisa membawa Sulaiman dan balatentaranya ke suatu tempat dalam jangka waktu yang kilat. Maa Syaa Allah, Allah Maha Besar dan Maha Kuasa atas segala sesuatu. Mukjizat Nabi Sulaiman tersebut juga tertera dalam Al-Quran surat Saba’ ayat 12 yang berbunyi:

Bisa Mengalirkan Tembaga

Jika hal mengalirkan tembaga ini masuk dalam akal manusia rasanya tidak akan mungkin bukan? Akan tetapi, atas izin Allah, mukjizat Nabi Sulaiman ini adanya memang nyata. Bahkan putra Daud ini bisa melakukannya dengan sangat mudah.

Memerintahkan Jin Guna Membangun Istana

Mukjizat Nabi Sulaiman ini bisa kita lihat pada kisahnya dengan seorang ratu yang bernama Balqis.

Nah, beberapa mukjizat Nabi Sulaiman tersebut semoga dapat menambah keimanan kita kepada Allah dan juga percaya bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Jika Allah menghendaki, maka terjadilah. Sebagai umat muslim, sudah seharusnya kita mempercayai akan hal tersebut. (Muhafid/R6/HR-Online)