Mute Video WhatsApp, Fitur Baru yang Sedang Uji Coba pada Versi Beta

Mute Video WhatsApp
Ilustrasi Mute Video WhatsApp. Foto: Ist/Net

Mute video WhatsApp merupakan salah satu fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk bungkam (mute) video sebelum akhirnya membagikannya kepada pengguna lain.

Berdasarkan laporan XDA Developer, pada Selasa 9 Februari 2021 lalu menyatakan bahwa fitur ini telah tersedia pada update beta WhatsApp dengan nomor 2.21.3.13.

Fitur terbaru WhatsApp ini dapat dinikmati oleh para pengguna Android. Dalam fitur ini, pengguna akan melihat adanya ikon “bisu” atau “pengeras suara ” yang muncul pada bagian bawah pengedit waktu video.

Melalui ikon tersebut, audio dari sebuah video yang akan diterima oleh pengguna akan mati. Salah satu hal mengenai fitur baru ini adalah pengguna tidak boleh merekam video yang terdapat pada WhatsApp untuk mengaktifkannya.

Selain itu, pengguna juga tidak dapat menarik video dari galeri kamera. Lalu menghapus kebisingan audio yang dianggap mengganggu tanpa mempengaruhi video tersebut.

Baca Juga: Aplikasi WhatsApp Desktop, Panggilan Suara ataupun Video Lebih Asyik

Mengetahui Fitur Mute Video WhatsApp

Selama ini, WhatsApp tidak dapat melakukan mute video yang akan dikirim melalui chat ataupun melalui story pengguna. Pada umumnya, untuk menghilangkan audio memerlukan bantuan aplikasi ketiga.

Namun saat ini jika pengguna telah melakukan update pada aplikasi WhatsApp, maka pengguna akan melihat ikon speaker pada samping durasi serta detail video yang akan dikirim.

Melansir dari 9to5google, menyatakan bahwa tombol mute audio yang hadir saat pengguna merekam video dengan menggunakan WhatsApp atau melalui fitur kamera ponsel.

Jika pengguna mengklik ikon mute video tersebut, maka aplikasi ini akan mute video tersebut. Selanjutnya tayangan akan terpajang atau terkirim pada status tanpa adanya suara. Informasi ini melansir dari Android Police.

Cara Menggunakan Fitur Mute Video WhatsApp

Hingga saat ini, fitur mute video pada aplikasi WhatsApp tengah dalam pengujian beta yang akhirnya akan mulai rilis ke pengguna Android.

Berdasarkan informasi BGR pada 3 Maret 2021 lalu, melalui blog WaBetaInfo yang menginformasikan bahwa pengguna tertentu yang memakai versi beta aplikasinya kemungkinan sudah menerima fitur melalui pembaharuan beta v2.21.3.13.

Baca Juga: Ubah PDF ke Word Praktis dengan Perangkat HP, Simak Pilihan Caranya

Bagi anda para pengguna WhatsApp biasa atau pengguna beta yang telah memperoleh pembaharuan terbaru dan ingin mencoba untuk memakai fitur baru ini, berikut beberapa langkah sederhana yang bisa anda lakukan, antara lain:

  1. Langkah pertama, buka aplikasi WhatsApp pada Google Play Store serta klik opsi pembaharuan. Namun apabila opsi unduh otomatis, maka aplikasi seharusnya telah menerima pembaharuan secara langsung.
  2. Setelah aplikasi update pada versi terbarunya, maka dapat buka pada perangkat anda.
  3. Lalu fitur mute video WhatsApp selanjutnya langsung dapat anda gunakan untuk obrolan individual serta mode status
  4. Untuk dapat menggunakan fitur terbaru ini, anda bisa merekam video baik secara obrolan ataupun status.
  5. Setelah proses merekam selesai, anda dapat melihat ikon volume pada sudut kiri atas. Lalu ketuk untuk mematikan video. Anda pun siap untuk mengirim video tanpa suara ke penerima.

Fitur mute video pada dasarnya memungkinkan para pengguna untuk menonaktifkan video sebelum akhirnya mengirimkannya pada pihak lain.

Fitur Mute Video WhatsApp Baru Tersedia pada Perangkat Android

Hadirnya fitur terbaru ini memungkinkan pengguna untuk membungkam suara pada video yang nantinya akan terkirim melalui status atau ke pengguna lain.

Meskipun demikian, fitur terbaru dari WhatsApp ini baru tersedia untuk para pengguna yang menggunakan perangkat Android. Mengenai hal ini, pihak WhatsApp mengumumkannya secara resmi melalui akun Twitter mereka.

Baca Juga: Menggunakan 1 WhatsApp di 2 HP, Ketahui Beragam Cara Praktisnya

Para pengguna yang menggunakan versi beta yang telah mengalami pembaharuan, dapat membungkam video dengan cara tap toggle atau pengaturan volume yang tersedia pada saat mengedit video sebelum membagikannya pada kontak lain.

Selanjutnya tayangan akan terkirim atau terpajang pada status tanpa adanya suara. Pada dasarnya, fitur terbaru WhatsApp yang sedang dalam masa uji coba pada program beta ini, hampir sama dengan Instagram Stories.

Sebelumnya pada November 2020 lalu, fitur mute video WhatsApp ini telah nampak pada versi beta. Akan tetapi, nampaknya fitur ini sengaja hadir kembali bagi pengguna dalam versi beta terbaru.

Hingga saat ini belum terdapat informasi resmi yang menyatakan fitur mute video WhatsApp kapan akan tersedia pada sistem operasi iOS iPhone. Kita tunggu saja tanggal mainnya.