Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBerita TerbaruOtot Bisep dan Trisep dan Cara Kerjanya Dalam Menggerakkan Lengan

Otot Bisep dan Trisep dan Cara Kerjanya Dalam Menggerakkan Lengan

Otot Bisep dan Trisep merupakan dua otot yang saling berhubungan. Keduanya bisa menggerakkan lengan untuk membuka dan menutup. Sehingga seseorang bisa bergerak dengan bebas sesuai kebutuhan.

Mengutip Wikipedia, otot merupakan sekumpulan sel otot yang bisa membentuk jaringan. Hal ini membuat otot sebagai alat penggerak tulang. Jaringan otot memiliki sebutan sebagai alat gerak aktif pada sistem gerak manusia.

Selain itu, kedua otot tersebut memiliki berbagai peranan dalam proses gerak tubuh. Bahkan cara kerja masing-masing otot hanya berkebalikan.

Baca Juga: Fungsi Otot Polos, Struktur, dan Cara Kerja untuk Tubuh

Otot Bisep dan Trisep serta Cara Kerjanya

Perlu diketahui bahwa otot merupakan alat gerak aktif yang memungkinkan seseorang bisa melakukan aktivitas harian. Baik itu berjalan, memegang, berlari, dan lain sebagainya. Cara kerja otot terbagi atas dua bagian yaitu, sinergis dan antagonis.

Bisep dan trisep adalah contoh cara kerja yang antagonis. Artinya, saling berlawanan dalam melakukan perannya. Sehingga menghasilkan gerakan yang berbeda.

Otot Bisep

Pengertian otot bisep adalah otot yang terletak paling dekat dengan kulit. Otot ini bisa terlihat oleh mata seseorang terutama ketika mereka melakukan latihan beban rutin.

Otot bisep dan trisep selalu melakukan aksinya dengan berlawanan agar tangan seseorang bisa bergerak. Bisep adalah otot yang memiliki dua kepala atau caput.

Anda bisa melihat otot ini pada area lengan sebelah atas. Terlebih ketika tangan sedang dalam keadan menekuk.

Contoh otot bisep yang terlihat pada bagian tangan dari ujung telapak tangan hingga pangkal tangan. Otot ini akan terlihat walaupun dalam keadaan lurus.

Baca Juga: Ciri Otot Lurik Sebagai Otot Gerak Beserta Fungsi dan Bagian-Bagiannya

Otot Trisep

Memang otot bisep dan trisep memiliki perbedaan dalam bentuk. Otot trisep biasanya lebih susah untuk menemukannya.

Kepala otot ini besar dengan caput dengan jumlah tiga buah. Ketiga caput tersebut adalah longum, medial, dan lateralis.

Trisep berfungsi untuk menahan beban lengan pada bagu dan ekstensi siku. Berbeda dengan caput logam dalam melakukan adduksi dan gerakan sendi bahu.

Cara Kerja Saat Mengangkat Lengan Bawah

Otot bisep dan trisep bisa mengangkat lengan bawah dengan gerakan yang antagonis. Pada saat mengangkat lengan bawah otot bisep akan berkontraksi.

Sedangkan, otot trisep akan relaksasi karena gerakan keduanya saling berlawanan. Dua gerakan inilah yang termasuk antagonis.

Dalam hal ini lengan akan mengangkat dengan maksimal. Tentunya berkat kerja dua otot yang saling berlawanan. Sehingga, gerakan lengan lengan bawah yang terangkat akan menekuk dengan maksimal.

Cara Kerja Otot Saat Meluruskan Lengan Bawah

Setelah mengetahui cara kerja otot bisep dan trisep saat mengangkat lengan bawah, kini kebalikannya. Letak otot trisep berada pada bagian belakang lengan bawah saat terangkat.

Kemudian, untuk meluruskan lengan bawah tentunya juga akan menjalankan gerakan antagonis. Sehingga tetap membuat pergerakan yang maksimal.

Lalu, saat meluruskan lengan bawah maka otot bisep akan bekerja dengan relaksasi. Begitupun sebaliknya, otot trisep akan berjalan secara kontraksi saat meluruskan lengan bawah.

Latihan Otot

Selanjutnya, agar otot bisep dan trisep bisa bekerja dengan maksimal perlu beberapa langkah untuk menjangkaunya. Caranya dengan rutin melakukan latihan agar membentuk kedua otot tersebut.

Latihan yang harus dilakukan tidaklah sulit. Sehingga bisa bekerja lebih maksimal dan kuat. Seseorang bisa melakukan aktivitas berat dengan kekuatan yang lebih dari sebelumnya.

Salah satu hal yang paling mudah adalah melakukan push up secara rutin. Lama kelamaan otot akan terbentuk dan bekerja dengan penuh semangat.

Kemudian, otot bisep dan trisep juga bisa terbentuk jika seseorang mau melakukan olahraga gym. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka seseorang harus bisa membakar lemak dengan kapasitas yang banyak.

Selain melakukan aktivitas olahraga, harus mengimbangi dengan asupan makanan yang sehat. Pilihan makanan yang sehat harus mengandung protein tinggi, lemak sehat dan karbohidrat kompleks.

Tak hanya itu saja, minum air putih yang banyak juga bisa meningkatkan fungsi kerja otot. Jangan sampai mengalami dehidrasi selama menjalani latihan dan olahraga.

Agar lebih maksimal, alangkah baiknya juga meminta bantuan dari personal trainer. Sehingga bisa membantu latihan dengan maksimal agar terhindar dari cedera atau kesalahan.

Nah, itulah cara kerja otot bisep dan trisep yang bekerja dengan gerakan antagonis. Membentuk otot memang sangat perlu untuk mendukung aktivitas sehari-hari. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru