Pantai Ujung Genteng, Pesona Surga Tersembunyi Pesisir Jawa Barat

Pantai Ujung Genteng
Pantai Ujung Genteng. Foto: Ist/Net

Pantai Ujung Genteng merupakan salah satu ojek wisata pantai yang berada paling ujung provinsi Jawa Barat. Masuk dalam wilayah Sukabumi, Jawa Barat, pantai ini sebenarnya bernama asli Pantai Ujung Genteng.

Penamaan ini berdasarkan lokasi pantai yang berada di Desa Ujung Genting. Desa ini merupakan sebuah desa yang berada di ujung barat sebelah bawah pulau Jawa. Uniknya lagi, bentuk kawasan desa ini menyerupai gunting, maka bernama Desa Ujung Genteng.

Bagi anda yang mendambakan liburan dengan suasana pantai asri dan panorama lama yang indah serta alami, maka pantai ini dapat menjadi rekomendasi paling tepat.

Selain menawarkan keindahan pantai yang luar biasa, kawasan ini juga sangat jauh dari hingar bingar perkotaan. Sehingga sangat cocok untuk anda yang ingin mencari gateway dari penatnya aktivitas perkotaan.

Wisata Pantai Ujung Genteng Sukabumi

Ujung Genteng merupakan kawasan yang berada pada daerah pesisir pantai selatan Jawa Barat. Kawasan ini masuk dalam wilayah Kabupaten Sukabumi. Pantai Ujung Genteng adalah salah satu surga tersembunyi yang berada di kawasan Jawa Barat dengan air laut sangat jernih.

Letaknya kurang lebih 200km dari ibukota Jakarta. Pantai ini menyuguhkan suasana yang bersahaja masyarakat sekitar pantai yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan.

Baca Juga: Danau Telaga Biru Cicerem Kuningan, Telaga Sebening Kaca yang Eksotis

Ujung Genteng merupakan salah satu pantai berpasir putih yang memiliki daya pikat tersendiri bagi siapapun yang mengunjunginya.

Apabila anda beruntung, maka anda akan menyaksikan secara langsung penyu yang tengah bertelur di kawasan pantai. Selain itu juga, pengunjung dapat ikut para nelayan untuk mencari lobster.

Dalam sepanjang perjalanan menuju pantai ini, anda akan disuguhkan pemandangan hijau nan asri yang sangat mempesona. Anda juga akan merasakan sensasi perjalanan melalui pegunungan seta perbukitan dengan jalan yang berkelok-kelok.

Keindahan Pantai Ujung Genting Sukabumi

Keindahan pantai selatan menanti anda dengan debu ombak yang ditemani cakrawala nan bersih serta pasir putih. Suasana ini menyuguhkan keterasingan tersendiri yang sangat mengasyikkan.

Ujung Genteng merupakan salah satu pantai yang menyajikan simfoni alam yang sangat menentramkan dan mampu mengobati kepenatan.

Hadir dengan kombinasi debur ombak, spektrum langit, serta laut yang beradu biru. Berkunjung ke pantai ini, anda akan disuguhkan dengan berbagai karang yang terhampar luas bersama pasir putih yang menyilaukan mata.

Hal ini tentu mampu membuat siapapun yang memandang akan terpesona. Di sini, anda juga akan menikmati jernihnya air pantai dan laut yang sangat bersih.

Meskipun menghadap ke Samudera Hindia, akan tetapi ombak yang besar tidak membahayakan. Pasalnya, ombak tersebut lebih dulu pecah berserak terhalang gugusan karang laut yang terdapat di depan bibir pantai.

Dengan panjang garis pantai sekitar 16km mengarah ke Barat, menjadikan Ujung Genting sebagai objek wisata terindah yang berada sepanjang pesisir pantai selatan. Keindahan Ujung Genteng tidak kalah dengan pantai pelabuhan Ratu yang lebih dulu tersohor.

Aktivitas Menarik di Pantai Ujung Genteng

Di pantai Ujung Genteng, anda dapat menyaksikan penangkaran penyu yang anda kunjungi. Pada kawasan ini, anda dapat menyaksikan perkembangbiakan penyu, mulai dari bertelur hingga dewasa.

Bahkan jika beruntung, anda juga dapat menyaksikan anak penyu yang lepas menuju laut. Selain itu, anda juga dapat menyewa perahu sebagai sarana menikmati keindahan birunya air laut dan semilir angin pantai saat berperahu.

Berkunjung ke Pantai Ujung Genteng, kurang lengkap jika tanpa mengabadikan momen indah kawasan pantai ini. Ujung Genting seringkali menjadi buruan para fotografer sebagai tempat pre wedding atau sekedar membidik panorama yang indah. Dengan latar air yang jernih, menjadikan Ujung Genteng menjadi pilihan favorit para fotografer.

Baca Juga: Arung Jeram Sungai Citarik, Sarana Uji Nyali dengan Keindahan Eksotis

Kawasan paling favorit terutama para wisatawan mancanegara adalah lokasi berselancar Ombak Tujuh. Asal mula nama kawasan ini karena ombak selalu berurutan tujuh ombak dengan ukuran yang besar.

Di sekitar ombak terdapat beberapa pulau kecil yang mempunyai pantai jarang dijamah. Pengunjung juga dapat memancing dengan beragam ikan yang sangat bervariasi.

Ujung Genteng berlokasi di Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat. Untuk dapat menikmati keindahan pantai Ujung Genteng, anda perlu membayar tiket masuk yang cukup terjangkau, yakni Rp.10.000, baik hari kerja atau hari libur. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang