Pantangan Ginjal Bengkak, dari Makanan Berprotein hingga Minum Air

pantangan ginjal bengkak
Ini dia pantangan ginjal bengkak. Foto: Ist/Net

Pantangan ginjal bengkak menjadi salah satu faktor penting proses penyembuhan yang tak kalah penting. Kondisi ginjal bengkak akan mengganggu fungsinya. Akibatnya, orang yang menderita harus memperhatikan asupan makanannya.

Pada dasarnya para penderita gangguan ginjal akan diberikan beberapa terapi. Beberapa pasien juga akan diberikan beberapa obat-obatan hingga melakukan pencucian darah. Bahkan penderita pasien ginjal yang telah memasuki stadium akhir juga melakukan transplantasi ginjal.

Ragam Pantangan Ginjal Bengkak

Selain melakukan terapi ataupun minum obat-obatan, para pasien juga harus memperhatikan beberapa pantangan. Pantangan tersebut penting demi untuk mencegah semakin parahnya masalah ginjal pasien.

Lalu, apa saja hal terlarang untuk para penderita gangguan ginjal ini? Berikut ini berbagai makanan pantangan ginjal bengkak yang sebaiknya Anda perhatikan. Termasuk porsinya juga perlu Anda ikuti.

Makanan dengan Kandungan Tinggi Protein

Kandungan protein tinggi tentu memiliki banyak manfaat. Namun kelebihan asupan protein juga tidak baik untuk kesehatan. Begitu pula halnya kepada penderita penyakit ginjal.

Konsumsi protein yang berlebihan akan menyulitkan kinerja ginjal mereka. Pada akhirnya kondisi ini akan membuat penumpukan zat limbah pada ginjal.

Oleh karena itu, para pasien harus membatasi makanan tinggi protein seperti kuning telur, daging olahan, susu dan sejenisnya. Cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak sayuran ketimbang daging-dagingan.

Baca Juga : Gejala Awal Penyakit Ginjal yang Wajib Diketahui Sebelum Terlambat

Makanan Tinggi Garam

Pantangan ginjal bengkak selanjutnya adalah makanan tinggi garam. Tubuh memang memerlukan garam dalam mengontrol cairan dalam tubuh. Namun jika terlalu banyak asupan garam justru bisa menimbulkan tekanan darah tinggi.

Kemudian, makanan yang tinggi garam juga bisa memicu produksi cairan tubuh yang berlebihan. Akibatnya, ginjal akan semakin berat dan menyebabkan pembengkakan pada area kaki pasien.

Fast food, mie instan, acar, keju, biskuit, dan bumbu-bumbu dapur lainnya termasuk dari jenis makanan tinggi garam tersebut. Makanan ini harus Anda hindari untuk mencegah konis menjadi semakin parah.

Berlebihan Dalam Konsumsi Kalium

Untuk menghindari masalah ginjal yang semakin parah, pantangan ginjal bengkak juga penting mengontrol atau menjauhi konsumsi kalium.

Kalium pada dasarnya merupakan mineral yang memiliki peran penting untuk menjaga keseimbangan tekanan darah. Kalium juga berperan dalam menjaga jumlah cairan di tubuh agar tetap stabil.

Keseimbangan kadar kalium dalam darah ini biasanya menjadi tugas ginjal untuk mengontrolnya. Jika ginjal mengalami masalah maka organ ini pun akan mengalami penurunan fungsi dalam mengatur kadar kalium dalam darahnya.

Baca Juga : Manfaat Daun Alpukat, Bantu Jaga Kesehatan Jantung dan Ginjal

Pada akhirnya, jika tak terolah maka kalium akan menumpuk dalam tubuh dan mengakibatkan ginjal semakin membengkak.

Sumber kalium ini biasanya terdapat pada sejumlah makanan. Seperti daun kelor, bayam, alpukat, wortel, mangga, jeruk, kentang dan jenis ubi lainnya.

Asupan kalium pada dasarnya tidak bisa kita hilangkan karena tubuh tetap memerlukannya. Anda hanya perlu mengurangi asupan kalium agar tidak menyebabkan masalah ginjal yang semakin serius.

Makanan Berkadar Gula Tinggi

Seperti halnya dengan penderita diabetes, pantangan ginjal bengkak juga sebaiknya mengurangi atau menjauhi gula. Para pasien juga penting untuk mengurangi makanan yang berbahan dasar tepung.

Perlu Anda tahu bahwa gula yang masuk ke dalam tubuh akan meningkatkan kadar glukosa. Tak hanya itu, glukosa juga bisa membuat Anda terus kehausan sehingga memicu untuk meminum banyak air.

Padahal ginjal tidak boleh memiliki cairan yang terlalu berlebihan. Hal ini karena akan mempersulit proses kerjanya. Cobalah untuk berhenti mengonsumsi makanan manis seperti permen ataupun es krim.

Baca Juga : Ibunda Denny Cagur Meninggal Dunia Akibat Gagal Ginjal

Minum Air Berlebihan

Pada poin sebelumnya telah kita bahas mengenai bahaya banyaknya cairan dalam ginjal bagi penderita ginjal bengkak. Hal ini karena ginjal yang memiliki kemampuan terbatas saat menyaring air yang berlebihan.

Oleh sebab itu untuk menghindari risiko ini, maka penderita ginjal harus minum air dengan kadar yang tepat. Jangan meminum air secara berlebihan, tapi jangan pula kekurangan cairan.

Orang yang menderita ginjal bengkak sebaiknya mengonsumsi air putih sebanyak 500 hingga 700 cc per hari. Ini merupakan takaran yang ideal untuk Anda yang menderita gangguan ginjal.

Itulah berbagai pantangan ginjal bengkak yang sebaiknya Anda perhatikan dan ikuti. Melanggar berbagai hal yang mesti Anda jauhi justru akan membuat kondisi menjadi semakin parah. Ini tentunya akan menyulitkan proses pengobatan. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah