Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita PangandaranPelabuhan Pangandaran Sebentar Lagi Bakal Beroperasi

Pelabuhan Pangandaran Sebentar Lagi Bakal Beroperasi

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Direktorat Perhubungan Laut Kemenhub mulai melakukan uji sandar pelabuhan Pangandaran yang terletak di Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi, Kamis (11/3/2021).

Dalam uji sandar tersebut menggunakan KN Prajapati distrik navigasi Cilacap dengan panjang 50 meter dan bertonase 600 GT.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata yang hadir dalam kesempatan itu menyebut pengujian ini merupakan bagian dari pengembangan pelabuhan di wilayahnya.

“Berdasarkan keterangan dari kapten kapal, arus air menuju pelabuhan cukup kencang. Sehingga perlu adanya breakwater,” kata Jeje.

baca juga: Tiga Atlet Sepakbola Asal Pangandaran Ikuti Seleksi Timnas U-16

Sedangkan untuk pembangunan tersebut, pihaknya akan menyerahkan kepada Pemprov Jabar.

Sementara ini, perizinan masih dalam proses kajian. Namun dalam waktu dekat izin operasionalnya bakal keluar.

“Insya Alloh minggu depan sudah terbit. Sekarang masih proses melengapi beberapa hal yang perlu kajian lagi,” imbuhnya.

Dengan adanya pelabuhan ini, kata Jeje lagi, berbagai barang yang berasal dari Jateng maupun Jatim bisa masuk melalui jalur laut dan bersandar ke Pangandaran.

Dadih, salah seorang warga sekitar, mengatakan, ia harap dengan beroperasinya pelabuhan tersebut bisa berdampak baik untuk ekonomi masyarakat.

“Saya yakin dengan beroperasinya pelabuhan Pangandaran ini, perekonomian masyarakat akan meningkat, warung-warung yang ada di sekitar dermaga ini Insya Allah akan makin rame,” singkatnya. (Enceng/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid