Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita BisnisPeluang Usaha Rumahan di Desa Modal Kecil yang Menjanjikan

Peluang Usaha Rumahan di Desa Modal Kecil yang Menjanjikan

Ada banyak peluang usaha rumahan di desa yang tak kalah menguntungkannya daripada kota. Bahkan lokasinya yang lebih sepi justru memberikan banyak keuntungan menjalankan dan membesarkan usaha. Apa saja peluang usaha rumahan itu?

Meski kita tinggal pada kawasan pedesaan, tapi hal itu tidak menjadi masalah untuk menjalankan usaha. Bahkan mendirikan usaha di daerah sepi bisa lebih efektif sebab masih banyak lahan dan ketersediaan bahan menyesuaikan kebutuhan usaha.

Mau dimanapun kita berada atau lingkungan hidup kita, semua bisa kita manfaatkan celahnya untuk mendirikan sebuah usaha. Semua jenis usaha akan ada peluangnya dengan menyesuaikan tempat dan menyediakan kebutuhan orang banyak.

Baca Juga: Inspirasi Usaha Rumahan Modal Minim Dijamin Laris

Potensi Peluang Usaha Rumahan di Desa

Nah, jika Anda bingung memilih usaha apa yang cocok dan mempunyai peluang besar sebagai usaha rumahan di pedesaan, berikut ini ada beberapa referensinya yang bisa Anda pilih.

Usaha Ternak

Ada banyak peluang usaha rumahan di desa yang bisa Anda pilih sesuai hobi atau keahlian. Kita bisa mendirikan usaha ternak hewan ayam, sapi, kambing, atau jenis unggas lainnya. Kita juga bisa beternak ikan, burung, dan kroto.

Sifat lingkungan desa yang masih alami dan banyak pepohonan serta tumbuh-tumbuhan, kondisi ini sangat cocok sekali sebagai tempat usaha ternak. Apalagi desa menyediakan banyak stok bahan pangan untuk pakan hewan ternak.

Berbeda dengan wilayah perkotaan yang ramai, maka usaha ternak akan lebih cocok kita jalankan dengan lingkungan yang masih jarang dan sepi penduduk. Kita bahkan bisa merencanakan usaha dari skala rumahan sebelum mengembangkannya menjadi besar.

Selain itu lahan yang tersedia pada kawasan pedesaan juga masih luas. Sehingga usaha yang kita jalankan tidak menimbulkan gangguan terhadap aktivitas masyarakatnya.

Baca Juga: 9+ Ide Usaha Rumahan Kreatif yang Unik dan Gampang Dijalankan

Usaha Makanan

Untuk peluang usaha rumahan di desa selanjutnya adalah dalam bidang makanan. Jika Anda hobi dan pandai dalam memasak, maka manfaatkan keahlian tersebut menjadi usaha.

Ya, tidak salah lagi, dengan memasak kita bisa menjadikannya sebagai usaha. Baik dalam bentuk katering makanan, jualan kue, camilan, dan lainnya. Menjalani usaha makanan pas untuk para ibu rumah tangga maupun yang senang memasak.

Apalagi pekerjaan ini bisa kita lakukan di rumah kita sendiri. Sedangkan untuk pemasarannya kita bisa menitipkannya ke warung-warung atau memasarkan melalui media jasa antar online seperti GoFood atau Grabfood.

Usaha Warung Kelontong

Alternatif peluang usaha rumahan di desa yang juga menjanjikan adalah membuka warung kelontong. Seperti kita tahu bahwa tempat-tempat yang menyediakan kebutuhan masyarakat antara lain pasar.

Lokasi pasar biasanya berada jauh dari kawasan desa. Kondisi ini biasanya akan menyebabkan banyak orang yang jarang datang ke pasar atau kesulitan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Jika kondisi ini juga terdapat pada tempat tinggal Anda, maka bisa menjadi peluang bisnis yang menarik dan bisa Anda manfaatkan. Anda dapat membuat warung atau toko kelontong yang menyediakan berbagai barang kebutuhan warga sekitar.

Dengan usaha ini warga akan senang karena merasa terbantu dan tidak perlu repot jauh-jauh untuk pergi ke pasar setiap harinya. Anda pun akan mendapatkan keuntungan dari usaha rumahan ini.

Usaha Budidaya Tanaman

Sedangkan untuk pilihan peluang usaha rumahan di desa yang juga tak kalah menarik adalah usaha budidaya tanaman. Memilih dan menjalankan usaha ini cocok untuk Anda yang hobi atau senang bertanam.

Menjalankan usaha tanaman tidak tergantung pada lahan yang ada. Kita bisa berkreasi dengan menggunakan metode bertanam yang menyesuaikan dengan jenis tanaman yang kita tanam maupun lingkungannya.

Kita dapat menanam sayur-sayuran secara hidroponik, atau menanam tanaman buah pada lahan pertanian. Semua bisa kita lakukan dan menjadi salah satu usaha yang cocok kita lakukan.

Anda juga bisa mencobanya dengan bergabung dengan komunitas tani atau perkumpulan orang untuk belajar teknik menanam sayuran secara hidroponik. Untuk menekan risiko, Anda bisa mulai dengan lahan terbatas dan jumlah tanaman sedikit dahulu.

Itulah beberapa alternatif peluang usaha rumahan di desa yang sangat menjanjikan dan juga menguntungkan. Anda tak perlu harus memiliki modal besar untuk memulainya. Dengan skala rumahan saja Anda bisa mulai merintisnya. (R11/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -