Pembangunan Terminal Tipe C, Pemkot Banjar Mulai Siapkan Lahan

Terminal Tipe C
Rencana pembangunan Terminal Tipe C, Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, bersama Bappeda, DPUPRKP, Kepala Terminal Tipe A, serta Dishub meninjau tempat relokasi sementara lokasi mangkal sopir angkot, Selasa (23/03/2021).

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Rencana pembangunan Terminal Tipe C untuk angkutan dalam kota (angkot), Pemerintah Kota Banjar, Jawa Barat, saat ini mulai menyiapkan lahannya.

Hal itu terungkap saat saat Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, bersama Bappeda, DPUPRKP, Kepala Terminal Tipe A, serta Dinas Perhubungan Kota Banjar, meninjau tempat relokasi sementara yang menjadi lokasi mangkal para sopir angkot, Selasa (23/3/2021).

Saat ini para sopir angkot yang terdampak revitalisasi pembangunan Terminal Tipe A Kota Banjar menempati tempat relokasi sementara. Lokasinya berada di kawasan sebelah Selatan Terminal Tipe A.

Ade Uu Sukaesih mengatakan, selain melihat penataan awak angkutan kota di lokasi relokasi, peninjauan tersebut juga untuk melihat aset lahan milik Pemkot Banjar yang rencananya akan dijadikan tempat pembangunan Terminal Tipe C.

“Kebetulan disini masih ada aset lahan milik pemerintah kota. Jadi kita langsung lakukan survei lokasi rencana pembangunan Terminal Tipe C untuk angkutan kota,” terangnya, kepada awak media.

Sedangkan, untuk pembebasan lahan dan kepastian pembangunan Terminal Tipe C tersebut, lanjut Ade Uu, pihaknya belum bisa merealisasikan dalam waktu dekat ini. Mengingat keterbatasan anggaran yang ada masih terfokus untuk penanganan Covid-19.

Oleh karena itu, ia meminta kepada para awak angkutan kota dan semua pihak supaya bisa memanfaatkan semaksimal mungkin tempat relokasi sementara.

Baca Juga : Organda Kota Banjar Berharap Pembangunan Terminal Tipe C Terealisasi

“Untuk realisasi pembangunan terminal itu tentunya kami membutuhkan proses, karena berkaitan dengan anggaran. Sekarang kita manfaatkan saja untuk sementara waktu agar kendaraan angkot bisa tetap beroperasi,” kata Ade Uu.

Dishub Kota Banjar Siapkan DED

Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjar, Ajat Sudrajat mengatakan, saat ini pihaknya baru akan menyiapkan skema perencanaan pembangunan fisik Terminal Tipe C. Seperti detail engineering design (DED), dan persiapan pembebasan lahan.

“Tahun ini kita akan mulai melaksanakan tahapan perencanaan. Kami targetkan pelaksanaan fisik pembangunan sudah bisa mulai paling tidak pada tahun 2022 mendatang,” terangnya.

Selain itu, lanjut Ajat, sesuai arahan dari Walikota Banjar, pihaknya juga akan menggunakan lokasi jalur sebelah Selatan Terminal Tipe A. Lokasi ini sebagai tempat mangkal para awak angkutan kota. Paling tidak hingga dua tahun kedepan sampai tahapan pembangunan Terminal Tipe A selesai.

Sedangkan, terkait fasilitas penunjang tempat mangkal sementara para awak angkutan kota, pihaknya sementara ini tengah fokus melakukan penataannya saja. Hal itu supaya lalu lintas bisa berjalan normal.

Untuk fasilitas penunjang lainnya, pihaknya meminta agar para awak angkutan kota memaksimalkan fasilitas yang ada saat ini.

“Untuk sekarang setidaknya kami sudah menempatkan dan melakukan penataan para sopir angkot, meskipun fasilitas yang ada memang sangat terbatas. Terpenting bisa mereka gunakan untuk beristirahat dan aktivitas mereka tidak terganggu,” kata Ajat. (Muhlisin/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah