Pemerintah Kecamatan di Ciamis Ingatkan Pemdes Terus Jalankan PPKM

PPKM
Pemerintah kecamatan di Ciamis ingatkan pemdes terus jalankan PPKM. Foto: Eli Suherli/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pemerintah kecamatan di Ciamis, Jawa Barat, mengingatkan pemerintah desa untuk terus menjalankan PPKM skala mikro sebagai upaya dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Sekretaris Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Asep Sulaeman, mengatakan, pihaknya terus mengimbau kepada seluruh kepala desa untuk terus menjalankan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro.

Dalam hal ini kegiatannya bersifat pencegahan dimasa pandemi, sehingga PPKM skala mikro di wilayah Kecamatan Cijeungjing berjalan dengan baik.

“Kami sangat apresiasi kepada para kepala desa se-Kecamatan Cijeungjing yang selalu terus berupaya dalam menjalankan program PPKM mikro di desa masing-masing. Ini sebagai upaya mencegah terus menyebarnya Covid-19,” kata Asep, Selasa (09/03/2021).

Ia juga menyebutkan, banyak desa melaporkan kegiatan PPKM yang terus berjalan. Seperti Operasi Yustisi dalam waktu satu minggu dua kali. Sehingga, warga bisa dengan baik melaksanakan protokol kesehatan.

Sebab, lanjut Asep, dengan terus mengingatkan warga terkait pencegahan Covid-19, maka kedepan masyarakat sudah bisa terbebas dari bahaya virus Corona.

Namun, dengan upaya terus melakukan pencegahan, salah satunya melalui PPKM mikro, maka warga masyarakat akan lebih sadar terhadap kesehatan di masa pandemi ini.

“Dengan terus mengingatkan terkait protokol kesehatan, maka kedepan warga sudah paham arti pentingnya menjaga kesehatan masing-masing,” jelas Asep.

Baca Juga : PPKM Mikro, Satpol PP Ciamis Bakal Gencar Operasi Yustisi

Selain itu, kata Asep, pihaknya juga mengapresiasi kepada seluruh kepala desa dan perangkatnya yang sudah menjalani suntik vaksin sebagai upaya untuk bisa terhindar dari Covid-19. Bahkan ke depan warga masyarakat juga turut serta bisa melakukan suntik vaksin.

Pemdes di Ciamis Sosialisasikan Prokes Melalui Yustisi

Sementara itu, Kepala Desa Karanganyar, Kabupaten Ciamis, Yanto mengatakan, demi menjaga kesehatan warga masyarakatnya, pihak pemerintah desa mensosialisasikan protokol kesehatan melalui Operasi Yustisi. Sehingga, warga yang sedang berada di luar rumah tanpa masker bisa menggunakan masker.

“PPKM skala mikro ini sangat baik sekali diterapkan oleh tiap desa di Kabupaten Ciamis. Sehingga kegiatan warga setiap hari bisa terus terpantau dengan baik, dan mereka juga sudah sangat paham. Seperti penggunaan masker salah satunya,” jelas Yanto.

Ia menambahkan, setelah melaksanakan vaksin, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat untuk tidak takut apabila nanti giliran masyarakat mendapatkan suntik vaksin.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada warga masyarakat Desa Karanganyar tidak takut untuk divaksin. Pemerintah kecamatan percaya kepada Pemkab Ciamis yang sudah melakukan langkah-langkah terbaik demi kesehatan masyarakat. Salah satunya menyediakan vaksin yang aman.

Karena, vaksin ini juga salah satu bentuk ikhtiar terbaik dalam memutus mata rantai Covid-19 wilayah Kabupaten Ciamis. Sehingga kedepan semua masyarakat bisa kembali menjalankan hidup normal. (Es/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah