Rabu, Oktober 20, 2021
BerandaBerita PangandaranPemkab Pangandaran Dorong Inovasi dan Digitalisasi UMKM

Pemkab Pangandaran Dorong Inovasi dan Digitalisasi UMKM

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Dalam upaya memajukan UMKM di Pangandaran, Pemkab mendorong adanya strategi digitalisasi dari para pelaku UMKM.

Selain itu, para pelaku UMKM di Pangandaran mesti melakukan berbagai inovasi terhadap produknya agar lebih diminati.

Wakil Bupati Pangandaran, Ujang Endin mengatakan, pemkab Pangandaran bakal berperan dalam mendukung kemajuan UMKM demi mengentaskan kemiskinan.

Ia menyebut, sejahteranya masyarakat itu dipengaruhi tiga faktor yaitu, sumber daya alam, sumber daya manusia dan modal.

“Bagaimana kita memadukan antara sumber daya alam dengan teknologi digital dan sumber daya manusia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pangandaran,” ujar Ujang Endin dalam acara diskusi bersama Kadin Jabar, Kamis (18/3/2021).

Saat ini yang menjadi problem kurang majunya UMKM di Pangandaran lantaran masyarakat kurang memahami teknologi juga kurangnya modal.

“Pelaku UMKM masih belum memahami digitalisasi atau pemasaran online. Maka ini perlu bimbingan dan pelatihan, modalnya juga perlu kita bantu,” katanya.

Ia mencontohkan, di Kabupaten Pangandaran ada dua potensi perikanan yakni ikan tawar dan laut.

Masyarakat bisa bekerjasama dengan perbankan dengan membuat kelompok perikanan.

Nantinya kelompok itu akan diberi pinjaman modal dari BLU 3 persen pertahun untuk setiap kelompok.

“Potensi yang ada dikembangkan setiap kelompok bukan perorangan maka akan terjadinya lapangan kerja, juga akses dunia usaha yang luas,” ungkap H Ujang Endin Indrawan.

Pihaknya pun akan menghentikan produksi gula rafinasi lantaran gula tersebut dapat merusak kesehatan dan mengandung racun.

“Pemda akan konsen memajukan UMKM dalam upaya mengentaskan kemiskinan dan dunia usaha ditingkatkan lagi, caranya dengan memaksimalkan digitalisasi,” ucapnya.

Pemerintah daerah akan menstimulasi kegiatan UMKM dengan memberikan permodalan dan akses penjualan itu strategi yang akan diterapkan.

“Mudah-mudahan digitalisasi UMKM ke depan bisa meningkatkan kesejahteraan terutama para pelaku UMKM itu sendiri,” pungkasnya. (Madlani/R8/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img