Pengelolaan Keuangan Desa, Kades di Pangandaran Ikuti Bimtek

Bimtek pengelolaan keuangan desa diikuti kades dan perangkatnya se-Kabupaten Pangandaran. Foto: Enceng/HR.
Bimtek pengelolaan keuangan desa diikuti kades dan perangkatnya se-Kabupaten Pangandaran. Foto: Enceng/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dalam pengelolaan keuangan desa, Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, melakukan bimbingan teknis bagi Pemerintah Desa se-Kabupaten Pangandaran.

Kepala Bidang Penataan Kerjasama Administrasi Pemerintah dan Desa (PKAPD) Dinsos PMD Kabupaten Pangandaran, Yayat Ahadiat, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan edukasi kepada para kepala desa dan perangkat dalam rangka mencegah terjadinya tindak pidana korupsi.

“Untuk narasumber kita melibatkan kepolisian dari Polres Ciamis, dan dari Kejaksaan Negeri Ciamis,” katanya, Kamis (04/03/2021).

Baca Juga : Kepala Desa di Pangandaran Ini Dukung Inspektorat Lakukan Studi Kasus Pengelolaan Keuangan

Yayat juga mengatakan, untuk mengurangi terjadinya kerumunan, maka kegiatan bimtek tersebut terbagi menjadi lima zona. Hari pertama pemerintah desa se-Kecamatan Cimerak dan Cijulang.

Kemudian, hari keduanya pemerintah desa se-Kecamatan Langkaplancar dan Cigugur, hari ketiga Kecamatan Parigi dan Sidamulih. Lanjut hari keempat untuk pemdes wilayah Kecamatan Pangandaran dan Kalipucang, dan hari terakhir untuk pemdes wilayah Kecamatan Mangunjaya dan Padaherang.

Pihaknya berharap, dengan adanya bimtek pengelolaan keuangan desa, semua kepala desa dan perangkatnya bisa mengelola keuangan dengan baik. Sehingga tidak ada yang tersandung kasus hukum.

“Apabila semua kepala desa dan perangkatnya di Kabupaten Pangandaran ini sudah memahami cara pengelolaan keuangan desa dengan baik, Insya Allah tidak akan ada yang terjerat kasus hukum,” pungkas Yayat. (Cenk/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah