Jenis Penyakit pada Sistem Peredaran Darah Beserta Gejalanya

penyakit pada sistem peredaran darah
Jenis penyakit pada sistem peredaran darah. Foto:Ist/Net

Jenis penyakit pada sistem peredaran darah ada cukup banyak. Namun gangguan pada sistem peredaran darah ini termasuk jenis penyakit yang berbahaya dan mematikan. Dari penyakit jantung, hipertensi, hingga anemia.

Tubuh memiliki berbagai organ dengan fungsi yang berlainan. Untuk mendukung tugasnya masing-masing setiap organ tubuh membutuhkan suplai darah, sehingga keberadaan sirkulasi darah menjadi penting.

Mengutip dari Wikipedia, sistem peredaran darah merupakan suatu sistem yang bertugas memindahkan atau mengirimkan zat, oksigen, dan nutrisi ke sel dari organ tubuh lainnya.

Sistem peredaran darah atau sistem sirkulasi populer juga dengan sebutan sistem kardiovaskuler. Ini termasuk bagian dari organ tubuh ini juga berperan penting dari homeostasis yaitu ikut menjaga kestabilan suhu dan pH dalam tubuh.

Pada sistem aliran darah inilah yang menentukan kelangsungan hidup satu organisme, terutama manusia. Gangguan terhadap sirkulasi dan aliran darah akan mengganggu kerja organ tubuh lainnya.

Gaya hidup modern ternyata telah mengubah dan mempengaruhi kesehatan secara umum. Bahkan tak sedikit jenis penyakit pada sistem peredaran darah berawal dari gaya hidup tak sehat yang kita jalankan.

Baca Juga: Bahaya Tidur Tidak Teratur yang Sering Tak Disadari

Jika kita sering mendengar orang-orang pada jaman kakek kita lebih sehat dan jauh dari penyakit mungkin hal itu ada benarnya.

Jika kita mencoba melakukan refleksi dan membandingkan tingkat kesehatan orang pada kehidupan modern saat ini dengan masyarakat pada setengah dekade yang lalu mungkin terlihat bedanya.

Hal ini setidaknya bisa kita lihat dari angka atau jumlah orang yang mengalami sakit atau masuk rumah sakit. Tentunya sangat berbeda. Begitu juga dari aspek jenis penyakit yang menyerangnya sudah sangat berubah.

Bukan hanya jumlahnya namun juga kualitasnya. Sebab saat ini ada banyak sekali jenis penyakit dengan tingkat kematian yang tinggi. Salah satunya jenis penyakit pada sistem peredaran darah.

Penyakit Pada Sistem Peredaran Darah dengan Gejalanya

Saat ini ada banyak penyakit yang terjadi karena adanya gangguan pada sirkulasi darah dalam tubuh. Penyebab penyakit ini terutama berkaitan dengan gaya hidup tidak sehat yang kita jalankan.

Kegemaran kebanyakan orang modern umumnya menyukai makanan cepat saji. Berbagai makanan dari jenis burger, pizza, seafood, makanan dalam kaleng, hingga berbagai minuman instan hingga yang beralkohol.

Untuk mengenal apa saja jenis penyakit pada sistem peredaran darah, yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini. Kenali juga gejala penyakitnya untuk melakukan deteksi dini.

Penyakit Jantung

Sistem kardiovaskular merupakan bagian penting dari kerja jantung. Terganggunya sistem peredaran darah tentu saja akan mengganggu fungsi jantung. Salah satunya berupa serangan henti jantung yang sering terjadi mendadak.

Penyakit jantung merupakan salah satu yang banyak terjadi karena gangguan pada sirkulasi darah. Penyakit ini termasuk penyebab kematian nomor satu sehingga begitu menakutkan.

Ada sejumlah gejala penyakit jantung koroner yang sebaiknya Anda tahu. Beberapa tanda yang paling sering terjadi antara lain:

  • Frekuensi dan detak jantung yang berubah menjadi tidak teratur.
  • Sering timbul rasa nyeri pada sekitar dada.
  • Bagian pergelangan kaki dan tangan sering mengalami pembengkakan.
  • Biasanya timbul mual dan pusing yang terjadi secara berulang.

Untuk mencegah terjadinya jantung koroner, ada baiknya kita menjalankan gaya hidup yang lebih sehat. Seperti dengan sering olahraga secara teratur, menghindari makanan tinggi lemak, dan mengelola stres dengan baik.

Penyakit Hipertensi dan Hipotensi

Jenis penyakit pada sistem peredaran darah lainnya adalah hipertensi dan hipotensi. Gangguan pada tekanan darah ini terjadi terhambatnya sirkulasi darah.

Hipertensi terjadi jika tekanan darah lebih tinggi dari 120mm/Hg. Sedangkan hipotensi atau tekanan darah rendah terjadi saat pengukurannya menunjukkan angka kurang dari 70mm/Hg.

Beberapa gejala penyakit hipertensi antara lain sering mengalami sakit kepala yang sangat menyiksa. Fungsi mata juga terganggu dan menurun serta sering merasa mual atau ingin muntah.

Sedangkan gejala awal hipotensi seperti kepala pusing dan berkunang-kunang, pandangan sering buram. Detak jantung juga terasa lebih kencang dan badan lemas tiba-tiba hingga pingsan.

Untuk mencegah gangguan tekanan darah ada sejumlah tips yang bisa Anda lakukan. Seperti raib berolahraga, menghindari konsumsi garam secara berlebihan maupun minuman bersoda atau berkafein tinggi.

Sebaiknya, untuk penderita hipotensi justru baik jika sering minum kopi maupun mengonsumsi makanan yang mengandung lemak nabati.

Penyakit Stroke

Untuk jenis penyakit pada sistem peredaran darah selanjutnya adalah stroke. Gangguan ini terjadi akibat penyempitan pembuluh darah. Penyakit ini termasuk berbahaya terutama jika terjadi pendarahan pada otak.

Untuk gejala awal penyakit stroke umumnya terjadi penurunan fungsi pada bagian tubuh tertentu. Seperti tangan atau kaki yang sulit digerakkan. Gejala ini biasanya terjadi secara mendadak.

Baca Juga: Penyakit Kanker Darah, Jenis, Gejala dan Penanganannya

Selain itu penglihatan juga terganggu, kesemutan pada bagian tertentu, mengalami sakit kepala hebat, hingga sering tersedak saat makan.

Untuk mencegah stroke, sebaiknya jauhi rokok dan minuman beralkohol, hindari makanan tinggi lemak, dan rajin berolahraga.

Penyakit Anemia

Anemia juga merupakan penyakit pada sistem peredaran darah yang banyak terjadi. Gangguan ini terjadi jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam darah menurun.

Gejala anemia yang umum terjadi seperti sering merasa pusing dan berkunang-kunang, wajah terlihat pucat, serta mual dan ingin muntah.

Sedangkan untuk pencegahan dan penanganannya antara lain dengan mencukupi asupan zat besi, makan suplemen penambah darah, istirahat yang cukup, dan rajin berolahraga.

Penyakit Leukimia

Jenis kanker darah ini terjadi sel darah putih pada sumsum tulang belakang yang berubah menjadi aneh dan abnormal. Gangguan autoimun ini terjadi antara lain akibat radikal bebas maupun kelainan kromosom darah.

Beberapa gejala leukemia antara lain tubuh yang gampang lelah, mudah terserang penyakit, kulit tubuh menjadi pucat, dan nafsu makan yang menurun.

Varises

Jenis penyakit pada sistem peredaran darah yang juga banyak terjadi adalah varises. Penyakit yang sering menyerang kaki atau tangan ini juga terjadi karena adanya pembengkakan pada bagian pembuluh darah.

Varises banyak terjadi pada orang lanjut usia. Beberapa gejala penyakit ini antara lain pembuluh darah yang terlihat menonjol dan berwarna kebiruan. Selain itu penderita juga sering mengalami kram otot yang terserang varises.

Sedangkan untuk mengatasinya, Anda perlu banyak mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C dan E. Penting juga menjaga berat badan karena gangguan ini banyak terjadi pada obesitas.

Trombosis

Penyakit yang satu ini terjadi karena adanya pengentalan darah secara berlebihan. Konis ini menyebabkan aliran darah terhambat atau malah terhenti yang bisa membahayakan jiwa.

Sejumlah gejala trombosis antara lain timbulnya pembengkakan pada tangan dan kaki disertai rasa nyeri. Bagian tubuh yang membengkak umumnya menjadi kemerahan dan timbul cairan di sekitarnya.

Sedangkan untuk penanganan maupun pencegahannya adalah dengan banyak mengonsumsi makanan kaya vitamin seperti sayur dan buah serta rajin berolahraga. Hindari juga makanan tinggi lemak dan garam.

Penyakit Sklerosis

Sklerosis juga merupakan jenis penyakit pada sistem peredaran darah yang berbahaya. Gangguan ini terjadi akibat agresivitas sel darah putih sehingga menyerang dan merusak selaput yang melindungi sumsum tulang dan saraf otak.

Beberapa gejala penyakit sklerosis seperti sering mengalami kebas pada bagian tubuh tertentu, tremor pada tangan, dan otot kaku secara tiba-tiba, hingga menimbulkan kejang.

Penderita juga sering mengalami vertigo yang menyiksa, tubuh mudah lelah, hingga sering merasa pusing dan mual berlebihan. Jika Anda menemukan tanda semacam ini segera bawa ke dokter.

Jenis Penyakit Lainnya

Selain berbagai penyakit pada sistem peredaran darah tersebut, ada jenis lainnya yang terbilang jarang terjadi. Berikut ini beberapa gangguan pada sirkulasi darah yang perlu Anda tahu.

Hemofilia – Penyakit ini terjadi akibat gangguan pada proses pembekuan darah. Akibatnya, luka pendarahan akan sulit berhenti atau lama. Gangguan ini umumnya berlangsung lama hingga terlihat gejalanya.

Neutropenia – Gangguan ini terjadi karena darah kekurangan sel darah putih. Akibatnya penderitanya akan mudah terserang penyakit.

Hemoglobinopati – Jenis penyakit ini terjadi karena terganggunya hemoglobin yang terdapat dalam darah. Penyebab gangguan ini lebih karena faktor keturunan yang termasuk jarang terjadi.

Vaskulitis – Gangguan ini berupa peradangan pada pembuluh darah akibat lemahnya sistem imunitas tubuh. Gejalanya biasanya terlihat berupa ruam pada mulut dan peradangan pada mata yang bisa menyebabkan kebutaan

Thalassemia – Penyakit ini juga terjadi karena faktor genetik. Cirinya terlihat dari penderita yang muncul benjolan pada perut.

Demikianlah berbagai jenis penyakit pada sistem peredaran darah yang penting untuk ada tahu. Mengenal gejala merupakan deteksi dini yang berguna untuk penanganan yang cepat. Namun tanda ini memang tidak mudah kita kenali. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu