Penyebab Kaki Bengkak, Kenali Faktor-faktor dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kaki Bengkak, Kenali Faktor-faktor dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi Penyebab kaki bengkak. Foto: Ist/Net

Penyebab kaki bengkak bisa terjadi karena terdapat beberapa faktor tertentu. Biasanya ibu hamil akan lebih sering mengalami hal seperti ini.

Sehingga membuatnya merasa tidak nyaman. Namun ada juga sebagian orang karena penyakit tertentu. Kaki yang bengkak terjadi karena adanya penumpukan cairan.

Ketahui Penyebab Kaki Bengkak

Kaki bengkak akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu segala aktivitas. Kondisi seperti ini akan membuat ukuran kaki menjadi lebih besar akibat dari gangguan aliran dalam darah.

Biasanya kaki bengkak bisa muncul karena tubuh memiliki beberapa gangguan kesehatan tertentu. Masalah seperti ini biasanya dirasakan oleh orang dewasa dengan berbagai macam faktor.

Beberapa penyebabnya seperti kehamilan, cedera, maupun efek dari beragam obat, namun lebih mudah untuk diobati. Tetapi penyebab yang lain bisa jadi tanda dari kondisi kesehatan terganggu. Hal seperti ini harus memerlukan perhatian yang khusus.

Baca Juga : Penyakit Kaki Gajah, Gejala, Cara Mencegah Hingga Mengobatinya

Apabila pembengkakan disertai gejala seperti sesak napas, nyeri, demam, atau peradangan, sebaiknya segera memeriksa ke dokter. Sehingga akan mengetahui penyebab dari kaki yang bengkak tersebut.

Terjadi Infeksi

Penyebab kaki bengkak yang pertama adalah karena terjadinya infeksi pada kaki. Biasanya pengidap diabetes akan mengalami hal seperti ini.

Maka dari itu, sebaiknya periksalah secara rutin ke dokter saat kaki anda merasa sakit. Karena ketika jaringan dalam tubuh mengalami kerusakan, maka saraf akan menyebabkan rasa nyeri termasuk pada kaki.

Pengaruh Cuaca

Selanjutnya cuaca panas juga bisa menimbulkan kaki menjadi bengkak. Seseorang yang mengalami kaki bengkak karena faktor cuaca terjadi karena pembuluh darah yang ada pada kaki mengembang.

Dari sejumlah cairan juga mungkin akan masuk pada jaringan terdekat sehingga menyebabkan kaki bengkak. Apalagi seseorang yang memiliki gangguan pada peredaran darah. Hal ini akan rentan mengalami kaki bengkak karena cuaca panas.

Baca Juga : Penyebab Darah Kental, Bahaya dan Cara Mengatasinya

Untuk mengatasinya yaitu dengan merendam kaki menggunakan air dingin. Atau langsung ke dokter supaya mendapat penanganan.

Cedera

Kaki yang mengalami cedera akibat dari salah langkah atau yang lainnya, juga bisa menjadi penyebab kaki bengkak. Ketika salah langkah, ligamen pada kaki anda akan bergeser dan berakibat kaki menjadi bengkak. Anda dapat mengompres menggunakan es supaya bisa mengurangi pembengkakan.

Edema Perifer

Selanjutnya kaki bengkak terjadi karena edema perifer. Cairan pada darah akan keluar dari kapiler yang akhirnya memupuk dalam jaringan. Hal ini disebabkan karena terlalu lama berdiri atau kelebihan berat badan.

Pembekuan Darah

Selanjutnya penyebab kaki bengkak karena pembekuan pada darah. Pasalnya, pembekuan darah yang terbentuk pada pembuluh darah bagian kaki bisa menyebabkan bengkak.

Pembekuan tersebut akan menghambat aliran darah menuju jantung. Sehingga berakibat kaki menjadi bengkak. Bisa diatasi dengan beberapa cara. Dengan banyak minum air putih, rajin olahraga, menghindari duduk terlalu lama, dan menjaga pola makan.

Baca Juga : Jangan Pakai Balsem! Begini Cara Obati Cedera Saat Berolahraga

Limfedema

Kaki yang bengkak bisa jadi karena ada gejala dari limfedema. Kondisi seperti ini akan menyebabkan tubuh harus menahan cairan limfatik.

Sehingga menyebabkan anggota badan menjadi bengkak, termasuk pada kaki. Limfedema bisa sembuh dengan terapi maupun pengobatan.

Terlalu Banyak Duduk

Penyebab kaki bengkak berikutnya adalah karena terlalu lama duduk. Maka kaki akan terasa sakit dan pegal-pegal. Apabila anda jarang menggunakan kaki untuk bergerak, maka berakibat terjadinya pembengkakan.

Saat anda duduk terlalu lama dengan posisi kaki yang menggantung ke bawah, akan menimbulkan pembengkakan pada kaki. Maka dari itu, hindarilah duduk terlalu lama dengan posisi kaki menggantung.

Adanya Varises

Apabila anda memiliki varises, maka bisa menyebabkan kaki bengkak. Biasanya penyebab varises ini karena pada katup vena yang seharusnya mendorong ke jantung, tidak dapat bekerja maksimal.

Sehingga darah akan mengumpul pada kaki dan membuat pembuluh darah menjadi lebih menonjol. Untuk mengatasinya, anda bisa memakai stoking kompresi.

Bisa juga olahraga secara teratur supaya peredaran darah menjadi lancar. Dari beberapa penyebab tersebut, tak selamanya harus membutuhkan bantuan medis dan ada juga yang membutuhkan.

Anda juga bisa memperbaiki pola makan menjadi lebih baik. Terutama harus mengurangi garam dan rajin berolahraga. Pastikan juga untuk selalu mengangkat kaki selama 5 menit dalam sehari supaya cairan tidak menumpuk dibawah.

Penyebab kaki bengkak memang sangat beragam, semua tergantung dari faktor yang dialami. Sehingga penanganannya juga tidak sama. Maka dari itu, sebaiknya menghindari faktor-faktor di atas. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah