Penyebab Kantung Mata dan Cara Mengatasinya Secara Alami

penyebab kantung mata
Kenali penyebab kantung mata dan cara mengatasinya. Foto: Ist/Net

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab kantung mata hitam dan sembab. Mengenal hal yang menyebabkannya berguna untuk menghilangkannya. Untuk cara mengatasinya bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami yang cukup efektif.

Saat melihat penampilan ke cermin, perhatikanlah bagian bawah mata. Apakah pancaran mata kelihatan lesu atau gelap? Apakah ada kulit yang membentuk kantung pada bagian bawah mata Anda?

Jika ya, maka lebih baik Anda segera mencari cara untuk menghilangkan gangguan pada sekitar mata tersebut. Karena dengan adanya kantung mata, maka penampilan wajah Anda akan terlihat lebih tua, lelah, dan akan mengganggu penampilan.

Faktor Penyebab Kantung Mata

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi kantung mata, ada baiknya Anda mengetahui cara menjaga kesehatan mata. Anda juga perlu tahu kenapa terdapat kantung seperti itu pada bagian mata kita.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa kantung mata terjadi karena kurang tidur. Namun ada beberapa faktor lainnya yang juga menyebabkan kondisi ini. Berikut ulasan selengkapnya tentang penyebab kantung mata.

Baca Juga : Aplikasi Tes Mata Minus, Langkah Sederhana Deteksi Kesehatan Mata

Faktor Usia

Kelopak mata, seperti halnya bagian tubuh lainnya juga terdiri dari otot, kulit, dan lemak. Semakin bertambahnya usia, maka otot juga akan menjadi semakin melemah, lemak terkulai, dan kulit pun kehilangan elastisitasnya.

Kondisi ini akan mengakibatkan kulit menjadi melorot. Hal inilah yang membuat sebuah kantung pada bagian bawah mata.

Pengaruh Makanan

Penyebab kantung mata juga bisa berasal dari makanan yang kita konsumsi. Jika Anda sering mengonsumsi makanan yang mengandung garam terlalu banyak, maka akan memicu kantung mata semakin terbentuk.

Hal ini bisa terjadi karena air tidak banyak terserap. Karena itu perhatikan asupan makanan anda

Faktor Genetik

Baca Juga : Mengucek Mata Tidak Baik untuk Kesehatan, Ini Bahayanya

Bila orang tua atau saudara memiliki kantung mata, maka ada kemungkinan Anda juga akan memilikinya. Kondisi ini karena sudah merupakan suatu trait genetik dari tubuh, dan tidak bisa kita hindari.

Jadi bisa kita lihat bahwa faktor yang menjadi penyebab kantung mata tidak selalu karena kurangnya waktu tidur. Kurang istirahat hanya menyebabkan kantung mata terlihat lebih jelas, dan bukan merupakan suatu penyebab.

Cara Mengatasi Kantung Mata Secara Alami

Untuk mengatasi atau menghilangkan kantung mata ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Salah satunya yang efektif adalah menggunakan bahan-bahan alami. Hal ini telah lama digunakan pengobatan tradisional secara turun-temurun.

Penasaran bagaimana cara mengatasi kantung mata yang bisa Anda lakukan? Berikut ini beberapa bahan yang bisa Anda pilih untuk membuat ramuan tradisional.

Mentimun

Baca Juga : Apa Penyakit Mata Glaukoma Bisa Sembuh Total?

Buah sayuran ini sudah terkenal dan sering digunakan sebagai bahan untuk merawat wajah. Mentimun juga terbukti efektif dalam mengurangi kantung mata.

Untuk menggunakannya tinggal potong-potong mentimun dan simpan dalam lemari es agar tetap segar dan dingin. Setelah itu letakkan potongan mentimun itu pada kantung mata setiap pagi. Diamkan selama 15 menit lalu bilas.

Kentang

Jenis sayuran ini juga dapat membantu dalam mengurangi masalah penyebab kantung mata. Caranya dengan mengiris-iris kentang sesuai besar mata. Kemudian cuci mata sampai bersih, berbaring, lalu letakkan potongan kentang pada atas mata selama 10 menit.

Bengkoang

Dengan kandungan vitamin B1 dan C yang ada, bengkoang mempunyai banyak nutrisi yang sangat baik untuk kulit. Bengkoang yang sudah kita parut atau dihaluskan dapat kita gunakan sebagai masker atau untuk kompres mata.

Untuk mendapatkan hasil yang efektif sebaiknya lakukan terapi ini selama 10 sampai 15 menit. Lakukan setiap hari menjelang tidur untuk hasil paling baik.

Baca Juga : Penyakit Mata Glaukoma, Ini Jenis, Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

Putih Telur

Cara mengatasi kantung mata selanjutnya dengan mengambil manfaat putih telur. Caranya sederhana, ambil bagian putih dari telur, oleskan menggunakan kuas kecil di sekitar kantung mata. Biarkan sekitar 10 menit lalu bilas menggunakan air dingin.

Cara Lainnya

Faktor penyebab kantung mata sebenarnya juga bisa karena gaya hidup tidak sehat. Karena itu mengonsumsi air putih yang banyak juga akan sangat membantu dalam membuat kulit tampak lebih segar dan menyamarkan kantung mata.

Jika metabolisme bekerja optimal akan meningkatkan proses regenerasi sel-sel kulit muka. Mendapatkan istirahat yang cukup agar kantung mata tidak terlalu jelas juga  sangat penting.

Selain itu, makan-makanan yang bergizi dan mengandung banyak cairan akan membantu kulit menjadi lebih kencang dan sehat.

Cara lain yang bisa dilakukan jika kantung mata masih belum sepenuhnya hilang adalah dengan menyamarkannya menggunakan concealer. Dengan demikian, maka kantung mata tidak akan terlalu kelihatan dengan jelas.

Itulah penyebab kantung mata serta cara mengatasinya. Cara tradisional ini dapat Anda lakukan sendiri di rumah, baik sebelum tidur ataupun setiap pagi. Untuk mencegah kantung mata kembali terbentuk, gaya hidup sehat harus Anda jalankan. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah