Penyebab Lampu Motor Redup Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Penyebab Lampu Motor Redup
Ilustrasi Penyebab Lampu Motor Redup. Foto: Ist/Net

Penyebab lampu motor redup cukup beragam dengan solusi yang berbeda juga. Ada banyak komponen yang saling berhubungan pada sepeda motor.

Baik itu mesin atau justru hal yang menyangkut kenyamanan berkendara. Salah satu yang cukup berperan penting dalam segi kenyamanan yaitu lampu.

Komponen tersebut hadir sebagai fitur keselamatan dan membantu anda melihat kondisi jalan dengan jelas. Selain dapat membantu pencahayaan dalam malam hari juga bisa membantu saat musim hujan.

Baca Juga : Penyebab Lampu Motor Sering Putus dan Trik Mudah Perbaikannya

Tidak hanya itu saja, lampu menjadi komponen penting saat berkendara di jalan raya. Sehingga jika komponen tersebut mengalami kerusakan bahkan tidak anda nyalakan justru mendapat peringatan atau tilang.

Sebab, saat siang hari pun lampu motor harus tetap dinyalakan saat berkendara. Sehingga kondisinya harus dalam keadaan prima.

Cara Mengatasinya Penyebab Lampu Motor Redup

Sering ditemui lampu motor yang meredup. Masalah ini bisa terjadi karena beberapa faktor. Penyebabnya pun terkadang membingungkan.

Agar anda tidak panik, sebaiknya cari tahu faktor dan solusi untuk mengatasinya. Sehingga, anda akan lebih mudah menangani masalah lampu yang meredup.

Jika tidak anda atasi tentu mengganggu kenyamanan anda saat berada di perjalanan. Apalagi, ketika cuaca sedang hujan atau malam hari.

Peranan lampu motor cukup vital. Demi kelancaran dan keselamatan berkendara anda perlu menjaganya untuk bisa memancarkan cahaya yang terang.

Setiap kendaraan memiliki komponen lampu namun, fungsinya yang cukup penting. Dengan adanya komponen tersebut anda akan lebih dimudahkan berkendara pada kondisi jalan yang kurang terang.

Baca Juga : Lampu Variasi Motor, Menjadikan Berkendara Anda Lebih Keren

Namun, sayangnya lampu juga bisa mengalami masalah yaitu redup dengan penyebab yang beragam. Masalah ini sering terjadi dan mengganggu saat berkendara.

Apalagi jika kondisinya malam hari, jika lampu redup justru akan sangat mengganggu. Dengan kondisi ini membuat anda kurang nyaman berkendara.

Selain itu, akan lebih was-was saat berada di perjalanan. Agar anda tidak merasa kerepotan sebaiknya cari tahu penyebabnya.

Dengan demikian, anda juga bisa mendapatkan solusi yang tepat. Berikut ini ada beberapa penyebab lampu motor redup dan cara mengatasinya.

Soket Lampu Kendor

Penyebab pertama lampu sepeda motor redup bisa karena soket lampu kendor. Jika kondisi ini terjadi tentu akan mengurangi performa lampu itu sendiri.

Sehingga, secara otomatis tegangan arus yang mengalir ke bohlam tidak optimal. Sebaiknya untuk mengatasi masalah ini anda bawa ke tempat service untuk memperbaikinya.

Jenis Lampunya

Beragam faktor penyebab lampu motor redup salah satunya yaitu karena jenis bohlamnya. Ada banyak varian lampu untuk sepeda motor.

Baca Juga : Lampu Tembak Motor Terbaru dengan Kualitas Terbaik

Sehingga, anda perlu mendapatkan yang berkualitas dan terbaik. Namun, jika anda mengenakan lampu LED sudah jelas hal ini bukanlah penyebabnya.

Ketika masih mengenakan lampu bohlam pastikan sudah memenuhi standar pabrikan yang dipakai. Mulai dari 24 watt 12 volt. 35 watt 12 volt, atau 55 watt 12 volt.

Fitting Lampu

Penyebab yang bisa mengakibatkan lampu sepeda motor anda redup bisa terjadi karena fittingnya. Selain soket lampu, fitting juga bisa mempengaruhi masalah ini terjadi.

Bisa saja komponen tersebut sudah tidak layak pakai sehingga mengakibatkan performanya berkurang. Masalah ini bisa ditandai dengan adanya dudukan lampu yang terbakar.

Cara untuk mengatasinya yaitu dengan mengganti komponen yang baru. Sehingga, bisa kembali berfungsi secara optimal.

Mika Lampu

Ada banyak penyebab yang bisa terjadi dan mengakibatkan lampu motor redup. Setiap produk elektronik atau otomotif memiliki masa pakai.

Komponen yang satu ini bisa menjadi faktor penyebab pertama. Sebab, semakin lamanya masa pemakaian tentu akan membuat warna dari mika reflektor buram.

Cara untuk mengatasinya yaitu mengganti dengan komponen yang baru. Pastikan anda menggantinya dengan sparepart motor original.

Saklar Lampu

Saklar lampu pada sepeda motor juga memiliki peranan penting. Padahal, komponen ini masih sering terabaikan. Masalah yang bisa terjadi yaitu komponen kotor atau masa pemakaian yang terlalu lama.

Namun, untuk sepeda motor saat ini sudah dilengkapi teknologi AHO (Automatic Headlight On). Secara otomatis lampu menyala terus menerus tanpa adanya switch on/off.

Beragam faktor penyebab lampu motor redup bisa diatasi sesuai dengan gejalanya. maka, anda tidak perlu khawatir untuk mengatasinya sendiri. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto