Penyebab Penyakit Lupus dan Gejalanya yang Harus Diwaspadai

penyebab penyakit lupus
Kenali gejala dan penyebab penyakit lupus. Foto: Ist/Net

Penyebab penyakit lupus bisa berasal dari berbagai faktor. Namun kelainan yang terjadi pada sistem imunitas ini termasuk langka namun berbahaya. Mengenal gejala penyakit lupus penting untuk deteksi sejak awal.

Setiap manusia memiliki sistem kekebalan sebagai tentara yang melindungi tubuh dari berbagai serangan virus dan kuman. Namun faktanya ada orang yang tidak bisa berdaulat terhadap tentaranya tersebut.

Kondisi ini terjadi karena dalam tubuh tersimpan tentara dengan perilaku yang menyimpang dan tidak tahu lagi fungsi awalnya. Akibatnya, mereka justru balik arah dan menyerang sistem imunitas itu sendiri.

Penyakit lupus populer dalam istilah medis dengan sebutan Systemic Lupus Erythematosus (SLE). Penyakit autoimun ini terjadi akibat sistem imunitas yang terlalu banyak dan menyerang tubuh penderitanya.

Penyebab Penyakit Lupus Muncul

Penyakit ini sebenarnya tidak muncul begitu saja. Karena ada juga faktor yang dapat menjadi pemicu sampai penyakit lupus ini muncul. Lantas apa saja hal-hal yang membuat penyakit lupus muncul atau terjadi?

Berikut berbagai faktor yang bisa menjadi penyebab penyakit lupus yang sebaiknya Anda tahu dan waspadai.

Pengaruh Genetika

Faktor yang satu ini menjadi salah satu yang menyebabkan terjadinya penyakit ini. Ada penelitian yang menemukan jika seorang anak kembar identik menderita penyakit SLE, maka saudaranya memiliki risiko 25 persen terserang penyakit yang sama.

Baca juga: Makanan Pantangan Autoimun dan Penyakit Lupus yang Harus Dihindari

Bukti lainnya tentang pengaruh genetika pada penyakit lupus adalah karena tingkat perkembangan SLE dengan variasi yang signifikan dalam setiap grup etnis.

Pengaruh Lingkungan

Risiko orang–orang yang rentan terserang penyakit lupus juga bisa meningkat karena faktor lingkungan sebagai pemicunya. Paparan cahaya matahari yang terlalu lama, kurang menjaga kesehatan, atau melakukan gaya hidup tidak sehat dapat menjadi pemicunya.

Pemakaian Obat Antibiotik Tertentu

Faktor penyebab penyakit lupus juga bisa karena pemakaian obat antibiotik tertentu. Saat ini ada banyak jenis antibiotik yang beredar dan juga dapat kita konsumsi untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Akan tetapi mengonsumsi obat antibiotik tanpa menggunakan resep dokter juga kurang baik. Karena konsumsi obat antibiotik tertentu dan berlebihan juga dapat menjadi salah satu pemicu timbulnya penyakit lupus.

Beberapa jenis obat antibiotik yang berbahaya antara yang dapat mengatur tekanan darah tinggi. Karena itu sebaiknya konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi jenis obat ini.

Faktor Infeksi Tubuh

Infeksi pada tubuh jika tidak segera kita obati dengan baik juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab penyakit lupus. Baik jenis infeksi yang terjadi pada bagian luar atau bagian dalam tubuh.

Bahkan beberapa jenis infeksi karena luka juga dapat turut menjadi pemicu penyakit ini. Karena itu segera periksakan ke dokter saat terjadi infeksi.

Tanda dan Gejala Penyakit Lupus

Lupus merupakan jenis penyakit yang sangat langka. Meskipun jarang orang yang terkena penyakit ini namun dampaknya sangat mematikan. Apalagi sampai saat ini belum ada obat yang dapat mengatasi penyakit lupus.

Pengobatan secara medis selama ini terutama untuk membantu menghambat atau menghentikan penyebarannya. Sehingga penanganan ini lebih untuk mengurangi risiko penyakit menjadi semakin parah.

Baca juga: Lupus Eritematosus Sistemik, Penyakit Autoimun yang Mematikan

Kebanyakan penderita baru mengetahui serangan penyakit lupus ketika kondisinya mulai parah. Selain penyebab penyakit lupus, penting juga mengenal tanda dan gejala penyakit ini sejak dini, seperti berikut.

Rusaknya Organ Ginjal

Akibat penyakit lupus kerap kali menyebabkan kerusakan ginjal yang berat bagi penderitanya. Karena itu pada penderita penyakit ini sangat disarankan untuk melakukan pengobatan secara munosupresif.

Pada stadium awal penyakit autoimun ini biasanya muncul gejala adanya protein pada urine. Nantinya hal ini turut menjadi alasan bagi yang mengalaminya agar dapat secara berkala memeriksa urinenya.

Sesak Nafas

Sesak nafas memang dapat terjadi pada penderita penyakit lupus. Hal ini karena adanya infeksi yang menyerang organ paru-paru penderita. Selain itu juga karena adanya cairan pada selaput paru-parunya.

Gangguan Pada Area Mata

Gangguan yang terjadi pada area mata juga umum menjadi gejala penyakit lupus. Namun gangguan pada mata ini terutama pada retina. Hal ini umumnya terjadi karena konsumsi obat antibiotika sebagai penyebab penyakit lupus.

Anemia

Anemia atau kondisi kurang darah merah juga merupakan suatu gejala yang banyak terjadi pada penderita lupus. Hal ini karena jumlah trombosit dan ekosit lebih rendah dari sebelumnya.

Karena itu penderita penyakit lupus umumnya akan mudah merasa lelah dalam beraktivitas. Istirahat yang cukup dan mengonsumsi suplemen merupakan cara mengatasi anemia yang dapat bisa dilakukan.

Itulah berbagai penyebab penyakit lupus yang harus kita kenali dan waspadai. Penting juga mengenal tanda dan gejalanya sejak awal untuk mencegah risiko akibat dampak penyakit ini yang sangat berbahaya. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara